Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Arthropoda dan Sebutkan 4 Kelas Arthropoda!

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Arthropoda dan Sebutkan 4 Kelas Arthropoda! - Berikut ini adalah contoh Soal IPA Kelas 7 SMP dan MTs lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Soal berikut ini membahas tentang Arthropoda dan Pembagian Kelas Arthropoda. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Kelas Arthropoda


Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Arthropoda dan Sebutkan 4 Kelas Arthropoda!


Jawaban/Pembahasan:

Berdasarkan ada tidaknya tulang ruas belakang pada hewan, dibedakan menjadi dua yaitu Avertebrata dan Vertebrata. Ada beberapa filum yang termasuk dalam Avertebrata, diantaranya adalah Arthropoda atau Hewan Berbuku-buku

Arthropoda (Hewan Berbuku–buku)


Tubuh Arthropoda dibedakan atas kepala, dada, dan perut. Arthropoda memiliki alat indra yang peka terhadap sentuhan panas, bau-bauan, mata majemuk yaitu terdiri atas beribu-ribu mata kecil yang berbentuk segi enam disebut mata faset. 

Kelas Arthropoda


Arthropoda meliputi empat kelas, yaitu:

1. Insecta (serangga)

Tubuh terdiri atas kepala, dada dan perut. Susunan saraf tangga tali yaitu terdiri atas simpul–simpul yang saling berhubung. Pernafasan dengan sistem trakea, yaitu pembuluh udara yang bermuara pada stigma.

Mengalami metamorfosis sempurna yaitu telur–larva–kepompong-dewasa dan metamorfosis tak sempurna telur – nimfa–dewasa. Peredaran darah terbuka, artinya darah mengalir di dalam pembuluh darah. Pencernaan makanan dari mulut sampai anus.

2. Crustaceae (udang–udangan)

Tubuh terdiri atas kepala dada menyatu (cephalothorax) dan perut. Pada kepala terdapat dua pasang antena panjang dan pendek. Mempunyai kaki 5 pasang.

Contoh: udang, kepiting, rajungan dan ketam.

3. Arachnoidea (laba–laba)

Tubuh terdiri atas kepala dada menyatu dan perut (abdomen). Pada kepala terdapat 4 pasang kaki. Alat pernafasan paru–paru buku yaitu berlapis–lapis. Mempunyai sepasang mata besar dan beberapa mata kecil.

Ordo Laba-laba


Laba–laba dibagi menjadi tiga ordo, yaitu :
(1)Arachnida (bangsa laba-laba) contoh: laba–laba rumah .

(2)Scorpionida (bangsa kala) contoh: kalajangking.

(3)Acarina (bangsa tungau) contoh: caplak, kutu.

4. Myriapoda (lipan)

Tubuh terdiri atas kepala dan perut (abdomen) yang beruasruas, tiap ruas mempunyai satu pasang kaki. Bernafas dengan trakea. Contoh: kelabang, kaki seribu.

Posting Komentar untuk "Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Arthropoda dan Sebutkan 4 Kelas Arthropoda!"

Memuat...