Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebutkan dan jelaskan kebaikan dan keburukan kredit (Soal Ekonomi)

Sebutkan dan jelaskan kebaikan dan keburukan kredit (Soal Ekonomi). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah contoh soal mata pelajaran Ekonomi kelas 10 SMA/MA. Pembaca yang lainnya juga bisa mempelajarinya. Selamat membaca dan selamat belajar.

kebaikan dan keburukan kredit


Sebutkan dan jelaskan kebaikan dan keburukan kredit!

Jawaban:


Kebaikan dan Keburukan Kredit


Kebaikan kredit

1. Meningkatkan produktivitas modal

Pemilik modal dapat meningkatkan produktivitas modal dengan meminjamkan uangnya kepada pengusaha yang memerlukannya sehingga produksi meningkat.

2. Memperlancar tukar-menukar

Dengan kredit timbul alat pembayaran baru berupa uang giral dan wesel sehingga pengusaha dapat memenuhi keperluannya menggunakan uang giral tersebut.


3. Meningkatkan peredaran barang

Barang yang diperjualbelikan dapat dibayar dengan uang giral atau dibeli secara kredit sehingga jumlah barang yang diperjualbelikan bertambah dan peredaran uang meningkat.

Keburukan kredit

1. Hidup konsumtif

Artinya orang terdorong untuk melakukan transaksi yang terjadi di luar batas kemampuan ekonominya dengan cara membeli barang-barang konsumsi.

2. Jumlah uang yang beredar bertambah (inflasi)

Artinya kredit akan memperbesar jumlah uang yang beredar dalam masyarakat yang berakibat harga-harga naik (nilai uang turun).

3. Spekulasi

Artinya dengan mengharapkan untung yang besar pengusaha membeli atau memperbesar usaha dengan cara meminjam. Akibat buruk akan terjadi bila perusahaan ternyata mengalami kerugian. Perusahaan tidak mampu lagi melunasi segala kewajibannya.

>> Baca juga:

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan kebaikan dan keburukan kredit (Soal Ekonomi)"

Memuat...
close