Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap

Sekolahmuonline - Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap. Satu lagi keindahan alam Indonesia yang patut Anda kunjungi dan nikmati, yaitu pantai Teluk Penyu yang merupakan salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah selain Benteng Pendem. Sangat cocok sebagai pelepas penat dan penghilang stres. 
Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan.


Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai.

Area Teluk Penyu yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung (utamanya penduduk dan wisatawan lokal) biasanya mulai dari pelabuhan perikanan Samudera dari hingga bibir pantai yang biasa disebut Areal 70 (merujuk kepada sebutan masyarakat sekitar terhadap kawasan tangki-tangki penimbunan bahan bakar dari PT Pertamina UP IV) dimana para wisatawan atau pengunjung bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan dari bibir pantai.

Terdapat beraneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya yang dijual di sepanjang koridor jalan masuk lokasi wisata ini. Kawasan wisata ini ramai dikunjungi pada waktu pagi dan sore hari oleh para penduduk Kota Cilacap sedangkan pada siang hari lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal, utamanya pada masa-masa libur sekolah atau pada hari-hari besar/libur.


Di Pantai Teluk Penyu pengunjung bisa memancing di tepian. Sambil memancing di hampar tiupan angin yang menyegarkan tubuh kita. Kurang puas rasanya kalau kita ke Pantai Teluk Penyu tidak mampir ke Pantai Pasir Putih yang ada di sebrang Pantai Teluk Penyu tepatnya di Pulau Nusakambangan. Untuk masuk ke Pantai Pasir Putih kita menyebrang menggunakan kapal sewaan. Harga sewa kapal pun murah, pintar-pintarnya kita tawar menawar. Biasanya harga awal Rp 15.ooo,oo/orang. Sepanjang perjalanan kapal menuju Pantai Pasir Putih kita di sajikan alunan ombak dan orang mancing di tengah pantai. 

Sampai di Pulau Nusakambangan kita membeli tiket lagi untuk menuju Pantai Pasir Putih. Menuju Pantai tersebut kita melewati hutan-hutan yang sejuk. Tidak jauh untuk mencapai tujuan, sekitar 15 menit kita akan sampai di Pantai Pasir Putih. Hamparan pasir berwarna putih dan banyaknya pohon sekitar pantai membuat mata dan otak kita fresh kembali. Kita di sana dapat berenang maupun bermain  pasir dengan gembira.

Sudah cape menikmati indahnya pantai di Cilacap, perut keroncongan? Di sekitar Pantai Teluk Penyu terdapat warung-warung makan masakan sea food yang berjejer diarea pantai. Ada juga toko-toko hiasan aksesoris, cendramata, suvenir.  Ada juga kios-kios khusus menjual ikan laut, baik ikan asin kering ataupun ikan segar yang siap di masak. Ada juga toko pakaian dan layang-layang yang dijual di sepanjang pinggir jalan menuju ke pantai teluk penyu. dari beberapa alternatif Libur Nasional besok ,Pantai Teluk Penyu salah satunya. Silahkan untuk datang dan nikmati Indahnya Pantai tersebut. dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabdikan momen tersebut.

[Sumber: cilacapbersuara.blogspot.com]

Posting Komentar untuk "Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap"

Memuat...
close