Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Bab 2. Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan (IPA Kelas 9 SMP/MTs)

Sekolahmuonline - Rangkuman Bab 2. Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan (IPA Kelas 9 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk para pembaca semuanya, khususnya yang masih duduk di kelas 9 (IX) SMP atau MTs, rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Bab 2 yang membahas tentang Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan.

Baca juga:
Rangkuman IPA Kelas 9 SMP/MTs Bab 2. Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan

- Tumbuhan dan hewan dapat melakukan reproduksi secara s3ksual dan as3ksual

- Reproduksi as3ksual adalah reproduksi tumbuhan atau hewan tanpa melewati proses fertilisasi. Reproduksi as3ksual menggunakan organ tubuh ataupun bagian tubuh hewan ataupun tumbuhan

- Reproduksi s3ksual adalah reproduksi yang melalui proses fertilisasi, yaitu proses peleburan inti sel kel4min jantan (sel sp3rma) dan inti sel kel4min betina (sel telur). 

- Reproduksi as3ksual alami tumbuhan Angiosp3rmae dengan menggunakan rhizoma, stolon, umbi lapis, umbi batang, kuncup adventif daun, dan anakan. Reproduksi as3ksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel dan setek. Reproduksi s3ksual merupakan cara reproduksi yang melibatkan sel kel4min dan fertilisasi. Reproduksi s3ksual pada tumbuhan melibatkan sel kel4min berupa sel sp3rma yang dihasilkan oleh serbuk sari dan sel telur yang dihasilkan oleh putik. 

-Reproduksi pada tumbuhan Gymnosp3rmae secara s3ksual melalui penyerbukan dan pembuahan yang terjadi pada strobilus. Reproduksi as3ksual terjadi melalui tunas akar pada tumbuhan pinus dan bulbil pada tanaman pakis haji 

- Tumbuhan paku (Pteridhophyta) mengalami tahap gametofit dan sporofit. Reproduksi seksu4l terjadi pada tahap gametofit yaitu dengan dihasilkannya sel kel4min. Sel kel4min jantan dan betina yang dihasilkan akan mengalami fertilisasi. Tahapan selanjutnya ialah tahap sporofit, yaitu dimulai ketika zigot hasil fertilisasi akan tumbuh menjadi tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora. 

- Tumbuhan Lumut (Bryophyta) mengalami reproduksi s3ksual dan as3ksual pada satu kali siklus hidupnya. Reproduksi s3ksual dengan menghasilkan gamet jantan dan gamet betina, yaitu pada tahap gametofit. Pada tahap sporofit tumbuhan lumut menghasilkan spora. Reproduksi lumut secara as3ksual dapat melalui gemmae atau kuncup.

- Teknologi reproduksi pada tumbuhan meliputi vertikultur, hidroponik, dan kultur jaringan tumbuhan. 

- Hewan dapat melakukan reproduksi as3ksual melalui tunas, fragmentasi,  dan partenogenesis. 

- Berdasarkan cara perkembangan dan kelahiran embrionya hewan yang bereproduksi secara s3ksual dibagi menjadi hewan vivipar, ovipar dan ovovivipar.

- Beberapa hewan dapat mengalami tahap reproduksi s3ksual dan tahap reproduksi as3ksual dalam satu kali siklus hidup, misalnya pada ubur-ubur. 

- Beberapa hewan dapat mengalami metamorfosis atau perubahan struktur tubuh tiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Metamorfosis dapat digolongkan menjadi metamorfosis sempuna dan metamorfosis tidak sempurna. 

- Teknologi reproduksi pada hewan ialah melalui inseminasi buatan.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Bab 2. Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan (IPA Kelas 9 SMP/MTs)"

Memuat...
close