Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak dan Pembahasannya ~ Part 2 (Matematika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK)

Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak dan Pembahasannya ~ Part 2 (Matematika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting contoh soal Matematika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK yang membahas Persamaan Nilai Mutlak (Persamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Silahkan dibaca dan dipelajari, jika ada kesulitan tanyakan saja langsung pada guru matematika kalian.

Soal:

Perhatikan Gambar sungai berikut ini!


Sungai pada keadaan tertentu mempunyai sifat cepat meluap di musim hujan dan cepat kering di musim kemarau. Diketahui debit air sungai tersebut adalah p liter/detik pada cuaca normal dan mengalami perubahan debit sebesar q liter/detik di cuaca tidak normal.
Tunjukkan nilai penurunan minimum dan peningkatan maksimum debit air sungai tersebut.

Pembahasan:

Nilai mutlak peningkatan dan penurunan debit air tersebut dengan perubahan q liter/detik dapat ditunjukkan dengan persamaan |x – p| = q, x adalah debit air sungai.


Dengan Definisi 1.1, maka


Akibatnya, |x – p| = q berubah menjadi

a) Untuk x ≥ p, x – p = q atau x = p + q
Hal ini berarti peningkatan maksimum debit air sungai adalah (p + q)

b) Untuk x < p, –x + p = q atau x = p – q
Hal ini berarti penurunan minimum debit air adalah (p – q)

Dengan pemahaman yang telah dimiliki, maka kita dapat menggambarkannya sebagai berikut.

Demikian postingan sekolahmuonline tentang Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak dan Pembahasannya ~ Part 2 (Matematika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK). Silahkan dipelajari. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak dan Pembahasannya ~ Part 2 (Matematika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK)"

close