Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian produksi dan sebutkan tujuan produksi!

Para pembaca Sekolahmuonline yang sedang semangat belajar, khususnya adik-adik kelas 10 yang sedang belajar Ekonomi. Kembali Sekolahmuonline sajikan contoh soal Ekonomi kelas 10 beserta jawaban atau pembahasannya.

Kali ini Sekolahmuonline akan membahas tentang pengertian produksi dan tujuan dari produksi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Pengertian produksi, tujuan produksi, Pengertian produksi dan tujuan produksi, Jelaskan Pengertian produksi dan tujuan produksi, soal ekonomi, Ekonomi kelas 10

Jelaskan pengertian produksi dan sebutkan tujuan produksi!

Jawaban/Pembahasan:

Pengertian Produksi

Dalam ilmu ekonomi pengertian produksi mengacu pada dua hal, yaitu:
1. Produksi yang menghasilkan barang dan jasa baru sehingga dapat menambah jumlah, mengubah bentuk, atau memperbesar ukurannya;
2. Produksi yang diartikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan atau menambah daya guna suatu barang sehingga lebih bermanfaat.
Dari kedua uraian di atas, secara keseluruhan pengertian produksi adalah setiap usaha atau kegiatan manusia untuk menciptakan atau menambah daya guna suatu benda/jasa bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

Tujuan Produksi
Dengan memproduksi barang dan jasa akan terbuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan. Pendapatan yang meningkat mendorong pertumbuhan ekonomi yang akhirnya dapat meningkatkan kemakmuran.

Oleh karena itu tujuan produksi, antara lain:
1. Memperbanyak jumlah barang/jasa;
2. menghasilkan barang/jasa yang berkualitas tinggi;
3. memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan peradaban  dan kebudayaan serta perkembangan teknologi; 
4. mengganti barang yang rusak atau habis;
5. memenuhi pasar dalam negeri untuk kebutuhan perusahaan dan  rumah tangga; 
6. memenuhi pasar internasional;
7. mendapatkan keuntungan;
8. meningkatkan kemakmuran.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Ekonomi kelas 10 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Pengertian produksi dan tujuan produksi.


Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian produksi dan sebutkan tujuan produksi!"

close