Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian demoralisasi! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Jelaskan pengertian demoralisasi! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah contoh soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IX SMP/MTs yang membahas tentang pengertian demoralisasi. Silahkan dibaca dan dipelajari pembahasannya, semoga menambah wawasan anda.
pengertian demoralisasi dan dekadensi moral

Modernisasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadikan paham-paham Barat masuk secara leluasa ke Indonesia. Paham-paham tersebut belum tentu sesuai dengan nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Hal ini menyebabkan nilai-nilai sosial masyarakat memudar.

Masyarakat mulai meninggalkan nilai dan norma sosial mereka. Nilai dan norma sosial yang memudar dalam masyarakat menyebabkan munculnya dekadensi moral atau demoralisasi. 

Soal: Jelaskan pengertian demoralisasi! Sebutkan contohnya!

Jawaban/Pembahasan:
Dekadensi moral atau demoralisasi adalah menurunnya atau merosotnya akhlak atau moral seseorang yang ditunjukkan dari perilaku yang bertentangan dengan nilai dan norma dalam masyarakat. 

Demoralisasi yang banyak kita jumpai saat ini diantaranya adalah pembunuhan, pencurian, korupsi, pergaulan bebas dan sebagainya. Akibat dari demoralisasi selanjutnya adalah meningkatnya kriminalitas dalam masyarakat.

Anda baru saja membaca postingan Sekolahmuonline tentang pengertian demoralisasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya, jangan hentikan pengetahuan ini pada diri Anda sendiri. Berbagai itu menyenangkan. Sharing is caring. Tunjukkan pedulimu dengan berbagi kepada saudara, teman, dan yang lainnya. Cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Terimakasih. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian demoralisasi! (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)"

close