Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Monera! (Soal IPA Kelas 7 SMP/MTs)

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Monera! (Soal IPA Kelas 7 SMP/MTs)Berikut ini adalah contoh Soal IPA Kelas 7 SMP dan MTs lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Soal berikut ini membahas tentang Monera. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Monera

Pada bagian kingdom ini terdapat hal-hal penting yang perlu diketahui, yaitu:

a. Monera berasal dari kata monares yang berarti tunggal.

b. Mikroorganisme ini memiliki inti tetap, tidak memiliki selubung inti sehingga bersifat prokariotik. Misal: bakteri dan ganggang biru

1) Bakteri

Struktur bakteri masih sangat sederhana tetapi mempunyai peranan yang penting. Umumnya tidak memiliki klorofil dan bersifat heterotrof. Tempat hidup bakteri di mana-mana misalnya di kulit, di mulut, di tanah, dan sebagainya. 

2) Ganggang biru (Chyanophyta).

Merupakan ganggang bersel satu, berbentuk koloni atau multisel. Selain mempunyai klorofil karotenoid juga mempunyai pigmen yang tergolong fibobilin yaitu fikosianin berwarna biru dan fikoeritrin berwarna merah. Mengapa diberi nama ganggang biru? Nama ganggang biru, sebab warna yang dominan berwarna biru. Manfaat ganggang biru, antara lain: Anabaena azollae digunakan sebagai pupuk, Spirullina sebagai bahan makanan yang mengandung protein dan lain–lain.

Posting Komentar untuk "Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Monera! (Soal IPA Kelas 7 SMP/MTs)"

close