Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Benteng Pendem Cilacap Destinasi Wisata Samping Teluk Penyu

Sekolahmuonline - Benteng Pendem Cilacap Destinasi Wisata Samping Teluk Penyu. Berkunjung ke Pantai Teluk Penyu belum lengkap rasasnya jika tidak melihat dan masuk ke Benteng Pendem. Kenapa? Karena lokasinya yang teramat sangat dekat dengan Teluk Penyu. Wong Jowo bilang "Mung ngari njangkah wis tekan". Melangkah tidak usah pakai kendaraan sudah sampai. Tentu saja kalau ini diukur dari obyek utamanya Teluk Penyu yang dekat THR atau tempat retribusi karcis masuknya. Tapi bukan THR utama. THR yang dekat obyek Pertamina RU IV Cilacap.
Benteng Pendem Cilacap atau dalam bahasa Belanda disebut "KUSBATTERIJ OP DE LANTONG TE TJILATJAP" terletak 0,5 Km ke arah selatan dari obyek wisata pantai Teluk Penyu. Bangunan Benteng Pendem ini memiliki konfigurasi yang masih kokoh diantaranya barak/ ruang perajurit, klinik, terowongan, penjara, ruang amunisi, ruang tembak yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.

Dibangun oleh Tentara Kerajaan Belanda tahun 1861 sampai dengan 1879 untuk pertahanan Belanda menghadapi serangan musuh baik dari luar maupun dari dalam sampai dengan tahun 1942 . Tanggal 14 Agustus 1945 Belanda menyerah tanpa syarat pada tentara sekutu . Agresi II tahun 1950 Belanda datang kembali membonceng tentara sekutu. Pada tahun 1952 -1962 menjadi markas banteng loreng kesatuan Jawa Tengah dan pada tahun 1962-1965 menjadi tempat pendaratan laut pasukan RPKAD.
Pada tangal 26 November 1986 Benteng pendem dipugar dan tanggal 28 april 1987 sampai dengan sekarang di buka sebagai obyek wisata . Nama benteng yang luasnya sekitar  6,5 hektar ini oleh masyarakat disebut benteng pendem karena didasarkan pada kenyataan fisik bangunan benteng  hampir sebagian besar bangunan atas tertutup tanah atau terpendam. Benteng yang dibangun tentara Belanda ini dibagian atas dilengkapi dengan benteng pengintai musuh dan dikelilingi dengan benteng pertahanan juga dilengkapi dengan 13 pucuk meriam.
Benteng ini juga dikelilingi dengan parit selebar 18 meter kedalaman 3 meter berfungsi untuk menghambat lajunya musuh serta untuk keperluan patroli tentara belanda dengan kontruksi jembatan dilengkapi dengan 14 kamar barak tentara masing-masing ruangan terdiri dari satu pintu dan jendela, ruang rapat perwira, ruang bawah tanah/terowongan dengan 4 pintu, ruang penjara, ruang amunisi, ruang senjata , ruang akomodasi, ruang kesehatan, sumur, bangunan gudang, bangunan pengintai dan bangunan parit. Konon Benteng Pendem telah ditemukan lebih kurang 102 ruangan yang terdiri kurang lebih 60 ruangan yang berupa kamar istirahat, barak markas, ruang rapat. Obyek wisata ini dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti : Tempat istirahat, Gazebo, Ayunan, Kolam Pemancingan dan sarana out bond. Didalam Benteng terdapat juga rusa yang dibiarkan berkeliaran bebas didalam benteng. Rusa rusa ini setiap tahunnya bertambah banyak sehingga dapat menjadi atraksi bagi wisatawan saat memberi makan rusa rusa tersebut. (cilacapkab.go.id dan Cilacap bersuara.blogspot.com)

Posting Komentar untuk "Benteng Pendem Cilacap Destinasi Wisata Samping Teluk Penyu"

Memuat...