Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PAIBP Kelas X Bab 3 Mempertahankan  Kejujuran sebagai Cermin  Kepribadian (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK)

Rangkuman PAIBP Kelas X Bab 3 Mempertahankan  Kejujuran sebagai Cermin  Kepribadian (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, untuk merefresh materi yang sudah diberikan, kita perlu membaca lagi materi yang sudah disampaikan atau diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Tapi karena banyaknya materi yang diberikan, sering membuat kita malas untuk membaca.
Rangkuman PAIBP Kelas X Bab 3 Mempertahankan  Kejujuran sebagai Cermin  Kepribadian

Untuk mensiasati agar kita tidak malas membaca, diantaranya dengan membaca rangkuman materi pelajaran. Dengan membaca rangkuman materi pelajaran yang biasanya tidak terlalu panjang akan dapat membantu mengingat kembali bahkan ingatan kita terhadapat materi pelajaran yang telah lewat. Bahkan dengan membaca rangkuman dapat menguatkan ingatan kita akan materi yang telah berlalu.

Nah, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti [PAIBP] Kelas X 3 Bab Mempertahankan  Kejujuran sebagai Cermin  Kepribadian (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK). Silahkan dibaca, semoga membantu dan memudahkan Anda dalam belajar PAIBP di kelas X. Jika kelak sudah naik ke jenjang yang lebih tinggi ke kelas X dan XI juga mempermudah untuk dibaca.

1. Jujur (aś-śidqu) adalah mengatakan sesuatu sesuai dengan kenyataan, sedangkan dusta (al-każibu) adalah mengatakan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan. 

2. Kejujuran merupakan petunjuk dan jalan menuju surga Allah Swt., sedangkan dusta adalah petunjuk dan jalan menuju neraka.

3. Jujur adalah sifat para nabi dan rasul Allah Swt., sedangkan bohong atau dusta adalah ciri atau sifat orang-orang munafik.

4. Kejujuran akan menciptakan ketenangan, kedamaian, keselamatan, kesejahteraan, dan kenikmatan lahir batin baik di dunia maupun di akhirat kelak. Sementara, kedustaan menimbulkan kegoncangan, kegelisahan, konflik sosial, kekacauan, kehinaan, dan kesengsaraan lahir dan batin baik di dunia apalagi di akhirat.

5. Diperbolehkan dusta hanya untuk tiga hal saja, yaitu ketika seorang istri memuji suaminya atau sebaliknya. Ketika seseorang yang akan mencelakai orang yang tidak bersalah dengan mengatakan bahwa orang yang dicari tidak ada. Ketika ucapan dusta untuk mendamaikan dua orang yang sedang bertikai agar damai dan rukun kembali.

Uji Pemahaman 
Jawablah soal-soal berikut!
1. Tulislah salah satu ayat yang berhubungan dengan kejujuran lengkap dengan artinya.
2. Tulislah salah satu hadis tentang perilaku jujur lengkap dengan artinya.
3. Tuliskan beberapa keuntungan di dunia sebagai buah dari perilaku jujur.
4. Sebutkan sikap yang harus ditunjukkan agar terhindar dari perilaku dusta.
5. Tuliskan 3 (tiga) dampak negatif akibat perilaku dusta yang dilakukan.

Jika ada soal yang sulit dijawab, materi berikut insyaa-Allah bisa membantu: 

Materi Shidiq (Kejujuran) Akhlaq/PAIBP Kelas X

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang Rangkuman PAIBP Kelas X Bab Teks (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK). Jika bermanfaat, silahkan berbagi dengan yang lainnya dengan menekan/klik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Cukup tekan tombol share Facebook, Twitter, WhatsApp dan lainnya. Jangan hentikan ilmu ini di tangan Anda.

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas X Bab 3 Mempertahankan  Kejujuran sebagai Cermin  Kepribadian (PAIBP Kelas X SMA/MA/SMK/MAK)"

Memuat...