Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Mollusca (Hewan Lunak) dan Echinodermata (hewan berkulit duri)!

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Mollusca (Hewan Lunak) dan Echinodermata (hewan berkulit duri)! - Berikut ini adalah contoh Soal IPA Kelas 7 SMP dan MTs lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Soal berikut ini membahas tentang Mollusca dan Echinodermata beserta pembagian Kelasnya masing-masing. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Mollusca atau Hewan Lunak dan Echinodermata atau hewan berkulit duri


Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Mollusca (Hewan Lunak) dan Echinodermata (hewan berkulit duri)!


Jawaban/Pembahasan:

Berdasarkan ada tidaknya tulang ruas belakang pada hewan, dibedakan menjadi dua yaitu Avertebrata dan Vertebrata. Ada beberapa filum yang termasuk dalam Avertebrata, diantaranya adalah Mollusca atau Hewan Lunak dan Echinodermata atau Hewan Berkulit Duri.

Mollusca (Hewan Lunak)


Tubuh lunak banyak mengandung lendir dan terbungkus oleh mantel, cangkang dari zat kapur. 

Pembagian Kelas Mollusca


Hewan ini dibedakan mejadi tiga kelas, yaitu:

a) Polecypoda (kerang)

Tubuh dilapisi dua cangkang yang dihubungkan dengan engsel sehingga dapat membuka dan menutup. Cangkang terdiri dari tiga lapisan luar (periostrakum), tengah (prismatik) dan dalam (mutiara atau nakreas). Apabila ada benda yang masuk ke dalam mantel maka melapisi benda tersebut sehingga terbentuk mutiara.

b) Gastropoda (cumi–cumi)

Hidup di laut, mempunyai tinta untuk melindungi diri bila ada musuh. Pada mulut mempunyai 8 tentakel pendek untuk memegang mangsa dan 2 tentakel panjang untuk perkawinan. Contoh : Gurita, cumi–cumi.

c) Cephalopoda (siput)

Hidup di darat bernafas dengan paru-paru, di air dengan insang, berjalan dengan menggunakan otot perut sambil mengeluarkan lendir dari dalam tubuh untuk mempermudah gerakan. Termasuk hewan hermafrodit artinya mempunyai dua alat kelamin dalam satu tubuh jantan dan betina. Tetapi tidak melakukan pembuahan sendiri.

Echinodermata (hewan berkulit duri)


Tubuh diselimuti kulit duri, terdapat lempeng dari zat kapur memiliki alat gerak kaki ambulakral yang merupakan tabung yang dilengkapi dengan alat pengisap dan digunakan untuk melekat di dasar air. Sistem syaraf menyebar ke seluruh tubuh. Alat pencernaan dari mulut, usus anus. Pernafasan insang tersebar di seluruh permukaan tubuh. Perkembangbiakan secara kawin. Mempunyai daya regenerasi yaitu mempunyai kemampuan untuk menumbuhkan kembali bagian tubuh yang terputus. 

Pembagian Kelas Echinodermata


Echinodermata memiliki 5 kelas, yaitu:
a) Asternoida (bintang laut)

b) Echinoidea (landak laut) 
c) Ophiuroidea (bintang laut) 
d) Crinoidea (lilia laut )
e) Holothuroidea (tripang)

Posting Komentar untuk "Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Mollusca (Hewan Lunak) dan Echinodermata (hewan berkulit duri)!"

Memuat...