Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab IV Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X)

Sekolahmuonline - Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab IV Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal Bahasa Indonesia kelas X SMA/MA/SMK/MAK beserta jawabannya. Kali ini secara singkat kita bahas soal-soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab Bab IV Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat dan memudahkan dalam belajar. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Selamat belajar.



Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian hikayat!

Jawaban:
Hikayat adalah salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan menggunakan bahasa Melayu klasik. 

2. Sebutkan ciri-ciri atau karakteristik hikayat!

Jawaban:
Karakteristik hikayat antara lain adalah sebagai berikut ini:
- merupakan kisah kemustahilan,
- tokoh-tokohnya mempunyai kesaktian,
- istana sentris,
- anonim  (pengarang cerita tidak diketahui). 

3. Jelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat jiak dibandingkan dengan cerpen dan seperti apa jika dikaitkan dengan masa kini!

Jawaban:
Nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat sama dengan nilai-nilai dalam cerpen. Sebagian di antara nilai dalam hikayat ada yang masih sesuai dengan nilai kehidupan masa kini.

4. Jelaskan kekhasan hikayat jika dilihat dari segi bahasanya!

Jawaban:
Dari segi bahasa, hikayat mempunyai kekhasan yaitu menggunakan bahasa Melayu klasik yang ditandai dengan penggunaan banyak kata penghubung dan kata-kata arkais. 

5. Jelaskan persamaan antara hikayat dan cerpen!

Jawaban:
Persamaan hikayat dan cerpen antara lain dapat dilihat dari penggunaan gaya bahasa dan pengembangan alur.

Baca juga:
Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas X Lengkap Beserta Pembahasannya (Tinggal Klik Judul di bawah ini):


Jika bermanfaat, beritahukan/share ke yang lainnya. Jika ada link yang error, beritahu kami. Bisa lewat kolom komentar. Selamat membaca dan selamat mempelajari.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab IV Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X)"

Memuat...