Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal SKI Kelas 12 Bab 7 Pusat Peradaban dan Tokoh-tokoh Dunia Islam Modern-Kontemporer

Contoh Soal SKI Kelas 12 Bab 7 Pusat Peradaban dan Tokoh-tokoh Dunia Islam Modern-Kontemporer. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) Bab VII yang membahas tentang Pusat Peradaban dan Tokoh-tokoh Dunia Islam Modern-Kontemporer.

Contoh Soal SKI Kelas 12 dan Jawabannya Bab 7 Pusat Peradaban dan Tokoh-tokoh Dunia Islam Modern-Kontemporer


Pada Bab yang ketujuh ini ada beberapa materi yang dipelajari yaitu:

1. Sejarah Kebudayaan Islam Modern-Kontemporer

2. Pusat-Pusat dan Aspek-Aspek Peradaban Islam Modern-Kontemporer

3. Tokoh-Tokoh Dunia Islam Modern-Kontemporer

4. Tokoh-Tokoh Islam Indonesia Modern-Kontemporer


Sebelum masuk ke Contoh Soal, berikut ini Kesimpulan singkat sekali dari Bab VII:

1. Kairo (Mesir) dan Baghdad (Irak) adalah kota yang maju sekaligus menjadi pusat peradaban Islam, dari dua negara yang berpenduduk mayoritas muslim.


2. Nur Misuari, tokoh muslim yang sangat berpengaruh di Filipina Selatan.


3. Elijah Muhammad, tokoh muslim di Amerika Serikat yang sangat berperan dalam penyebaran Islam di Amerika.


4. KH Abdurrahman Wahid, tokoh Islam yang pluralis dan demokratis.


5. Prof. Dr. Nurcholish Majid, seorang cendikiawan muslim Indonesia yang pemikirannya sangat berpengaruh terhadap dunia keilmuan di Indonesaia.


Contoh Soal SKI Kelas 12 Bab 7 Pusat Peradaban dan Tokoh-tokoh Dunia Islam Modern-Kontemporer


I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e!

1. Baghdad pertama kali didirikan oleh...

a. Khalifah Usman bin Affan

b. Shalahudin al-Ayyubi

c. Khalifah al-Manshur

d. Khalifah Umar bin Abdul Aziz

e. Khalifah Ali bin Abi Thalib


Jawaban: c. Khalifah al-Manshur


Kota Baghdad didirikan oleh khalifah Abbasiah kedua, al-Manshur (754-755 M), pada tahun 762 M. Setelah mencari-cari daerah yang strategis untuk dijadikan sebagai ibu kota, pilihan jatuh pada daerah yang dinamakan Baghdad yang terletak tak jauh dari di sungai Tigris. Ia menugaskan beberapa orang ahli untuk meneliti dan mempelajari lokasi. Setelah penelitian seksama dilakukan, daerah ini akhirnya ditetapkan sebagai ibu kota dan pembangunan pun di mulai. 


2. Ulama Indonesia yang sekaligus juga Presiden RI ke-4 adalah... 

a. Syaikh Yusuf al-Palimbani

b. Syaikh Yusuf al-Makassari

c. Syaikh Muhammad Muaz

d. Mohammadoun

e. KH. Abdurrahman Wahid


Jawaban: e. KH. Abdurrahman Wahid


Kyai Haji Abdurrahman Wahid, akrab dipanggil Gus Dur, lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940 dari pasangan Wahid Hasyim dan Solichah. Guru bangsa, reformis, cendekiawan, pemikir, dan pemimpin politik ini menggantikan BJ Habibie sebagai Presiden RI setelah dipilih MPR hasil Pemilu 1999. Ia menjabat Presiden RI dari 20 Oktober 1999 hingga Sidang Istimewa MPR 2001. Ia lahir dengan nama Abdurrahman ad-Dakhil atau “Sang Penakluk”, dan kemudian lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur. “Gus” adalah panggilan kehormatan khas pesantren kepada anak kiai. Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara, dari keluarga yang sangat terhormat dalam komunitas muslim Jawa Timur. Kakek dari ayahnya, KH. Hasyim Asyari, adalah pendiri Nahdlatul Ulama (NU), demikian pula kakek dari pihak ibu, KH Bisri Syamsuri.


3. Nurcholish Madjid mendirikan sebuah universitas dengan nama... 

a. Paramadina

b. Pancasila

c. Trisakti

d. Diponegoro

e. Hasyim Asy’ari


Jawaban: a. Paramadina


4. Organsasi Masyarakat Islam yang terbesar di Indonesia adalah...

a. Ikatan Persaudaraan Muslimin

b. NU-Muhammadiyah

c. Ikhwan-Muslimin

d. Ummu-al-Qurro

e. Jam’iyah Zaitunah


Jawaban: b. NU-Muhammadiyah


5. Tokoh Islam dari Jepang adalah...

a. Konichiro Abdullah

b. Syauki Futaki

c. Usman Morimoto

d. Mohammadoun

e. Fahmi Hirohito


Jawaban: b. Syauki Futaki


Dr. Syauki Futaki (Jepang)

Setelah keislamannya, ia bertekad menyebarkan Islam ke seluruh Jepang dan berdakwah untuk Islam. Ia mendirikan Ikatan Persaudaraan Islam. Hampir setiap Jum’at ada orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat. Meskipun ia baru masuk Islam pada usia yang sudah tidak muda, yakni 67 tahun, namun semangatnya untuk mengembangkan agama Islam tidak surut sedikit pun. Sebelumnya ia adalah penganut agama Budha. Ia berprofesi sebagai seorang dokter dan bekerja sebagai direktur rumah sakit yang terletak di tengah kota Tokyo. Beberapa penulis menyatakan bahwa dengan masuknya Dr. Futaki ke dalam agama Islam menjadi pertanda bagi terbitnya Islam di negeri Sakura itu, karena melalui bimbingannya banyak penduduk Jepang yang akhirnya tertarik memeluk Islam. 


Pada tahun 1945, ia bertugas sebagai pemimpin redaksi majalah bulanan pada perang dunia ke I. Ia berusaha menghimpun sejumlah dana untuk memulihkan korban peperangan. Namun karena ia tidak berhasil menghimpun 60 juta yen dari sepuluh perseroan di Jepang, ia mengancam memberitakan kebobrokan perusahaan Jepang tersebut yang tentnya akan mempengaruhi operasionalnya. Pada 1971 setelah melalui sidang yang panjang, majelis menetapkan hukuman penjara 3 tahun pada Syauki sekaligus menon-aktifkan profesinya sebagai dokter.


Di dalam penjara ia sering merasa sedih, namun karena ia seorang ilmuwan hobi membacanya bisa sedikit mengobati kesedihannya. Di dalam penjara ia gemar membaca filsafat, politik maupun psikologi. Dalam perenungan yang panjang di dalam penjara, ia seringkali memikirkan Yang Maha Pencipta. Bagaimana wujud Sang Maha Pencipta. Ia juga merenungkan betapa oragan-organ tubuh manusia yang begitu lengkap dan sistematis adalah mukjizat yang luar biasa. Perenungan itu memunculkan pertanyaan-pertanyaan di dalam batin. Sampai akhirnya ketika ia telah keluar dari penjara segera saja ia mencari tahu jawaban dari perenungannya itu. 


Untuk mencari jawaban itu, ia menemui salah satu temannya yang beragama Islam yang bernama Abu Bakar Morimoto yang menjadi Ketua Persatuan Muslim Jepang pada waktu itu. Di setiap pertemuan ia selalu berdiskusi menanyakan tentang konsep tauhid yang ada dalam Islam. Bukan hanya itu, perbincangan bertambah hingga mengenai syariat umat Islam dan mengenai umat Islam itu sendiri. Morimoto selalu mengunjungi Futaki dan mereka juga bekerjasama dalam perjuangan kemanusiaan pada waktu itu. Futaki dengan rela turut bekerjasama dalam perjuangan kemanusiaan, tugasnya antara lain mengobati dan merawat korban peperangan. Akhirnya pada suatu hari Morimoto mengatakan kepada Futaki bahwa apa yang dilakukannya selama ini adalah bagian dari ajaran Islam. Karena ajaran Islam mengajarkan kepada umatnya untuk membantu saudara-saudaranya yang sedang dalam penderitaan. Lalu Morimoto menanyakan kepada Futaki mengapa ia tidak masuk Islam saja?.


Seketika itu pula Futaki menyatakan ingin masuk Islam. Morimoto begitu bahagia seraya bertakbir dan mengantar Futaki menuju masjid di pusat kota Tokyo. Selanjutnya Futaki mengucapkan dua kalimat syahadat di depan seorang ulama yang berkebangsaan Turki dan mengambil nama Syauki sebagai nama Islam, disusul kemudian anaknya dengan nama Khalid. Pada tahun 1975, kurang dari satu tahun Syauki Futaki telah berhasil mengislamkan sekitar 20 ribu orang di Jepang. Sebuah pencapaian yang luar biasa.


6. Tokoh Islam dari Amerika Serikat adalah...

a. Muhammad Ali

b. Hakeem Olajuwon

c. Elijah Muhammad

d. Syauki Futaki

e. Shameel Mochtar


Jawaban: c. Elijah Muhammad


Elijah Muhammad terlahir sebagai Elijah (atau Robert) Poole pada 7 Oktober 1897, di Sandersville, Georgia.

Elijah Muhammad (1897-1975) adalah pimpinan kelompok the Nation of Islam (yang juga popular dengan sebutan “Black Muslims”) pada masa perkembangan mereka yang pesat di Amerika, pertengahan abad ke-20. Ia juga seorang pengacara independen terkemuka, pemimpin pengelola bisnis yang didukung kelompok kulit hitam, pemimpin berbagai yayasan, dan organisasi keagamaan. 


7. Nurcholish Madjid pernah menjadi Asisten Sekjen dan pendiri organisasi....

a. International Islamic Federation of Students Organizations

b. Organisasi Konferensi Islam (OKI)

c. Bank Islam Dunia

d. Majelis Ulama Indonesia

e. Majelis Tarjih wa Tajdid Muhammadiyah


Jawaban: a. International Islamic Federation of Students Organizations


Pada 1963, Nurcholish mulai terlibat dalam kegiatan mahasiswa dan bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan empat tahun kemudian dia terpilih menjadi Ketua Umum untuk masa jabatan dua tahun. Dia menjadi ketua pertama yang memiliki latar belakang pendidikan Islam dan terpilih kembali untuk masa jabatan berikutnya pada 1969. Nurcholish juga menjadi Ketua Perhimpunan Mahasiswa Asia Tenggara 1967-1969, dan dengan itu dia mengenal pemimpin muda Islam Malaysia, Anwar Ibrahim, yang kemudian menjadi teman bertukar gagasan. Nurcholish juga Asisten Sekjen dan pendiri International Islamic Federation of Students Organizations 1968-1971 yang memberinya kesempatan bepergian ke luar negeri: ke Amerika Serikat, Mesir, Saudi Arabia, dan Suriah


8. Penyebar agama Islam di Kepulauan Sulu Filipina adalah...

a. Nurcholish Madjid

b. Abdurrahman Wahid

c. Muhammad Abduh

d. Nur Misuari

e. Elijah Muhammad


Jawaban: d. Nur Misuari


Nur Misuari dilahirkan di Jolo, Sulu pada 3 Maret 1942. Nur adalah anak keempat dari sepuluh bersaudara. Orangtuanya, Tausug Sama, datang dari Kabinga-an, Pulau Tapul, dan bekerja sebagai nelayan. Keluarga Nur mengalami kesulitan keuangan dan tidak bisa mengirim Nur ke perguruan tinggi, hingga akhirnya Nur memperoleh beasiswa dari komisi pada integrasi nasional. Nur pergi ke University of Manila Filipina pada tahun 1958 dan mengambil gelar sarjana dalam ilmu politik. Nur menjadi aktif dalam banyak kegiatan ekstrakurikuler di universitas, terutama dalam perdebatan. Setelah Nur lulus di Universitas Filipina, Nur memasuki sekolah hukum (studi Asia) dan menyelesaikan gelar Master pada tahun 1966. 


Pada tahun 1960-an, ia mendirikan gerakan kemerdekaan Mindanao yang bertujuan untuk mengatur sebuah negara merdeka di Filipina Selatan. Gerakan kemerdekaan Mindanao membentuk Moro National Liberation Front (MNLF) yang menuntut reformasi politik dalam pemerintah Filipina. Setelah berhasil mengadakan reformasi, MNLF terlibat dalam konflik militer dengan Vernment Filipina dan para pendukungnya antara 1972 hingga 1976 di bawah kepemimpinan Misuari. Perlawanan militer terhadap pemerintah Filipina tidak menghasilkan otonomi bagi orang-orang Moro. Dia berangkat ke Arab Saudi dalam pengasingan. Ia kembali ke Filipina setelah Marcos dihapus dari kantor selama revolusi kekuasaan pada tahun 1986.


9. Kota di Irak yang banyak memiliki warisan peradaban Islam adalah....

a. Kurdi

b. Baghdad

c. Andalusia

d. Al-Hamra

e. Hebron 


Jawaban: b. Baghdad


10. KH. Abdurrahman Wahid wafat pada ....

a. Tahun 2010

b. Tahun 2011

c. Tahun 2009

d. Tahun 2008

e. Tahun 2013


Jawaban: c. Tahun 2009


KH. Abdurrahman Wahid wafat pada tanggal 30 Desember 2009 pada usia 69 tahun.


II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!


1. Nur Misuari berasal dari Suku...


2. Universitas Paramadina berdiri pada....


3. KH. Hasyim Asy’ari adalah pendiri Organisasi Masyarakat...


4. Pendiri Muhammadiyah adalah...


5. Gus Dur menempuh pendidikan di Mesir, Belanda dan...


6. Hancurnya peradaban Islam di Andalusia pada tahun...


7. Elijah Muhammad berasal dari... 


8. Syauki Futaki dinon-aktifkan dari profesi dokter karena....


9. Sahabat Syauki Futaki yang mengantarkannya kepada Islam adalah...


10. The Nation of Islam di Amerika populer juga dengan nama...


III. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!


1. Bagaimana meneladani Nurcholis Madjid?


2. Apakah yang harus dicontoh dari sikap Gus Dur?


3. Apakah kalian sepakat bahwa perjuangan semua tokoh dunia Islam kontemporer adalah dalam rangka menegakkan amar makruf dan nahi mungkar? 


4. Bagaimana sikap yang akan kalian terapkan jika kalian berkesempatan memimpin sebuah organsasi Islam yang besar?


5. Coba renungkan, hal apakah yang sudah kalian berikan bagi kemajuan agama kalian?

Posting Komentar untuk "Contoh Soal SKI Kelas 12 Bab 7 Pusat Peradaban dan Tokoh-tokoh Dunia Islam Modern-Kontemporer"

Memuat...