Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebutkan contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam berbagai bidang!

Pembaca Sekolahmuonline, kembali kami sajikan lagi contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA dan MA program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Bab Bioteknologi lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Kali ini kita akan membahas tentang contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pangan, obat-obatan, pembasmian hama tanaman, pencemaran, dan pemisahan logam dari bijih logam.
contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pangan, obat-obatan, pembasmian hama tanaman, pencemaran, dan pemisahan logam dari bijih logam
Keju, hasil makanan yang memanfaatkan mikroorganisme

Pemanfaatan Mikroorganisme dalam Berbagai Bidang


Pemanfaatan mikroorganisme telah digunakan pada bioteknologi tradisional maupun modern. Bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme, antara lain: digunakan dalam bidang pangan, obat-obatan, pembasmian hama tanaman, pencemaran, dan pemisahan logam dari bijih logam.

Sebutkan contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pangan, obat-obatan, pembasmian hama tanaman, pencemaran, dan pemisahan logam dari bijih logam!


Jawaban/Pembahasan:
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam berbagai bidang:
- Contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pangan:
a. Pemanfaatan mikroba untuk menghasilkan protein: SCP (Single Cell Protein) protein sel tunggal untuk makanan ternak
b. Penggunaan jasa mikroorganisme untuk mengubah makanan: keju, mentega
c. Fermentasi makanan nonsusu: roti, asinan, cuka
d. Pembuatan alkohol dan asam cuka

- Contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang obat-obatan: Mikroba menghasilkan antibiotika yang melawan infeksi dan agen atau perantara kemoterapi yang melawan kanker; zat kimia berasal dari jamur (sikloporin) menekan penolakan organ yang dicangkokkan; tumbuhan dan tumbuhan lumut menyediakan bahan kasar untuk berbagai obat-obatan.

- Contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pembasmian hama tanaman: Contohnya adalah bakteri hasil rekayasa yang disebut bakteri minumes, merupakan keturunan dari Pseudomonas, bakteri ini dapat melawan pembentukan es selama musim dingin. Contoh lain adalah penggunan bakteri Bacillus thuringensis yang patogen terhadap ulat hama tanaman. 

- Contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pencemaran: Penanganan limbah oleh mikroorganisme yang mampu menghasilkan gas hidrogen. Mikroba tersebut adalah Clostridium butyrium. Dalam hal ini, bakteri akan mencerna dan menguraikan gula serta menghasilkan gas hidrogen. Gas ini dapat digunakan sebagai bahan bakar yang tidak menimbulkan polusi.

- Contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pemisahan logam dari bijih logam: Bakteri yang dapat memisahkan tembaga dari bijihnya adalah Thiobacillus ferooxidans yang berasal dari hasil oksidasi senyawa anorganik khususnya senyawa besi dan belerang.
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang pangan, obat-obatan, pembasmian hama tanaman, pencemaran, dan pemisahan logam dari bijih logam.

Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Sebutkan contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam berbagai bidang!"

Memuat...