Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan pengertian hipotesis (Biologi Kelas 10 SMA/MA)

Jelaskan pengertian hipotesis (Biologi Kelas 10 SMA/MA). Berikut ini adalah contoh soal Biologi Kelas 10 SMA/MA Bab 1. Kali ini soal membahas tentang pengertian hipotesis. Silahkan dibaca, dipelajari dan dipahami, semoga bermanfaat.
pengertian hipotesis, Jelaskan pengertian hipotesis

Jelaskan pengertian hipotesis!

Jawaban/Pembahasan:
Hipotesis adalah jawaban sementara yang masih bersifat teoritis dan masih perlu diuji kebenarannya secara empiris melalui data yang diperoleh di lapangan. Hipotesis merupakan rangkuman dari kesimpulan-kesimpulan teoritis yang diperoleh dari penelaahan kepustakaan dan dianggap sebagai jawaban yang paling mungkin dan paling tinggi kebenarannya.

Ada dua macam hipotesis, yaitu sebagai berikut.
a. Hipotesis alternatif, yaitu dugaan yang menyatakan ada pengaruh, ada hubungan, atau ada perbedaan antara variabel yang diteliti.

b. Hipotesis nol, yaitu dugaan yang menyatakan tidak ada pengaruh, tidak ada hubungan, atau tidak ada perbedaan antara variabel yang diteliti.

Sering kali timbul pertanyaan, ”Manakah di antara kedua hipotesis itu yang harus dirumuskan sebagai hipotesis penelitian?” 

Jawabannya tergantung pada landasan teoritis yang digunakan dalam studi kepustakaan. Jika landasan teori mengarahkan penyimpulan ke tidak ada pengaruh atau tidak ada hubungan atau tidak ada perbedaan, hipotesis penelitian yang dirumuskan adalah hipotesis nol. 

Sebaliknya, jika tinjauan teoritis mengarahkan penyimpulan ke ada pengaruh, ada hubungan, atau ada perbedaan, hipotesis penelitian yang dirumuskan adalah hipotesis alternatif.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian hipotesis (Biologi Kelas 10 SMA/MA)"

Memuat...
close