Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kerajinan dan Wirausaha Tekstil: Pengemasan dan Perawatan Produk Kerajinan Tekstil

Sekolahmuonline - Kerajinan dan Wirausaha Tekstil: Pengemasan dan Perawatan Produk  Kerajinan TekstilPembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting untuk anda materi Prakarya dan Kewirausahaan kelas X Bab 1 tentang Kerajinan dan Wirausaha Tekstil: Pengemasan dan Perawatan Produk  Kerajinan Tekstil. Selamat membaca, selamat belajar, semoga bermanfaat.

Pengemasan  dan perawatan memiliki kesamaan tujuan, yaitu untuk membuat produk menjadi awet dan tahan lama. Pengemasan melindungi produk agar tidak mengalami penurunan kualitas pada saat sampai kepada pembeli. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga memiliki fungsi untuk kemudahan membawa serta pengiriman, memberikan informasi, dan untuk menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Pengemasan produk kerajinan selain menjaga kebersihan dan kualitas produk tetap baik, juga akan memudahkan dalam proses pengiriman produk. Pengemasan dapat bersifat satuan maupun bersifat kesatuan untuk satu set atau satu paket atau satu lusin maupun satu kodi. Teknik pengemasan yang baik akan menjaga kualitas produk dalam pengiriman ke tempat tujuan.

Aneka bentuk karya kerajinan tekstil atau kain tradisional Indonesia, beberapa di antaranya membutuhkan perawatan khusus. Pada umumnya, kain tradisional Indonesia sebelum disimpan dalam lemari, tiap lembar kainnya dibungkus dengan menggunakan kertas roti dan diberi kamper agar kain tradisional terlindung dari gigitan rayap dan tidak mudah lapuk. Secara berkala kain-kain tersebut harus dikeluarkan dari pembungkusnya supaya tidak lembab dengan cara menjemurnya di tempat yang tidak mendapat terik matahari secara langsung. Pencucian bagi kain-kain tenun cukup direndam dalam air suam-suam kuku dan dijemur di tempat teduh. Kain batik dicuci dengan menggunakan buah lerak agar warna kain batik tetap terjaga. Kain dibilas dengan air bersih dan dijemur di tempat teduh. Benda-benda lain yang menggunakan kain tradisional namun sudah dibentuk dan berfungsi selain kain dapat dicuci biasa baik dengan menggosok menggunakan tangan maupun dengan menggunakan mesin cuci. Keterangan cara perawatan produk kerajinan tekstil sebaiknya juga dicantumkan pada kemasan agar pembeli mendapat infomasi yang tepat untuk merawat produk tersebut.

Posting Komentar untuk "Kerajinan dan Wirausaha Tekstil: Pengemasan dan Perawatan Produk Kerajinan Tekstil"

Memuat...
close