Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sekolahmuonline - Bab 1 Dasar-dasar Pengoperasian Komputer: Prosedur mengaktifkan dan mematikan komputer

Sekolahmuonline - Bab 1 Dasar-dasar Pengoperasian Komputer: Prosedur mengaktifkan dan mematikan komputer. Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer tidak hanya berperan dalam bidang pengetikan atau penghitungan, namun telah merambah ke berbagai bidang lainnya, termasuk bidang komunikasi. Bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis, militer, seni, hiburan, jaringan telekomunikasi dan lain-lain telah memanfaatkan kemampuan komputer untuk membantu memecahkan masalah. Dalam bidang pendidikan, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran, alat analisis, dan hal-hal yang terkait dengan kegiatan akademik. Pemanfaatan komputer dalam bidang ekonomi dan bisnis dapat kita lihat melalui berbagai sektor usaha yang sekarang hampir seluruhnya terkomputerisasi. 



Pengenalan komputer bertujuan agar user atau pengguna komputer dapat menggunakan atau mengoperasikan komputer sesuai dengan prosedur. Prosedur itu dimulai dari merangkai, mengaktifkan, hingga mematikan komputer. Dengan demikian, pengguna komputer dapat bekerja secara efektif dan sistem komputer yang digunakan pun terawat secara optimal. Dalam bab ini, Anda akan mengenal perangkat-perangkat penting komputer, cara mengaktifkan dan mematikan komputer, serta cara menjalankan dan mengakhiri beberapa program aplikasi.

Prosedur mengaktifkan dan mematikan komputer

Setelah Anda berhasil menghubungkan semua peralatan komputer, proses selanjutnya adalah mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar. Langkah-langkah untuk mengaktifkan komputer adalah:
● pastikan arus listrik sudah mengalir ke komputer 
● tekan tombol power pada bagian depan CPU dan tunggulah beberapa saat 
● nyalakan monitor dengan menekan tombol power monitor 
● tunggu beberapa saat sampai komputer siap digunakan. 

Proses menyalakan komputer dari keadaan mati sampai dengan aktif disebut cold booting. Selain cold booting, ada pula warm booting. Warm booting terjadi jika komputer sudah aktif atau sistem operasi sudah berjalan dan kita menekan tombol reset. Proses booting selesai jika tampilan desktop muncul dan komputer siap digunakan.

Setelah Anda selesai bekerja dengan komputer, Anda pun harus mematikan komputer dengan prosedur yang benar. Anda tidak diperbolehkan mematikan secara paksa, misalnya dengan menekan tombol power, mematikan dari powersupply, atau mencabut kabel dari sumber arus listrik secara langsung sebelum proses shutdown Anda lakukan. Prosedur mematikan komputer yang benar adalah dengan cara logout (keluar dari sistem), kemudian melakukan proses shutdown. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
● simpan seluruh file yang Anda kerjakan dengan menu Save 
● tutup semua program aplikasi yang terbuka 
● pilih menu System 
● pilih menu Quit 
● pilih Shutdown.

Sebelum Anda benar-benar mematikan komputer, sistem operasi Linux akan menawarkan beberapa pilihan, yaitu: 
● Logout, artinya Anda hanya keluar dari login Anda, sementara komputer masih aktif 
● Switch User, artinya Anda keluar dari login karena komputer akan digunakan oleh user lain 
● Lock Screen, artinya layar desktop Anda akan terkunci dan untuk melihatnya lagi Anda harus memasukkan password 
● Sleep, artinya beberapa komponen komputer akan dimatikan tetapi konfigurasi sistem masih tersimpan di memory 
● Hibernate, artinya beberapa komponen komputer akan dimatikan tetapi sistem masih tersimpan di harddisk dan dengan mudah dijalankan kembali tanpa proses booting. 
● Restart, artinya komputer dinyalakan ulang dengan cara melakukan shutdown kemudian secara otomatis melakukan startup sendiri. 
● Shutdown, artinya mematikan komputer secara penuh.

Posting Komentar untuk "Sekolahmuonline - Bab 1 Dasar-dasar Pengoperasian Komputer: Prosedur mengaktifkan dan mematikan komputer"

Memuat...
close