Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Seni Budaya Kelas X Bab 16 Kritik Teater (Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK) ~ Semester 2

Rangkuman Seni Budaya Kelas X Bab 16 Kritik Teater (Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK) ~ Semester 2. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK, Rangkuman Seni Budaya Kelas X Bab 16 Kritik Teater. Selamat membaca dan selamat belajar, semoga bermanfaat.

Rangkuman Seni Budaya Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Bab 16 Kritik Teater


Rangkuman Seni Budaya Kelas X Bab 16 Kritik Teater


- Kritik adalah kemampuan seseorangan dalam menanggapi. 

- Kritik dilakukan oleh seorang kritikus.

- Kritik Teater merupakan ulasan, tulisan mengenai tanggapan terhadap karya Teater dengan beberapa unsur penting di dalamnya.

- Unsur penting sebagai prasarat dalam kegiatan kritik Teater dikarenakan adanya; Kreator seni-Karya Teater-Pembaca Kritik. 

- Kritik Teater berdasarkan jenisnya dapat dibedakan; kritik yang membangun dan kritik yang menjatuhkan.

- Berdasarkan sumber kemunculannya kritik pun dapat dikemukan; kritik akademis dan kritik jurnalisti.

- Kritik Teater memiliki fungsi: Fungsi sosial, Fungsi apresiatif, Fungsi edukasi, dan Fungsi prestasi.

- Kritik terhadap karya teater merupakan ulasan, tulisan yang tidak dapat dipisahkan dengan unsur pembentuk seni, simbol dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 

- Menulis kritik merupakan proses kreatif yang tidaka bisa dipisahkan dengan kegiatan apresiasi. 

- Kreativitas dalam menulis kritik teater dapat dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut; memilih karya teater sebagai objek kritik, membaca sumber terkait objek kritik, membuat daftar pertanyaan terkait objek kritik, melakukan pengamatan dan wawancara dengan subjek kritik, mengapresiasi objek kritik, analisis data objek kritik, menulis kritik, presentasi ulasan, karya kritik teater, dan publikasi kritik. 

Rangkuman lengkap baca di sini: 

Posting Komentar untuk "Rangkuman Seni Budaya Kelas X Bab 16 Kritik Teater (Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK) ~ Semester 2"

close