Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel (Kelas 12 SMA/MA)

Sekolahmuonline - Soal Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel (Kelas 12 SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting untuk Anda contoh soal mata pelajaran Biologi dan jawaban atau pembahasannya untuk kelas 12 (XII) SMA dan MA Bab Metabolisme Sel. Silahkan dibaca-baca, dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel

A. Soal Pilihan Ganda Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel


Pilihlah salah satu jawaban yang benar di setiap soal-soal berikut dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e !

1. Perhatikan gambar di bawah ini!

Pernyataan yang benar mengenai sifat enzim berdasarkan gambar di atas yaitu...
a. terdiri atas protein
b. menghambat reaksi kimia
c. bekerja satu arah
d. mempercepat reaksi kimia
e. kerja enzim spesifik

Jawaban: e

2. Inhibitor kompetitif dari suatu senyawa fermentasi memiliki . . . .
a. struktur yang sama dengan molekul senyawa produk fermentasi
b. struktur yang sama dengan molekul senyawa substratnya
c. struktur yang sama dengan gen yang mengkode senyawa fermentasi
d. kemampuan untuk berhubungan dengan molekul senyawa fermentasi dan substratnya
e. kemampuan menghambat enzim

Jawaban: b

3. Penambahan garam alkali sebanyak 2–5% dalam suatu reaksi yang melibatkan enzim akan mengakibatkan ...
a. enzim mengalami fase istirahat
b. aktivitas enzim meningkat
c. aktivitas enzim menurun
d. tidak mempengaruhi kerja enzim
e. molekul produk bertambah dua kali lipat

Jawaban: b

4.  Perhatikan gambar berikut ini!

Kondisi yang menunjukkan bahwa semua substrat sudah terikat enzim terdapat pada posisi ...
a. A
b. B
c. C
d. D
e. E

Jawaban: e

5. Respirasi sel berlangsung melalui glikolisis. Glikolisis adalah . . . .
a. fermentasi asam piruvat menjadi etanol dan CO2
b. oksidasi asam piruvat menjadi CO2 dan HO2
c. produksi asam piruvat dari glukosa
d. pengubahan glikolisis menjadi glukosa
e. perombakan asam amino menjadi asam laktat

Jawaban: c

6.  Perhatikan reaksi proses kemosintesis berikut ini!

2S + 3O2 + 2H2O → 2H2SO4 + energi

Reaksi ini berlangsung karena kemampuan bakteri mengadakan kemosintesis. Bakteri tersebut dinamakan . . . .
a. Nitrobacter
b. Nitrococcus
c. Lactobacillus
d. Thiobacillus
e. Acetobacter


Jawaban: a


B. Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!


1. Jelaskan pengertian metabolisme!

Jawaban/Pembahasan:
Metabolisme adalah reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam sel. Reaksi kimia ini akan mengubah suatu zat menjadi zat lain. 

Metabolisme merupakan rangkaian reaksi kimia yang diawali dengan substrat yang diakhiri dengan produk. Reaksi dalam sel tidak terjadi bolak-balik, melainkan berjalan ke satu arah.  Tiap produk akan menjadi reaktan bagi reaksi selanjutnya. Reaksi ini berurutan sampai produk akhir, membentuk suatu jalur metabolisme. 

2. Metabolisme sel dapat dibagi menjadi dua, yaitu katabolisme dan anabolisme. Jelaskan pengertian masing-masing!

Jawaban/Pembahasan:
Metabolisme sel dapat dibagi menjadi dua, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah proses penguraian senyawa untuk menghasilkan energi. Sedangkan, anabolisme adalah proses sintesis senyawa atau komponen dalam sel hidup. 
Umumnya, dalam proses metabolik melibatkan aktivitas katalis biologik yang disebut enzim dengan melibatkan ATP. 

3. Apakah yang dimaksud dengan enzim? 

Jawaban/Pembahasan:
Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam sistem biologi (makhluk hidup). 
Oleh karena merupakan katalisator dalam sistem biologi, enzim sering disebut biokatalisator. 

4. Jelaskan pengertian Katalisator dan dan pengertian Enzim bertindak sebagai katalis !

Jawaban/Pembahasan:
Katalisator adalah suatu zat yang mempercepat reaksi kimia, tetapi tidak mengubah kesetimbangan reaksi atau tidak mempengaruhi hasil akhir reaksi. 
Zat itu sendiri (enzim) tidak ikut dalam reaksi sehingga bentuknya tetap atau tidak berubah. 

Enzim bertindak sebagai katalis, artinya enzim dapat meningkatkan laju reaksi kimia tanpa ikut bereaksi atau dipengaruhi oleh reaksi kimia tersebut. Enzim ini memiliki sifat yang khas, artinya hanya mempengaruhi zat tertentu yang disebut substrat. 

5. Jelaskan pengertian Substrat!

Jawaban/Pembahasan:
Substrat adalah molekul yang bereaksi dalam suatu reaksi kimia dan molekul yang dihasilkan disebut produk. Misalnya, enzim protease, substratnya adalah protein dan bentuk reaksinya mengubah protein menjadi asam amino.  Jadi, asam amino disebut produk.

6. Kofaktor merupakan komponen nonprotein enzim, sebutkan 3 kelompok yang termasuk di dalamnya. 

Jawaban/Pembahasan:
Penyusun utama suatu enzim adalah molekul protein yang disebut Apoenzim. Agar berfungsi sebagaimana mestinya, enzim memerlukan komponen lain yang disebut kofaktor. Kofaktor adalah komponen nonprotein berupa ion atau molekul.
Berdasarkan ikatannya, kofaktor dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu gugus prostetik, ko-enzim, dan ion-ion anorganik. 
a) Gugus prostetik merupakan tipe kofaktor yang biasanya terikat kuat pada enzim, berperan memberi kekuatan tambahan terhadap kerja enzim. Contohnya adalah heme, yaitu molekul berbentuk cincin pipih yang mengandung besi. Heme merupakan gugus prostetik sejumlah enzim, antara lain katalase, peroksidase, dan sitokrom oksidase. 

b) Ko-enzim merupakan kofaktor yang terdiri atas molekul organik nonprotein yang terikat renggang dengan enzim. Ko-enzim berfungsi untuk memindahkan gugus kimia, atom, atau elektron dari satu enzim ke enzim yang lain. Contohnya, tiamin pirofosfat, NAD, NADP+, dan asam tetrahidrofolat. 

c) Ion-ion anorganik merupakan kofaktor yang terikat dengan enzim atau substrat kompleks sehingga fungsi enzim lebih efektif.  Contohnya, amilase dalam ludah akan bekerja lebih baik dengan adanya ion klorida dan kalsium.

7. Tuliskan dan jelaskan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.

Jawaban:
Secara ringkas sifat-sifat enzim dijelaskan sebagai berikut. 
a. Enzim merupakan biokatalisator. 
Enzim dalam jumlah sedikit saja dapat mempercepat reaksi beribu-ribu kali lipat, tetapi ia sendiri tidak ikut bereaksi. 
b. Enzim bekerja secara spesifik. 
Enzim tidak dapat bekerja pada semua substrat, tetapi hanya bekerja pada substrat tertentu saja. Misalnya, enzim katalase hanya mampu menghidrolisis H2O2 menjadi H2O dan O2. 
c. Enzim berupa koloid. 
Enzim merupakan suatu protein sehingga dalam larutan enzim membentuk suatu koloid. Hal ini menambah luas bidang permukaan enzim sehingga aktivitasnya lebih besar. 
d. Enzim dapat bereaksi dengan substrat asam maupun basa. 
Sisi aktif enzim mempunyai gugus R residu asam amino spesifik yang merupakan pemberi atau penerima protein yang sesuai. 
e. Enzim bersifat termolabil. 
Aktivitas enzim dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, kerja enzim akan lambat. Semakin tinggi suhu, reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat, tetapi jika suhu terlalu tinggi, enzim akan mengalami denaturasi. 
f. Kerja enzim bersifat bolak-balik (reversibel). 
Enzim tidak dapat menentukan arah reaksi, tetapi hanya mempercepat laju reaksi mencapai kesetimbangan. Misalnya enzim lipase dapat mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Sebaliknya, lipase juga mampu menyatukan gliserol dan asam lemak menjadi lemak. 

8. Apa yang kamu ketahui tentang inhibitor kompetitif dan inhibitor nonkompetitif? Jelaskan!

Jawaban/Pembahasan:

Kerja enzim dapat terhalang oleh zat lain. Zat yang dapat menghambat kerja enzim disebut inhibitor. Zat penghambat atau inhibitor dapat menghambat kerja enzim untuk sementara atau secara tetap. Inhibitor enzim dibagi menjadi dua, yaitu inhibitor kompetitif dan inhibitor nonkompetitif. 
1) Inhibitor kompetitif Inhibitor kompetitif adalah molekul penghambat yang bersaing dengan substrat untuk mendapatkan  sisi aktif enzim. Contohnya, sianida bersaing dengan oksigen untuk mendapatkan hemoglobin dalam rantai respirasi terakhir. Penghambatan inhibitor kompetitif bersifat sementara dan dapat diatasi dengan cara menambah konsentrasi substrat. 

2) Inhibitor nonkompetitif Inhibitor nonkompetitif adalah molekul penghambat enzim yang bekerja dengan cara melekatkan diri pada luar sisi aktif enzim. Sehingga, bentuk enzim berubah dan sisi aktif enzim tidak dapat berfungsi. Hal ini menyebabkan substrat tidak dapat masuk ke sisi aktif enzim. Penghambatan inhibitor nonkompetitif bersifat tetap dan tidak dapat dipengaruhi oleh konsentrasi substrat.

9. Apa respirasi aerob itu?

Jawaban/Pembahasan:
Sebagian besar hewan dan tumbuhan melakukan respirasi aerob. Respirasi aerob adalah peristiwa pembakaran zat makanan menggunakan oksigen dari pernapasan untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP (Adenosin trifosfat). Selanjutnya, ATP digunakan untuk memenuhi proses hidup yang selalu memerlukan energi. Respirasi aerob disebut juga pernapasan, dan terjadi di paru-paru. Sedangkan, pada tingkat sel respirasi terjadi pada organel mitokondria. 

10. Jelaskan pengertian Respirasi anaerob!

Jawaban/Pembahasan:
Respirasi anaerob merupakan respirasi yang tidak menggunakan oksigen sebagai penerima akhir pada saat pembentukan ATP. Respirasi anaerob juga menggunakan glukosa sebagai substrat. Respirasi anaerob sering disebut juga fermentasi. Organisme yang melakukan fermentasi di antaranya adalah bakteri dan protista yang hidup di rawa, lumpur, makanan yang diawetkan, atau tempat-tempat lain yang tidak mengandung oksigen. Beberapa organisme dapat berespirasi menggunakan oksigen, tetapi dapat juga melakukan fermentasi. Organisme seperti ini melakukan fermentasi jika lingkungannya miskin oksigen. Sebagai contoh, sel-sel otot dapat melakukan respirasi anaerob jika kekurangan oksigen.

C. Soal Latihan Biologi Bab Metabolisme Sel


A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar di setiap soal-soal berikut dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e !

1. Enzim merupakan katalis. Katalis yang bekerja dalam tubuh makhluk hidup disebut juga .... 
a. fotosintesis 
b. endergonik 
c. metabolisme 
d. biokatalisator 
e. eksoterm

Jawaban:

2. Penyusun utama enzim dalam bentuk molekul protein, disebut .... 
a. kofaktor 
b. apoenzim 
c. haloenzim 
d. ko-enzim 
e. gugus prostetik

Jawaban:

3. Enzim mengkatalis reaksi dengan cara meningkatkan laju reaksi. Peningkatan laju reaksi dilakukan enzim melalui .... 
a. peningkatan energi aktivasi 
b. energi aktivasi meningkatkan kerja enzim 
c. penurunan energi aktivasi 
d. energi aktivasi tidak mempengaruhi kerja enzim
e. kerja enzim tidak ada hubungannya dengan energi aktivasi

Jawaban:

4. Di bawah ini yang bukan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator, yaitu .... 
a. enzim mengubah kecepatan reaksi 
b. enzim bekerja secara spesifik atau khusus 
c. enzim mengubah produk akhir yang dibentuk 
d. enzim bekerja secara bolak-balik 
e. enzim adalah protein

Jawaban:

5. Faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim, yaitu .... 
a. panas dan kelembapan 
b. suhu dan kelembapan 
c. suhu dan PH 
d. pH dan energi 
e. jumlah substrat dan kelembapan

Jawaban:

6. Reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana disebut .... 
a. katabolisme 
b. metabolisme 
c. anabolisme 
d. reaksi oksidasi
e. reaksi reduksi

Jawaban:

7. Gas dalam bentuk apakah yang dibebaskan sebagai sampah dalam proses respirasi? 
a. H2Od
b. H 2S 
c. O2 
d. C6H12O6 
e. CO2 

Jawaban:

8. Asam piruvat merupakan produk dari metabolisme .... 
a. Glikolisis 
b. Siklus krebs 
c. Fotosintesis 
d. Kemosintesis 
e. Transpor e–

9. Berapakah molekul ATP yang dihasilkan pada proses glikolisis? 
a. 1 molekul ATP 
b. 2 molekul ATP 
c. 3 molekul ATP 
d. 4 molekul ATP 
e. 5 molekul ATP

Jawaban:

10. Nama lain dari siklus krebs yang merupakan tahap kedua respirasi aerob, ialah .... 
a. glikolisis 
b. reaksi terang 
c. reaksi gelap 
d. siklus asam sitrat 
e. reaksi gelap

Jawaban:

11. Reaksi glikolisis terjadi di dalam .... 
a. mitokondria 
b. membran sel 
c. membran dalam mitokondria 
d. sitoplasma 
e. kloroplas

Jawaban:

12. Reaksi siklus krebs terjadi di .... 
a. mitokondria 
b. membran sel 
c. membran dalam mitokondria 
d. sitoplasma 
e. kloroplas

Jawaban:

13. Rantai transpor elektron terjadi di dalam .... 
a. mitokondria 
b. membran sel 
c. membran dalam mitokondria 
d. sitoplasma 
e. kloroplas

14. Urutan 3 tahap respirasi sel yang benar adalah .... 
a. glikolisis – siklus krebs – transpor e– 
b. glikolisis – transpor e– – siklus krebs 
c. transpor e– – siklus krebs – glikolisis 
d. transpor e– – glikolisis – siklus krebs 
e. siklus krebs – glikolisis – transpor e–

Jawaban:

15.Komponen utama yang dibutuhkan pada peristiwa fotosintesis ialah .... 
a. H2O, ATP, klorofil, cahaya matahari 
b. CO2, O2, klorofil, cahaya matahari 
c. H2O, O2, cahaya matahari, klorofil 
d. klorofil, CO2, H2O, cahaya matahari 
e. CO2, klorofil, cahaya matahari, H2O

Jawaban:

16. Perhatikan faktor-faktor eksternal (lingkungan) yang mempengaruhi pertumbuhan berikut. 
1) Suhu 
2) Cahaya 
3) Air dan mineral 
4) Ketersediaan oksigen 
Faktor lingkungan yang merupakan bahan utama berlangsungnya fotosintesis ditunjukkan pada nomor . . . . 
a. 1) dan 2) 
b. 3) dan 4) 
c. 2) dan 3) 
d. 4) saja 
e. 2) dan 4)

Jawaban:

17. Sebelum melakukan percobaan, sebaiknya membuat . . . . 
a. rancangan percobaan 
b. kesimpulan percobaan 
c. perkiraan hasil percobaan 
d. analisis data 
e. laporan percobaan

Jawaban:

18. Faktor-faktor yang diukur untuk mengetahui pertumbuhan adalah . . . . 
a. tinggi batang dan warna daun 
b. warna batang dan panjang daun 
c. panjang akar dan tinggi batang 
d. berat tumbuhan dan keadaan akar 
e. warna daun dan warna batang

Jawaban:

19. Metabolisme terbagi menjadi dua, yaitu Anabolisme dan Katabolisme. Katabolisme disebut juga . . . . 
a. asimilasi 
b. disimilasi 
c. sintesis 
d. biosintesis 
e. fotosintesis

Jawaban:

20. Jumlah ATP yang dihasilkan pada saat glikolisis jika tumbuhan dalam keadaan stres maupun sedang aktif tumbuh yaitu . . . . 
a. 2 
b. 3 
c. 4 
d. 5 
e. 6

Jawaban:

21. Reaksi pembentukan asetil Co-A sering disebut reaksi transisi karena . . . . 
a. menghubungkan glikolisis dengan daur krebs. 
b. berlangsung dalam matriks mitokondria 
c. berlangsung dalam mitosol 
d. asam asetil (2C) dikonversi menjadi asam pirurat 
e. terjadi penggabungan dengan Co-enzim A

Jawaban:

22. Pada oksidasi aerob, oksigen berperan sebagai . . . . 
a. katalisator 
b. donor elektron akhir 
c. penerima elektron akhir 
d. mengubah energi 
e. sumber energi

Jawaban:

23. Pada proses fermentasi alkohol, asetaldehid direduksi menjadi . . . . 
a. etil alkohol 
b. metil alkohol 
c. pirurat 
d. NADH 
e. ATP

24. Mikoorganisme yang memiliki enzim untuk mendekarboksilasi piruvat menjadi asetal dehid yaitu . . . . 
a. Rhyzopus 
b. Yeast 
c. Lactobacillus 
d. Nitrosomonas 
e. Nitrosobacter 

Jawaban: 

25. Pigmen yang berfungsi menyerap energi cahaya terdapat dalam . . . . 
a. membran luar kloroplas 
b. membran dalam kloroplas 
c. matriks fluida 
d. cairan yang disebut stroma 
e. kantung-kantung yang disebut tilakoid

Jawaban:

Posting Komentar untuk "Soal Biologi dan Jawabannya Bab Metabolisme Sel (Kelas 12 SMA/MA)"

Memuat...
close