Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen)!

Pembaca Sekolahmuonline, kami sajikan lagi untuk Anda, contoh soal mata pelajaran Ekonomi Kelas 10 beserta jawaban atau pembahasannya. Kali ini kita akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen).
faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen

Apa saja faktornya dan seperti apa penjelasannya, baca dan pelajari langsung di bawah ini. Selamat membaca dan mempelajari, semoga bermanfaat.

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen)!

Jawaban/Pembahasan:
Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen) tergantung pada faktor-faktor berikut ini:
- Selera (Taste)
- Tingkat pendapatan
- Kebiasan dan sikap hidup
- Lingkungan tempat tinggal
- Alat distribusi

Penjelasannya:

1. Selera (Taste)
Selera adalah keinginan yang muncul dari dalam hati seseorang karena adanya daya tarik/rangsangan terhadap suatu benda atau jasa sangat dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen. Jika selera rendah, konsumsi pun rendah, sebaliknya jika selera tinggi, jumlah konsumsi pun akan tinggi pula.

2. Tingkat pendapatan
Besar kecilnya tingkat pendapatan yang diterima oleh seseorang sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya pengeluaran untuk konsumsi.

3. Kebiasan dan sikap hidup
Hal ini menyangkut perilaku yang sering muncul dan dilakukan oleh konsumen, misalnya hidup hemat atau sebaliknya hidup senang atau boros.

4. Lingkungan tempat tinggal
Manusia selalu hidup beradaptasi atau dipengaruhi oleh lingkungannya sehingga pola konsumsi pun dapat dipengaruhi oleh lingkungan.

5. Alat distribusi
Pengadaan jumlah barang di suatu tempat tergantung pada alat distribusi yang digunakan. Semakin baik alat transportasi yang digunakan, semakin besar pengeluaran yang digunakan untuk konsumsi.

Menurut Engel, semakin besar pendapatan seseorang semakin kecil bagian pendapatannya yang digunakan untuk konsumsi, dan sebaliknya semakin kecil pendapatan semakin besar bagian pendapatan yang dipakai untuk konsumsi.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Ekonomi kelas 10 lengkap dengan jawaban dan pembahasannya tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen).

Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin, semangat, dan tekun belajar.

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen)!"

Memuat...
close