Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PPKn dan Jawabannya Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 2

Sekolahmuonline - Contoh Soal PPKn dan Jawabannya Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 2. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda Contoh Soal dan Jawabannya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Bab 2 yang membahas tentang Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila. Untuk contoh soal Bagin Kedua (Part 2) ini lebih khususnya tentang bagian Dinamika Penerapan Demokrasi PancasilaSilahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Apa sebenarnya Demokrasi Pancasila itu?

Jawaban/Pembahasan:
Pada hakikatnya rumusan Demokrasi Pancasila tercantum dalam sila keempat Pancasila, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Rumusan tersebut pada dasarnya merupakan rangkaian totalitas yang terkait erat antara satu sila dan sila yang lainnya (bulat dan utuh). 

Jadi Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

2. Sebutkan 10 pilar demokrasi konstitusional Indonesia menurut Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang merupakan Prinsip Demokrasi Pancasila!

Jawaban/Pembahasan:
10 pilar demokrasi konstitusional Indonesia menurut Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu:
a. Demokrasi yang Berketuhanan Yang Maha Esa
b. Demokrasi dengan kecerdasan
c. Demokrasi yang berkedaulatan rakyat
d. Demokrasi dengan rule of law
e. Demokrasi dengan pemisahan kekuasaan negara
f. Demokrasi dengan hak asasi manusia
g. Demokrasi dengan pengadilan yang merdeka
h. Demokrasi dengan otonomi daerah
i. Demokrasi dengan kemakmuran
j. Demokrasi yang berkeadilan sosial

3. Jelaskan pengertian Demokrasi yang berkedaulatan rakyat!

Jawaban:
Demokrasi yang berkedaulatan rakyat maksudnya kKekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat.  Secara prinsip, rakyatlah yang memiliki/memegang kedaulatan itu. Dalam batas-batas tertentu kedaulatan rakyat itu dipercayakan kepada wakil-wakil rakyat di MPR (DPR/DPD) dan DPRD. 

4. Jelaskan maksud Demokrasi dengan rule of law!

Jawaban/Pembahasan:
Demokrasi dengan rule of law  mempunyai empat makna penting. 
- Pertama, kekuasaan negara Republik Indonesia harus mengandung, melindungi,  serta mengembangkan kebenaran hukum (legal truth) bukan demokrasi ugal-ugalan, demokrasi dagelan, atau demokrasi manipulatif. 
- Kedua, kekuasaan negara memberikan keadilan hukum (legal justice) bukan demokrasi yang terbatas pada keadilan formal dan pura-pura. 
- Ketiga, kekuasaan negara menjamin kepastian hukum (legal security) bukan demokrasi yang membiarkan kesemrawutan atau anarki. 
Keempat, kekuasaan negara mengembangkan manfaat atau kepentingan hukum (legal interset), seperti kedamaian dan pembangunan, bukan demkrasi yang ustru memppulerkan fitnah dan huatan atau menciptakan perpecahan, permusuhan, dan kerusakan. 

5. Inti dari demokrasi adalah kedaulatan rakyat. Apa maksudnya?

Jawaban/Pembahasan:
Inti dari demokrasi adalah kedaulatan rakyat, artinya rakyat mempunyai kekuasaan penuh untuk mengelola negara, sehingga kemajuan sebuah negara merupakan tanggung jawab seluruh rakyatnya

6. Sebutkan kewajiban setiap rakyat atau warga negara dalam negara demokratis!

Jawaban/Pembahasan:
Dalam negara demokratis, setiap rakyat atau warga negara berkewajiban untuk: 
1. menghargai dan menjunjung tinggi hukum; 
2. menjunjung tinggi ideologi dan konstitusi negara; 
3. mengutamakan kepentingan negara; 
4. ikut serta dalam berbagai bentuk kegiatan politik; 
5. mengisi kemerdekaan dan aktif dalam pembangunan.

7. Apa sebenarnya yang menjadi karakter utama Demokrasi Pancasila?

Jawaban/Pembahasan:
Karakter utama Demokrasi Pancasila adalah sila keempat, yaitu Kerakyatan niiineiteisnn estnein Dengan kata lain, Demokrasi Pancasila mengandung tiga karakter utama, yaitu kerakyatan, permusyawaratan, dan hikmat kebijaksanaan. 

8. Jelaskan tentang tiga karakter utama Demokrasi Pancasila!

Jawaban/Pembahasan:
Tiga karakter utama Demokrasi Pancasila yang sekaligus berkedudukan sebagai cita-cita luhur penerapan demokrasi di Indonesia jika dijabarakan adalah:
- Cita-cita kerakyatan merupakan bentuk penghormatan kepada rakyat Indonesia dengan memberi kesempatan kepada rakyat Indonesia untuk berperan atau terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah. 
- Cita-cita permusyawaratan memancarkan keinginan untuk mewujudkan negara persatuan yang dapat mengatasi paham perseorangan atau golongan.  
- Cita-cita hikmat kebijaksanaan merupakan keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan

9. Demokrasi Pancasila memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan demokrasi di negara lain. Apa nilai lebihnya?

Jawaban/Pembahasan:
Demokrasi Pancasila mengandung beberapa nilai moral yang bersumber dari Pancasila, yaitu sebagai berikut:
a. Persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia. 
b. Keseimbangan antara hak dan kewajiban. 
c. Pelaksanaan kebebasan yang dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan orang lain. 
d. Mewujudkan rasa keadilan sosial. 
e. Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat. 
f. Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan. 
g. Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional.

10. Demokrasi Pancasila mendasarkan diri pada paham kekeluargaan dan kegotongroyongan yang memiliki tujuan. Sebutkan tujuan tersebut!

Jawaban:
Demokrasi Pancasila mendasarkan diri pada paham kekeluargaan dan kegotongroyongan yang ditujukan untuk: 
a. kesejahteraan rakyat, 
b. mendukung unsur-unsur kesadaran ber-Ketuhanan Yang maha Esa, 
c. menolak atheisme, 
d. menegakkan kebenaran yang berdasarkan budi pekerti yang luhur, 
e. mengembangkan kepribadian Indonesia, 
f. menciptakan keseimbangan perikehidupan individu dan masyarakat, jasmani dan rohani, lahir dan batin, hubungan manusia dengan sesamanya dan hubungan manusia dengan Tuhannya.



Rangkuman PPKn:

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPKn dan Jawabannya Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 2"

close