Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay PPKn Kelas 7 Bab 8 Memadukan Karakteristik Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Soal Essay PPKn Kelas 7 Bab 8 Memadukan Karakteristik Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembaca Sekolahmuonline, kembali kami posting untuk Anda, khususnya adik-adik yang duduk di kelas VII SMP dan MTs, Soal Essay atau Uraian PPKn lengkap dengan jawabannya.

Soal Uraian PPKn Kelas 7 Bab 8 Memadukan Karakteristik Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia


Kali ini khusus membahas soal Essay PPKn Kelas 7 Bab 8 tentang Memadukan Karakteristik Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini.


Soal Essay PPKn Kelas 7 Bab 8 Memadukan Karakteristik Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia


1. Mengapa warga negara menganugerahkan gelar pahlawan kepada para pejuang yang telah melakukan perlawanan terhadap penjajah?


Jawaban:

Warga negara menganugerahkan gelar pahlawan kepada para pejuang yang telah melakukan perlawanan terhadap penjajah karena sikap dan perbuatannya yang telah ditunjukkan dengan keberaniannya melakukan perlawanan terhadap penjajah dengan mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk bangsa

2. Bagaimana cara menghargai perjuangan para pahlawan bangsa dalam usaha mewujudkan kemerdekaan?


Jawaban:

Cara menghargai perjuangan para pahlawan bangsa dalam usaha mewujudkan kemerdekaan adalah dengan melanjukan perjuangan para pahlawan yaitu mengisi kemerdekaan yang telah dicapai melalui kegiatan atau aktivitas yang berguna bagi kemajuan bangsa dan negara.

3. Mengapa proklamasi kemerdekaan bagi bangsa dan negara Indonesia dikatakan sebagai jembatan emas?


Jawaban:

Proklamasi bagi bangsa Indonesia dikatakan sebagai jembatan emas:

• Bagi bangsa Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan bukan semata-mata sebagai tujuan, tetapi “jembatan emas” menuju bangsa yang maju dan mandiri. Dikatakan sebagai jembatan emas karena Proklamasi kemerdekaan menjadi titik awal yang baik dalam upaya mewujudkan tujuan bernegara; melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan bangsa; dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

• Proklamasi kemerdekaan menjadi titik awal yang baik dalam usaha mewujudkan tujuan bernegara yang adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

4. Uraikan perbedaan otonomi daerah dan daerah otonom!


Jawaban:

- Otonomi daerah adalah hak atau kewenangan yang diberikan kepada daerah ototnomi untuk mengatur dan mengurus sensiri urusan pemerintahan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan


- Daerah otonom adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia

5. Bagaimana kedudukan daerah otonom dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia?


Jawaban:

Kedudukan daerah otonom dalam Negara Kesatuan Republik

Indonesia:

Daerah otonom merupakan daerah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus pemerintahan dan kepentingan sendiri berdasar ketentuan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Artinya hak dan kewenangan mengatur dan mengurus pemerintahan sendiri merupakan pemberian/pelinpahan dari pusat. Daerah merupakan bagian dari negara yang tidak bersifat negara. 


*Text Watermark*

Postingan ini dikumpulkan dan diolah oleh sekolahmuonline.com. Jika muncul di website/blog lain, bisa dijadi dicopy paste secara manual atau di-AGC oleh website/blog lain tanpa seizin sekolahmuonline.com. Maka, siap-siap saja jika ditindak oleh DMCA Google.

*Text Watermark*


6. Dilihat dari aspek sumber daya manusia, bangsa Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa. Coba uraikan potensi apa saja yang dimiliki oleh Indonesia dilihat dari aspek sumber daya manusia!


Jawaban:

Potensi apa saja yang dimiliki oleh Indonesia dilihat dari aspek sumber daya manusia:

• Jumlah penduduk yang besar, dengan banyaknya penduduk, tidak perlu mengimpor tenaga kerja asing, yang memiliki harga jauh lebih mahal dari pada tenaga kerja di dalam negeri.

• Jumlah tenaga kerja, dengan semakin banyak jumlah tenaga kerja yang diserap, maka pembangunan sebuah negara akan semakin pesat.

• Kualitas sumber daya manusia. Indonesia yang mampu mencetak sarjana sebanyak 250.000 orang, sebenarnya memiliki kualitas sumber daya baik. Akan tetapi, lowongan yang tidak sebanding

dengan jumlah tenaga kerja, membuat tenaga kerja inlektual di Indonesia terbuang percuma. Dengan memaksimalkan potensi pekerja inteletual, maka indonesia akan semakin cepat berkembang.

• Banyaknya atau keaneragaman budaya. Salah satu hasil dari sumber daya manusia adalah kebudayaan. Indonesia adalah negara dengan kebudayaan yang majemuk. Kebudayaan yang majemuk adalah salah satu dari potensi sumber daya manusia di indonesia.

Karena dengan banyaknya kebudayaan, maka menarik wisatawan ke indonesia akan semakin mudah. Masyarakat dengan kebudayaan yang masih terjaga, juga diharapkan mampu menjaga keseimbangan alam.

• Banyak orang intelek. Orang intelek adalah salah satu potensi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh indonesia. Oreang intelek di indonesia, tidak harus lulus universitas. Lulusan SMK juga dianggap memiliki nilai intelektualitas yang tinggi. Saat ini rata- rata lulusan universitas di indonesia setiap tahun adalah 250.000 orang. Sedangkan lulusan SMK setiap tahun mencapai 1.087.098. dengan banyaknya jumlah inteletual yang lulus, maka potensi sumber daya manusia di indonesia juga cukup besar. Akan tetapi, jumlah tenaga yang terserap masih sangat sedikit. Untuk lulusan SMK, sekitar 70 persen berhasil terserap ke dunia kerja, dengan rata- rata 10 persen meneruskan ke jenjang universitas. Akan tetapi, untuk lulusan sarjana, hanya sekitar 60 persen yang berhasil masuk ke dunia kerja.

7. Mengapa usia produktif merupakan potensi yang harus diberdayakan dan dioptimalkan sehingga mampu memberi andil kepada negara untuk mewujudkan tujuan Negara?


Jawaban:

Usia produktif merupakan potensi yang harus diberdayakan dan dioptimalkan sehingga mampu memberi andil kepada negara untuk mewujudkan tujuan Negara.

Kelompok usia produktif itu, adalah penduduk yang usianya sudah sanggup menghasilkan produk maupun jasa.

Bila kelompok penduduk usia produktif ini berkualitas tinggi dan produktif, maka negara akan diuntungkan karena produktivitas tinggi. Namun bila kelompok ini tidak berkualitas dan tidak produktif, maka negara akan dirugikan karena harus menanggung kelompok ini.

Negara memerlukan kelompok usia produktif ini dalam rangka pencapaian tujuan negara, karena pada kelompok usia ini yang mampu menghasilkan berbagai karya baik dalam bentuk pemikiran, kerja ataupun budaya yang dihasilkan sehingga meghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam pencapaian tujuan negara.

8. Mengapa generasi muda menjadi penentu masa depan bangsa?


Jawaban:

Generasi muda menjadi penentu masa depan bangsa

• Dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, pemuda selalu mempunyai peran yang sangat strategis di setiap peristiwa penting yang terjadi. Ketika memperebutkan kemerdekaan dari penjajah Belanda dan Jepang kala itu. Pemuda menjadi tulang punggung bagi setiap pergerakan perubahan ketika masa tersebut tidak sesuai dengan keinginan rakyat. Pemuda akan selalu menjadi People make history (orang yang membuat sejarah) di setiap waktunya. Pemuda memang mempunyai posisi strategis dan istimewa.

• Secara kualitatif, pemuda lebih kreatif, inovatif, memiliki idealisme yang murni dan energi besar dalam perubahan sosial dan secara kuantitatif. Pemuda akan lebih bersifat kreatif untuk melakukan pergerakan ketika kondisi atau suasana di sekitarnya mengalami kerumitan, terdapat banyak masalah yang di hadapi yang tidak kunjung terselesaikan.

• Pemuda dapat merubah pandangan orang terhadap suatu bangsa dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan suatu bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat

9. Berilah contoh potensi sumber daya manusia yang bisa dikembangkan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa!


Jawaban:

Contoh potensi sumber daya manusia yang bisa dikembangkan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa adalah

• Kualitas sumber daya manusia. Indonesia yang mampu mencetak sarjana sebanyak 250.000 orang. Dengan kemampuan berpikir, sikap kritis dan kreatifnya, para sarjana bisa diberdayakan melalui keteerlibatannya dalam pembangnan untuk mengelola sumber daya alam yang ada.Dengan memaksimalkan potensi pekerja inteletual, maka indonesia akan semakin cepat berkembang.

• Banyaknya atau keaneragaman budaya. Salah satu hasil dari sumber daya manusia adalah kebudayaan. Indonesia adalah negara dengan kebudayaan yang majemuk. Kebudayaan yang dikelola dengan baik dapat mendukung pengembangan industry pariwisata di Indonesia.

• Banyak orang intelek. Orang intelek adalah salah satu potensi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh indonesia. Orang intelek di indonesia, tidak harus lulus universitas. Lulusan SMK juga dianggap memiliki nilai intelektualitas yang tinggi. Saat ini rata- rata lulusan universitas di indonesia setiap tahun adalah 250.000 orang. Sedangkan lulusan SMK setiap tahun mencapai 1.087.098. dengan banyaknya jumlah inteletual yang lulus, maka potensi sumber daya manusia di indonesia juga cukup besar. Akan tetapi, jumlah tenaga yang terserap masih sangat sedikit. Untuk lulusan SMK, sekitar 70 persen berhasil terserap ke dunia kerja, dengan rata- rata 10 persen meneruskan ke jenjang universitas. Akan tetapi, untuk lulusan sarjana, hanya sekitar 60 persen yang berhasil masuk ke dunia kerja.

10. Bagaimana mengembangkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki untuk mewujudkan tujuan negara?


Jawaban:

Mengembangkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki untuk mewujudkan tujuan negara:

• Pengelolaan sumber daya manusia dengan baik agar bakat dan kemampuannya dapat bermanfaat secara utuh, maksimal, dan tepat sasaran melalui metode-metode dan sistem yang efektif dan efisien.

• Meningkatkan kualitas pendidikan Pembinaan, Pendidikan dan pelatihan kepada generassi muda untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan profesionalisme, keterampilan administrasi, keterampilan manajemen, dan keterampilan-keterampilan lain baik keterampilan individu dan kelompok.


*Text Watermark*

Postingan ini dikumpulkan dan diolah oleh sekolahmuonline.com. Jika muncul di website/blog lain, bisa dijadi dicopy paste secara manual atau di-AGC oleh website/blog lain tanpa seizin sekolahmuonline.com. Maka, siap-siap saja jika ditindak oleh DMCA Google.

*Text Watermark* 


11. Berilah contoh potensi budaya yang ada di lingkungan tempat tinggal!


Jawaban:

Contoh potensi budaya yang ada di lingkungan tempat tinggal:

• Kesenian seperti wayang, reog atau jathilan, dayakan, dan lain-lain yang dapat dikembangkan menjadi wisata budaya.

• Berbagai jenis upacara adat yang masih dibudayakan dalam masyarakat selain dapat dikembangkan menjadi industri pariwisata juga dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

• Budaya gotong royong, kekeluargaan dan musyawarah mufakat yang menjadi karakteristik bangsa yang perlu dilestarikan.

12. Uraikan manfaat dari pengembangan potensi budaya daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia!


Jawaban:

Manfaat dari pengembangan potensi budaya daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia:

• memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

• potensi dari adanya keragaman budaya tersebut tentu saja sangat cocok dan menarik untuk dijadikan sebagai sebuah objek dan tujuan dari pariwisata yang ada di Negara ini. Dan sudah pasti ini bisa meningkatkan adanya devisa Negara.

• adanya berbagai pemikiran beragam yang berasal dari satu daerah dan juga yang lainnya tentu saja bisa dijadikan sebagai rujukan atau acuan untuk kepentingan pembangunan nasional.

13. Bagaimana mengembangkan potensi yang ada di daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia?


Jawaban:

Mengembangkan potensi yang ada di daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia:

• Menyelenggarakan festival budaya bangsa.

• Pengiriman duta budaya ke negara lain dalam rangka mempromosikan keanekaragaman budaya bangsa.

• Pembangunan cagar-cagar budaya (termasuk museum) dalam rangka pelestarian budaya bangsa.

Posting Komentar untuk "Soal Essay PPKn Kelas 7 Bab 8 Memadukan Karakteristik Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Memuat...