Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membaca Huruf Shad (ص) yang di atasnya Terdapat Sin Kecil (س) dalam Mushaf Al-Quran menurut Qiraah Hafsh

Sekolahmuonline - Cara Membaca Huruf Shad (ص) yang di atasnya Terdapat Sin Kecil (س) dalam Mushaf Al-Quran menurut Qiraah Hafsh. Pembaca Sekolahmuonline, Al-Quran sebagai sumber hukum yang pertama dan utama dalam Islam sudah seharusnya senantiasa kita baca. Selain dengan maksud untuk ibadah kepada Allah lewat membacanya, membaca Al-Quran adalah gerbang pertama untuk masuk, mempelajari, dan mengamalkannya.

Diantara yang perlu kita ketahui dan pahami adalah cara membaca huruf-huruf atau lafal-lafal dalam Al-Quran secara benar. Jika anda sedang atau pernah membaca al-Quran kemudian mendapati ada lafal yang terdapat huruf shad ((ص)) dan diatasnya Anda jumpai huruf sin (س) kecil, kemudian anda ragu atau memang belum paham, maka lanjutkan membacanya. Anda akan memperoleh ilmu yang bermanfaat insyaaAllah Ta'ala.

Ketika membaca Al-Qur’an, pada beberapa surat akan kita temukan lafal-lafal yang pada penulisannya dijumpai huruf shad (ص) yang di atasnya terdapat huruf sin kecil (س). Tulisan seperti itu akan kita temukan pada empat tempat:

1. Yabsuthu (يبصط) pada QS. Al-Baqarah: 245.
Cara bacanya: Dibaca dengan huruf sin (س) saja, menjadi: Yabsuthu (يبسط)

2. Basthah (بصطة), pada QS. Al-A'raf: 69.
Cara bacanya: Dibaca dengan huruf sin (س) saja, menjadi: Basthoh (بسطة)

3. Al-Mushaithiruun (المصيطرون), pada QS. At-Thuur: 37.

Cara bacanya: Shod (ص) boleh dibaca shad (ص) dan juga boleh dibaca sin (س). Pengucapan (membaca) dengan shad (ص) lebih masyhur.

4. Bimushaithirin (بمصيطر), pada QS. Al-Ghasyiyah: 22.

Cara bacanya: dibaca dengan shad (ص) saja


Fastabiqulkhairaat. Wallahu a'lam bish shawaab.

By: Abu Farhan al-Gayami

Source:
Umurun Yajib Mura'atuha 'Indal Qiraati li Hafsh 'an 'Ashim
https://www.kataraquran.com/en/أمور-يجب-مراعاتها-عند-القراءةأمور-يجب/

Posting Komentar untuk "Cara Membaca Huruf Shad (ص) yang di atasnya Terdapat Sin Kecil (س) dalam Mushaf Al-Quran menurut Qiraah Hafsh"

Memuat...