Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Ekonomi Kelas X Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi ~ Part 1 (Ekonomi Kelas 10 SMA)

Contoh Soal Ekonomi Kelas X Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi ~ Part 1 (Ekonomi Kelas 10 SMA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal mata pelajaran Ekonomi Kelas X SMA beserta jawaban atau pembahasannya. Silahkan dibaca dan dipelajari. Jangan lupa berbagi, semoga bermanfaat.
Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian ekonomi dan ekonom!

Jawaban:
Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata oikos yg berarti rumah tangga dan nomos yg berarti peraturan. Jadi, ekonomi bisa diartikan dengan arti peraturan rumah tangga atau mengatur rumah tangga.

Adapun yg dimaksud ekonom atau ahli ekonomi  adalah yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. 
Adapun ilmu yg mempelajari tentang ekonomi disebut ilmu ekonomi.

2. Jelaskan pengertian ilmu ekonomi!

Jawaban:
Ilmu ekonomi merupakan ilmu yg mempelajari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya dalam mencapai kemakmuran yang diharapkan, dengan memilih sumber daya produksi yang sifatnya langka atau terbatas.

3. Jelaskan pengertian ilmu ekonomi menurut para tokoh ekonomi!

Jawaban:
Berikut ini beberapa definisi ilmu ekonomi menurut pendapat tokoh ekonomi:

a. Prof.P.A. Samuelson
Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan., dengan cara atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yg terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang dan dimasa yg akan datang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat.

b. Adam Smith
Ilmu ekonomi adalah ilmu kekayaan atau ilmu yg khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dan kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya.

c. J.B.Say
ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang peraturan yg menentukan kekayaan.

d. David Ricardo
Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat.

e. Lipsey
Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yg langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yg tidak terbatas.

f. Alfred Marshall
Ilmu ekonomi adalah ilmu yg mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ilmu ekonomi membahas tentang kehidupan manusia yg berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu.

4. Jelaskan kenapa Adam Smith dihormati sebagai bapak ilmu ekonomi modern!

Jawaban:
Masalah ekonomi sama tuanya dengan usia peradaban manusia. Tetapi, ilmu ekonomi baru muncul pada abad ke-18, melalui buku Adam Smith yg berjudul An Inquiri Into the Nature And Causes of the Wealth of Nation (1776). Itulah sebabnya Adam Smith dihormati sebagai bapak ilmu ekonomi modern. Adapun Smith melihatnya dari sudut rasionalitas, misalnya, zaman dulu kemiskinan dianggap sebagai takdir. Namun semenjak zaman modern (abad ke-18) kemiskinan dipandang ada kaitannya dengan ketidakmampuan bekerja produktif atau karena tidak memiliki tanah.

5. Sebutkan dan jelaskan tentang pembagian ilmu ekonomi!

Jawaban:
Menurut Alfred W. Stoiner, ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ilmu ekonomi terapan.

- Ilmu Ekonomi Deskriptif
Ilmu ekonomi deskriptif adalah bagian ilmu ekonomi yang menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka,grafik , kurva atau penyajian lainnya. Ilmu ekonomi deskriptif digunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyajikan keadaan ekonomi baik makro maupun mikro. Contoh ilmu ekonomi deskriptif, yaitu tabel perkembangan sector industri tertentu atau keadaan ekonomi suatu daerah tertentu yg dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

- Teori Ekonomi
Teori ekonomi merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi yang berusaha menjelaskan,mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja system ekonomi. Ekonomi teori merupakan kerangka konsep yg berangkat dari gejala-gejala konkrit yg terjadi dikehidupan masyarakat. Gejala-gejala ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode-metode tertentu, sehingga dapat dilacak adanya pola-pola tertentu yg menghubungkan peristiwa-peristiwa makro dan teori ekonomi mikro.

- Ilmu Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan terapan dari teori-teori ekonomi. Artinya bahwa kerangka-kerangka pengertian dari analisis ekonomi teori digunakan untuk membuat atau merumuskan kebijakan-kebijakan, pedoman-pedoman yg tepat untuk mengatasi masalah ekonomi tertentu. Oleh karena itu, dicarilah pemecahannya dengan menggunakan teori ekonomi yg sesuai dengan corak masalah yg dihadapi.
Dengan demikian, ekonomi terapan lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada masalah-masalah tertentu. Adanya spesialisasi dan penerapan pada bidang-bidang khusus menimbulkan cabang-cabang ilmu ekonomi seperti, ekonomi koperasi,ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi dan manajemen perusahaan,ekonomi internasional, dan ekonomi pertanian.

Bersambung ke Part 2
Sumber materi: blog kadekdwiws. Nantikan bagian kedua (Part 2) dari Contoh soal ekonomi dan jawabannya bab satu ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Ekonomi Kelas X Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi ~ Part 1 (Ekonomi Kelas 10 SMA)"

Memuat...