Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebutkan dan jelaskan hikmah nikah!

Pembaca Sekolahmuonline, sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian Nikah dan Hukum Nikah. Kali ini kita akan membahas tentang Hikmah Nikah.
Hikmah Nikah


Ada hikmah apa dibalik syariat pernikahan dalam Islam? Temukan jawabannya dalam pembahasan hikmah nikah di bawah ini. Selamat membaca dan jangan lupa berbagi kepada yang lainnya.


Sebutkan dan jelaskan hikmah nikah!



Jawaban/Pembahasan:

Hikmah Nikah


Nikah disyariatkan Allah Subhanahu wa Ta'ala melalui al-Qur'ān dan sunah Rasul-Nya. Pernikahan mengandung hikmah yang sangat besar untuk keberlangsungan hidup manusia. Hikmah-hikmah nikah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Terciptanya hubungan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, dalam ikatan suci yang halal dan diridhai Allah Subhanahu wa Ta'ala.
2. Mendapatkan keturunan yang sah dari hasil pernikahan.
3. Terpeliharanya kehormatan suami istri dari perbuatan zina.
4. Terjalinnya kerja sama antara suami dan istri dalam mendidik anak dan menjaga kehidupannya.
5. Terjalinnya silaturahim antarkeluarga besar pihak suami dan pihak istri.

Mewujudkan keluarga yang sejahtera, tentram, dan mendapat rida Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah dambaan dan cita-cita setiap pasangan suami istri. Melalui pernikahan berarti kita telah melakukan sesuatu yang utama dari agama, di antaranya:
- Melaksanakan perintah Allah Swt.. “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak nikah dari hambahamba sahayamu yang perempuan”. (Q.S. an-Nμr/24:32)
- Melaksanakan perintah Rasulullah; “Barang siapa yang mampu menikah tetapi tidak menikah, maka dia bukanlah termasuk golonganku”. (HR. AL-Tabrani dan AL-Baihaqi);
- Memelihara keturunan dan memperbanyak umat. “Nikahilah wanita yangsubur dan sayang anak. Sesungguhnya aku berbangga dengan banyaknya umatku di hari kiamat”. (HR. Abμ Daud);
- Mencegah masyarakat dari dekadensi moral. “Wahai para pemuda, barang siapa yang sudah mampu untuk menikah maka nikahlah, karenasesungguhnya itu dapat memelihara pandangan dan menjaga kemaluan. Dan barangsiapa belum mampu menikah, hendaklah ia berpuasa, karena sesungguhnya berpuasa itu dapat menjadi tameng mengalahkan hawa
nafsu”. (HR. al-Bukhari dan Muslim);
- Mencegah masyarakat dari penyakit-penyakit yang ditimbulkan darihubungan $eksual dengan berganti-ganti pasangan;
Melahirkan ketenangan jiwa. “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nyaialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan Dia jadikan di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Q.S. ar-Rμm/30:21;)
- Meniti jalan bertakwa. “Barangsiapa yang Allah anugerahkan kepadanya seorang wanita yang shalihah berarti Allah telah menolongnya menjalani separuh agamanya. Hendaknya ia bertakwa kepada Allah untuk memelihara separuh yang lainnya”. (HR. Tabrani);
- Memperkokoh dan memperluas persaudaraan; melalui pernikahan berarti telah menyatukan dua keluarga besar dalam memperkokoh tali persaudaraan.

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang hikmah dari pernikahan. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat belajar.

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan hikmah nikah!"

Memuat...