Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Berkendara Saat Banjir Ala Honda Indonesia, Rugi Tidak Baca!

Sekolahmuonline - Tips Berkendara Saat Banjir Ala Honda Indonesia, Rugi Tidak Baca! Pembaca Sekolahmuonline, musim hujan dari tahun-tahun ke tahun sudah banyak membuat beberapa wilayah terendam air. Ada yang cuma beberapa senti meter, bahkan ada yang melebihi satu meter. Bukan banjir di sungai, tapi banjir di jalanan warga. Seolah-olah jadi PR yang tak kunjung usai. Mulai dari banjir Jakarta yang dari dulu sudah sering masuk berita, apalagi ditambah persaingan politik yang semakin tidak sehat. Hujatan-hujatan dan sumpah serapah hampir setiap hari memenuhi jagat media. Sampai lupa, daerah-daerah para penghujat tersebut terendam banjir juga. Lupa juga, banjir Jakarta tidak cuma terjadi sekarang saja. Ah, bicara politik memang sering akan berujung mulut kotor semua. Karena semuanya pasti berujung pada: rebutan kekuasaan! Bela rakyat kecil? Omong kosong! Kecuali memang mereka-mereka yang ikhlas. Sadar betul, kekuasaan adalah amanah Tuhan. Yang kelak akan berat dipertanggungjawabkan. Sudahlah lah, kita bicara kendaraan bermotor saja. Mobil atau sepeda motor. Bicara mobil atau sepeda motor malah bisa mempersatukan bangsa. Hehehe...

Pembaca Sekolahmuonline, meskipun tidak bicara politik, tapi kita disini membicarakan banjir yang hampir tiap hari dibahas oleh para politikus media. Banjirnya kita kaitkan dengan  mobil misalnya. Bila musim hujan tiba, saatnya mempersiapkan segala kemungkinan yang dapat terjadi terutama daerah-daerah atau wilayah yang rawan alias sering terjadi banjir. Maka dari itu perlu tindakan antisipasi yang tepat agar mobil kesayangan Anda aman.

Berikut adalah tips berkendara saat banjir yang diberikan oleh Honda Indonesia:
Pertamapastikan kendaraan masih dapat melewati genangan air banjir dengan aman.
Hindari genangan air banjir jika memungkinkan. Jika kondisi air sudah lebih dari setengah ban jangan dipaksakan untuk dilalui. Carilah rute alternatif yang lebih aman.

Kedua, konsentrasi saat melelui genangan air banjir.
Jika terpaksa melalui jalan yang tergenang banjir tetap jaga jarak aman kendaraan. Tetaplah melaju dengan kecepatan rendah dan konstan pada posisi gigi rendah (AT/MT). Hindari setengah kopling, tetapi gunakan rem untuk mengatur laju kendaraan.

Ketiga, tetap hati-hati dan waspada saat berkendara.
Perhatikan kondisi sekitar, waspada terhadap lubang atau selokan yang tidak terlihat. Jika genangan air banjir yang dilalui semakin dalam, jangan diteruskan karena sangat beresiko. Mobil anda dapat terhanyut  dan tentunya membahayakan keselamatan anda.

Keempat, jangan memaksa menghidupkan mesin.
Jika kendaraan anda mogok pada saat melalui banjir, jangan dipaksakan untuk dihidupkan kembali karena hal tersebut dapat menyebabkan water hammer/kerusakan pada mesin kendaraan.

Kelima, pastikan sistem dan fungsi kendaraan normal.
Setelah melalui genangan banjir jangan langsung mengakselerasi kendaraan karena rem yang masih basah. Pastikan sistem pengereman berfungsi baik. Lampu-lampu pada indikator pada dashboard, seperti indikator engine, SRS, baterai dan lainnya tidak ada yang menyala.

Keenam, segera bersihkan atau cuci dengan air bersih guna menghindari kemungkinan timbulnya karat. Jika ditemukan permasalahan, segera kunjungi dealer resmi Honda terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Nah itu beberapa tips penting dari Honda Indonesia yang perlu diperhatikan oleh para pemilik kendaraan khususnya mobil bila menghadapi kondisi banjir di jalanan yang akan dilewati. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Berkendara Saat Banjir Ala Honda Indonesia, Rugi Tidak Baca!"

Memuat...