Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 1 Seni Lukis dan Pembahasannya (Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs)

Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 1 Seni Lukis dan Pembahasannya (Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal mata pelajaran Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs beserta jawaban atau pembahasannya. Pada contoh soal berikut ini kita bahas Bab 1 Seni Lukis.
Contoh Soal Seni Budaya Kelas IX SMP dan MTs, Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 1 Seni Lukis dan Pembahasannya (Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs)

Materi Bab 1 Seni Lukis meliputi pembahasan tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan,Tema Seni Rupa Murni, Alat dan Bahan Berkarya Seni Lukis, Jenis lukisan berdasarkan teknik dan bahan yang digunakan, dan Teknik Berkarya Seni Melukis.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian seni lukis dan melukis!

Jawaban:
- Seni Lukis merupakan cabang dari seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan melalui karya dua dimensional dimana unsur-unsur pokok dalam karya dua dimensional adalah garis dan warna.

- Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan datar dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu, dengan melibatkan ekspresi, emosi, dan gagasan pencipta secara penuh.

2. Sebuah lukisan memiliki ciri khas, tema, dan teknik, yang disebut gaya atau aliran. Berdasarkan cara pengungkapannya aliran dan gaya lukisan dapat dibedakan/digolongkan menjadi tiga. Sebutkan dan jelaskan masing-masing dari aliran/gaya lukisan tersebut!

Jawaban:
Berdasarkan cara pengungkapannya aliran dan gaya lukisan dapat dibedakan/digolongkan menjadi tiga, yaitu: representatif, deformatif, dan nonrepresentatif
- Representatif adalah perwujudan gaya seni rupa menggunakan keadaan nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. Yang tergolong aliran ini yaitu: naturalisme, realisme, dan romantisme

- Deformatif adalah perubahan bentuk dari aslinya sehingga menghasilkan bentuk baru namun tidak meninggalkan bentuk dasar aslinya. Yang tergolong aliran ini yaitu: ekspresionisme, impressiionisme, surialisme, dan kubisme

- Nonrepresentatif adalah suatu bentuk yang sulit dikenal. Bentuk dasar dari karya ini sudah meninggalkan bentuk aslinya, dan pada prinsipnya lebih menekankan pada unsur-unsur formal, struktur, unsur rupa, dan prinsip estetik.

3. Jelaskan pengertian gaya seni rupa naturalisme! Sebutkan para pelukis yang beraliran naturalisme!

Jawaban:
Naturalisme adalah aliran seni rupa yang penggambarannya alami atau sesuai dengan keadaan alam, melukiskan segala sesuatu dengan alam nyata, sehingga perbandingan perspektif, tekstur, ataupun warna serta gelap terang dibuat dengan seteliti mungkin.
Pelukis yang beraliran naturalisme diantaranya adalah Basuki Abdullah, Abdullah Suryobroto, Mas Pringadi, Wakidi, Claude, Rubens, dan Constabel.

4. Jelaskan pengertian aliran realisme dan romantisme dalam gaya seni rupa golongan representatif! Sebutkan contoh pelukis yang termasuk kedua aliran tersebut!

Jawaban:
- Realisme adalah aliran yang memandang dunia ini tanpa ilusi, apa adanya tanpa menambah atau mengurangi objek, penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup. Pelukis yang termasuk aliran ini diantaranya: Trubus, Wardoyo, Tarmizi, dan Dullah

- Romantisme adalah aliran seni rupa yang lebih bersifat imajiner, aliran ini melukiskan cerita-cerita yang romantis, peristiwa yang dahsyat atau kejadian yang dramatis. Pelukis yang beraliran ini diantaranya adalah Raden Saleh, Fransisco Goya, dan Turner

5. Pelukis Indonesia terkenal Affandi termasuk golongan perupa/pelukis Deformatif yang beraliran Ekspresionisme. Jelaskan maksud dari aliran Ekspresionisme tersebut!

Jawaban:
Ekspresionisme adalah aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa sang perupa yang spontan pada saat melihat obyek karyanya

6. Jelaskan pengertian tema dalam dalam seni rupa!

Jawaban:
Tema adalah gagasan, ide, atau pokok pikiran yang ada di dalam sebuah karya seni baik dalam bentuk karya seni rupa dua dimensi maupun seni rupa tiga dimensi

7. Sebutkan tema-tema di dalam pembuatan karya seni rupa murni!

Jawaban:
Tema-tema di dalam pembuatan karya seni rupa murni antara lain:
- Hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri
- Hubungan antara manusia dengan manusia lain
- Hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya
- Hubungan antara manusia dengan benda
- Hubungan antara manusia dengan aktifitasnya
- Hubungan antara manusia dengan alam khayal

8. Sebutkan alat dan bahan dalam berkarya seni rupa dua dimensi (seni lukis)!

Jawaban:
Alat dan bahan dalam berkarya seni rupa dua dimensi (seni lukis) sangat beragam (tergantung teknik yang digunakan):
- pensil
- pensil arang (contee)
- pastel dan crayon
-pena/pulpen/alat gambar yang digunakan untuk media tinta
- tinta bak
- cat pewarna
- kuas
- pisau palet
- palet

9. Sebutkan jenis-jenis lukisan berdasarkan teknik dan bahan yang digunakan!

Jawaban:
Jenis-jenis lukisan berdasarkan teknik dan bahan yang digunakan:
- Lukisan Tempera
- Lukisan al fresco
- Lukisan al secco 
- Lukisan kaca
- Mozaik
- Lukisan cat minyak (plakat)
- Lukisan cat air (aquarel)
- Lukisan acrylic
- Lukisan batik

10. Sebutkan proses atau langkah-langkah dalam melukis!

Jawaban:
1. Memunculkan gagasan
2. Media berkarya (bahan dan alat)
3. Menentukan teknik
4. Membuat sketsa
5. Mewarnai dan menyempurnakan lukisan

Baca juga:
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 1 Seni Lukis dan  Pembahasannya ( Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs)

Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 2 Seni Patung dan  Pembahasannya ( Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs)

Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 3 Menggubah Lagu Modern Secara Unisono (Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 1 Seni Lukis dan Pembahasannya (Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs)Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Seni Budaya Kelas 9 Bab 1 Seni Lukis dan Pembahasannya (Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs)"

Memuat...
close