Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengakses Antrian Online Disdukcapil Cilacap

Sekolahmuonline - Cara Mengakses Antrian Online Disdukcapil CilacapPembaca Sekolahmuonline, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cilacap mulai awal Januari 2020 ini sudah membuka pelayanan antrian online. Jadi, bagi seluruh warga masyarakat Cilacap yang hendak mengurus administrasi yang berkaitan dengan Disdukcapil Cilacap tidak perlu antri berdesakan, berangkat pagi-pagi pulang petang. Cukup dari rumah mengakses Antrian Online, jika berhasil dalam pendaftaran, akan diberitahu dapat nomor antrian berapa, tanggal berapa, dan jam berapa.

Sekolahmuonline sendiri mengalami dan merasakan perubahan layanan ini. Dari tahun kemarin mengurus secara manual, kemudian ketika berganti tahun 2020 ini ketika datang ke kantor Disdukcapil diarahkan oleh petugas pendaftaran agar mengakses Antrian Online. Maka, bagi warga masyarakat yang rumahnya jauh, jangan terburu-buru datang langsung ke kantor Disdukcapil Cilacap. Coba saja akses Antrian Online terlebih dahulu, jika berhasil baru melanjutkan urusan Anda sesuai jadwal yang didapat. Hal ini perlu dipahami baik-baik. Jangan sampai jauh-jauh datang ke Disdukcapil, sampai ke sana cuma disuruh akses Antrian Online, ketika tidak berhasil karena kuota pelayanan yang Anda inginkan sudah penuh, akhirnya pulang disuruh akses lagi Antrian Online pada hari berikutnya. Kan capek? Maka baca tulisan ini sampai selesai. Agar Anda tercerahkan.

Oke, sebelumnya kami sampaikan. Sekarang zaman digital. Hampir semua orang pegang HP. Handphone yang dipegang pun sudah naik tingkat menjadi Smartphone (telepon cerdas). Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, mau tidak mau kita harus bisa mengikuti dan menyesuaikan. Jika tidak, ya akan susah dan kerepotan sendiri. Mungkin kita kebanyakan orang tua yang tidak terlalu familiar dengan dunia gadget, akan merasa seperti repot dan ribet banget pelayanannya. Tapi kita harus sadar, generasi setelah kita sudah berbeda. Tentu dengan adanya pelayanan model online, akan menunjukkan bahwa mereka sudah siap untuk melayani generasi milenial yang serba gadget. Pelayanan semakin modern dan semakin mudah.

Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mengakses Antrian Online Disdukcapil Cilacap, berikut ini Sekolahmuonline buatkan tutorial atau cara mengakses Antrian Online Disdukcapil Cilacap. Sebelumnya, Anda siapkan saja terlebih dahulu Kartu Keluarga (KK) dan Nomor HP Anda yang aktif. Jika tidak hafal, ya catat terlebih dahulu.

Cara Mengakses Antrian Online Disdukcapil Cilacap

Berikut ini tata cara mengakses dan mengisi Antrian Online Disdukcapil Cilacap. Silahkan ikuti langkah-langkahnya:

Pertama, Siapkan Handphone (Android/Smartphone) atau laptop/komputer yang tekoneksi (terhubung dengan internet). Pastikan akses internet lancar. Buka HP/Laptop Anda, kemudian buka link Antrian Online Disdukcapil Cilacap. Bisa Anda klik link berikut ini: ANTRIAN ONLINE DISDUKCAPIL CILACAP
Jika belum paham, nanti saja buka link tersebut. Lanjutkan membaca tutorialnya dulu sampai selesai.
Kedua, jika sudah terbuka link tersebut, maka Anda akan diarahkan menuju tampilan seperti ini:

Nah, silahkan Anda isi Nomor NIK, Nomor KK, Nomor HP, dan Pilih Layanan yang anda kehendaki. 

Jenis layanan akan muncul ketika Anda pilih pencet PILIH LAYANAN. Silahkan pilih, apa yang anda inginkan. Misal Anda memilih PERUBAHAN DATA. Tinggal anda pencet LINGKARAN yang ada di samping jenis layanan PERUBAHAN DATA.

Hati-hati dalam mengisi datanya, NIK dan No berjumlah 16 digit. Jika benar mengisinya, maka dibelakang isian akan ada tanda centang yang menunjukkan isian sudah benar. Jika digitnya kurang, akan muncul tanda silang (X) yang menunjukkan bahwa pengisian salah.

Ketiga, jika sudah benar semua dan jenis layanan yang Anda butuhkan sudah sesuai, tinggal pilih/klik PROSES. 

Nanti Anda akan dapatkan nomor antrian (ini jika Anda berhasil) dalam mengakses Antrian Online-nya. Nomor antrian online akan muncul lengkap dengan tanggal dan jam pelayanannya. Seperti ini contohnya:

Nah, tinggal anda screenshot (capture) hasil nomor antrian online tersebut. Atau bisa juga anda print jika mengaksesnya lewat komputer/laptop. Saran kami lebih baik discreenshot atau dicapture saja. Lebih praktis. Nanti tinggal hasil capture/screenshot antrian online yang Anda dapatkan diperlihatkan kepada petugas Disdukcapil.

Jika Anda tidak atau belum berhasil mengaksesnya, harap bersabar. Ada mungkin yang sekali akses berhasil, ada yang berkali-kali mengakses hasilnya: 
"Maaf, jenis layanan yang anda proses telah mencapai kuota maksimal. Mohon dicoba besok. Terimakasih".


Dicoba saja terus. Jika pada jam segini tidak bisa, coba kasih jeda, kemudian daftar lagi sampai berhasil.

Demikian tulisan kami tentang cara mengakses dan mengisi Antrian Online Disdukcapil Cilacap. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dibagikan kepada keluarga, teman, saudara, dan sedulur-sedulur lainnya agar tak ketinggalan informasi. Semoga berhasil dan lancar pendaftarannya. Salam, "Ora ngapak, ora kepenak"

Posting Komentar untuk "Cara Mengakses Antrian Online Disdukcapil Cilacap"

close