Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Al-Quran !

Sekolahmuonline - Jelaskan Pengertian Al-Quran! Pembaca Sekolahmuonline, mungkin suatu ketika ada pertanyaan atau soal ketika ulangan harian/penilaian harian, Ulangan Tengah Semester (UTS)/Penilaian Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester (UAS) atau Penilaian Akhir Semester dengan soal di atas. Jelaskan pengertian al-Quran. Atau "Apa yang kamu ketahui tentang al-Quran!"? Bisa juga " Jelaskan pengertian al-Quran secara bahasa dan istilah"!. Dan dengan redaksi-redaksi lainnya.

Jawabannya adalah sebagai berikut:
Pengertian al-Quran bisa dilihat dari sisi bahasa (etimologi) dan secara istilah (terminologi).

Pengertian Al-Qur'an Menurut Bahasa dan Istilah

Ditinjau dari segi bahasa (etimologi), Al-Qur'an berasal dari bahasa arab, yaitu bentuk masdar (gerund) dari kata kerja qara'a - yaqra'u - qur'anan (قرأ - يقرأ - قرآنا) yang berarti bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang. 

Konsep pemakaian kata tersebut dapat dijumpai pada salah satu surah al Qur'an yaitu pada surat al-Qiyamah ayat 17 - 18.


Secara istilah (terminologi), al-Qur'an diartikan sebagai kalam Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam sebagai mukjizat, diriwayatkan dengan jalan mutawatir dengan perantara malaikat jibril dan mambaca al Qur'an dinilai ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Keterangan:
- Kalam Allah atau firman Allah yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul semuanya adalah wahyu Allah, tapi tidak disebut al-Quran.
- Mutawatir: diriwayatkan oleh banyak orang (periwayat) dari generasi ke generasi. Jadi mustahil untuk berdusta.
- Membaca al-Quran diniliai ibadah. Setiap huruf yang dibaca dinilai satu pahala hingga dilipatgandakan sampai sepuluh kebaikan. Coba, jika sehari saja bisa baca 5-10 ayat. Berapa huruf al-Quran yang sudah kita baca.

Baca juga: Jelaskan Pengertian Hadits!

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Al-Quran !"

Iklan

Close x