Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Animasi Kelas XI ~ Masking (Animasi Kelas XI SMK/MAK)

Contoh Soal Animasi Kelas XI ~ Masking (Animasi Kelas XI SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan kembali contoh soal mata pelajaran Animasi Kelas XI SMK/MAK beserta jawaban atau pembahasannya Bab Teknik Animasi Tweening. Pada contoh soal berikut ini Sekolahmuonline akan membahas tentang Masking.
Contoh Soal Animasi Kelas XI SMK dan MAK tentang animasi Masking

Pembahasan soal-soal Animasi yang berkaitan dengan Masking diantaranya meliputi: pengertian Masking, fungsi dari animasi Masking, Prinsip kerja/cara kerja animasi Masking, Layer/Masking Layer, dan langkah-langkah dalam membuat Animasi Masking. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1.Jelaskan pengertian masking!

Jawaban:
Mask artinya adalah penutup/topeng.
Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi.

Mask merupakan fasilitas di flash yang mampu membuat objek gambar ditampilkan sesuai dengan objek shape yang kita kehendaki. Di samping motion tween, mask merupakan tehnik yang harus dikuasai.

2. Jelaskan fungsi dari animasi masking?

Jawaban:
Fungsi Masking dalam Animasi: sama seperti fungsi topeng dalam arti yang sebenarnya; digunakan untuk menutupi bagian-bagian objek yang ingin ditutupi dan hebatnya yang menutupinya tidak akan terlihat juga.

3. Jelaskan Prinsip kerja animasi masking!

Jawaban:
Prinsip kerja dari Animasi Masking adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyembunyikan bidang yang terbuka

4. Apa yang kamu ketahui tentang layer?

Jawaban:
Layer adalah tempat untuk meletakkan gambar/image yang telah kita buat untuk kemudian diolah susunan waktu (timing)nya. 

5. Jelaskan pengertian masking layer dan cara membuatnya!

Jawaban:
Masking layer adalah tempat untuk meletakkan gambar yang akan diolah menggunakan masking, disini layer masking terdapat di dalam layer lembar kerja yang biasa digunakan untuk membuat animasi.
Cara membuat layer masking adalah dengan cara double klik objek yang akan kita beri mask

6. Jelaskan cara kerja Masking!

Jawaban:
Prinsip kerja masking adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyembunyikan bidang yang terbuka. Pada dasarnya animasi making terjadi dikarenakan penumpukan dua buah objek yang dibuat dalam layer yang berbeda, layer utama ditutup layer objek dengan bantuan masking, sehingga objek utama hanya terlihat seukuran objek penutup atau objek yang dijadikan masking. Atau dengan kata lain, objek yang terlihat adalah objek yang saling bertumpukan sedangkan objek yang lain disembunyikan.

6. Buatlah teks yang lebih hidup menggunakan animasi masking! (Bunyi teksnya: ANIMASI SEKOLAHMUONLINE)

Jawaban:
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat animasi Masking dengan teks berbunyi: ANIMASI SEKOLAHMUONLINE
1. Membuat sebuah movie flash baru.
2. Membuat tulisan ANIMASI SEKOLAHMUONLINE dengan menggunkan Text Tool
3. Klik frame 15 lalu klik menu Insert > Keyframe
4. Klik menu Insert > Layer untuk membuat layer baru sehingga terdapat dua layer dalam timeline.
5. Klik Layer 2 untuk berpindah dari Layer 1.
6. Membuat objek, misalnya kita buat agak bervariasi.
7. Klik frame 15 Layer 2, kemudian klik Insert > Keyframe dan pindahkan objek di samping kanan tulisan. Lalu pada frame di antara 1 dan 15 klik Insert > Create Motion Tween
8. Klik kanan pada layer 2 dan pilih Mask
9. Tet movie dengan menekan Ctrl + Enter. Maka akan terlihat tulisan yang ditutupi oleh masking dengan objek yang sudh kita buat
10. Lalu buat variasi dengan membuat layer 3. Copy paste tulisan yang sudah dibuat dari layer 1. Lalu ubah warnanya menjadi putih. Letakkan layer 3 di bawah layer 2.
11. Klik kanan pada layer 2 dan pilih Mask
12. Tet movie dengan menekan Ctrl + Enter

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Animasi Kelas XI ~ Masking (Animasi Kelas XI SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Animasi Kelas XI ~ Masking (Animasi Kelas XI SMK/MAK)"

Memuat...
close