Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawabannya BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila (PPKn Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK) - Part 2

Sekolahmuonline - Contoh Soal dan Jawabannya BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila (PPKn Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK) - Part 2. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda bagian kedua atau Part 2 dari contoh soal beserta jawaban atau pembahasannya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Bab 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan sikap yang dapat ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa!

Jawaban/Pembahasan:
Sikap yang ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sebagai berikut:
a. Hormat-menghormati dan bekerja sama antarumat beragama sehingga terbina kerukunan hidup 
b. Saling menghormati kebebasan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya 
c. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain

2.  Sebutkan sikap yang dapat ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila kedua Kemanusian yang Adil dan Beradab

Jawaban/Pembahasan:
Sikap yang ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila kedua Kemanusian yang Adil dan Beradab adalah sebagai berikut: 
a. Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban antara sesama manusia 
b. Saling mencintai sesama manusia 
c. Tenggang rasa kepada orang lain 
d. Tidak semena-mena kepada orang lain 
e. Menjunjung tinggi nilai-nilai ke manusian 
f. Berani membela kebenaran dan keadilan 
g. Hormat-menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain 

3. Sebutkan sikap yang dapat ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila ketiga Persatuan Indonesia!

Jawaban/Pembahasan:
Sikap yang ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila ketiga Persatuan Indonesia adalah sebagai berikut:
a. Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan 
b. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara 
c. Cinta tanah air dan bangsa 
d. Bangga sebagai bangsa Indonesia dan ber-Tanah Air Indonesia 
e. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang berBhinneka Tunggal Ika

4.  Sebutkan sikap yang dapat ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan!

Jawaban/Pembahasan:
Sikap yang ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan adalah sebagai berikut:
a. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat 
b. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain 
c. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama 
d. Menerima dan melaksanakan setiap keputusan musyawarah 
e. Mempertanggungjawabkan setiap kepu tus an musyawarah secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa

5.  Sebutkan sikap yang dapat ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia!

Jawaban/Pembahasan:
Sikap yang ditunjukkan berkaitan dengan penegakan Hak Asasi Manusia pada sila kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah sebagai berikut:
a. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban 
b. Menghormati hak-hak orang lain 
c. Suka memberi pertolongan kepada orang lain 
d. Menjauhi sikap pemerasan kepada orang lain 
e. Menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah 
f. Rela bekerja keras 
g. Menghargai hasil karya orang lain

Baca Juga:

Contoh Soal dan Jawabannya BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila (PPKn Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK) - Part 1


Contoh Soal dan Jawabannya BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila (PPKn Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK) - Part 2


Contoh Soal dan Jawabannya BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila (PPKn Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK) - Part 3


Contoh Soal dan Jawabannya BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila (PPKn Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK) - Part 4

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawabannya BAB 1 : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila (PPKn Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK) - Part 2"

close