Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 8 Belajar Tari Tradisional Pembelajaran 1 + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 8 Belajar Tari Tradisional Pembelajaran 1 + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Seni Budaya khusus Seni Tari Kelas 8 SMP dan MTs. Soal-soal berikut membahas tema Belajar Tari Tradisional Pembelajaran 1.
Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 8 Belajar Tari Tradisional Pembelajaran 1 + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com


Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VIII SMP/MTs Belajar Tari Tradisional Pembelajaran 1


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan karakteristik iringan tari tradisional!

Jawaban:
Karakteristik iringan tari tradisional yaitu menggunakan iringan pentatonik yang bersumber pada alat musik tradisional dan iringan diatonik yang bersumber pada alat musik modern. 

2. Sebutkan dua jenis respon gerak yang ditimbulkan oleh perbedaan penggunaan alat musik dalam iringan!

Jawaban:
Ada 2 jenis respon gerak yang ditimbulkan oleh perbedaan dalam penggunaan alat iringan yaitu 
a. Respon gerak yang berlawanan dengan iringan yang dilakukan dengan gerakan dinamis dan penuh kekuatan, tetapi musik yang digunakan mengalir dan lembut.

b. Respon gerak yang sesuai dengan iringan yang dilakukan mengikuti dinamika iringan yang digunakan dalam tarian. 

3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis iringan tari tradisional!

Jawaban:
Jenis-jenis iringan tari tradisional ada 2 yaitu
a. Iringan tari internal yang terjadi karena gerakan-gerakan penari itu sendiri misalnya suara tepukan tangan ke tubuh, hentakan kaki ke lantai, serta bunyi-bunyi lain yang timbul disebabkan oleh pakaian atau perhiasan yang dikenakan penari. 

b. Iringan tari eksternal yang dilakukan oleh orang lain bukan oleh penari itu sendiri, baik dengan kata-kata, nyanyian maupun dengan iringan musik rekaman.

4. Silakan Ananda cari kemudian amati gambar tarian Tari Badui dari daerah Sleman, Yogyakarta atau saksikan tari tersebut lewat channel Youtube. 
Analisislah jenis iringan yang digunakan dalam tarian Badui tersebut!

Jawaban:
Jenis iringan yang digunakan dalam tarian Badui tersebut adalah musik campuran antara iringan internal berupa nyanyian para penari dan eksternal dari bunyi iringan rekaman musiknya. 

5. Analisislah jenis iringan dan alatnya apa saja yang digunakan dalam tarian Tari Burung Enggang dari Dayak Kenyah, Kalimantan Timur!

Jawaban:
Jenis iringan yang digunakan dalam tari Burung Enggang tersebut adalah iringan eksternal berupa alat musik tradisonal Kalimantan Timur. Alat yang digunakan antara lain kendang, saron, bonang, dan rebana.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 8 SMP/MTs Belajar Tari Tradisional Pembelajaran 1 lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 8 Belajar Tari Tradisional Pembelajaran 1 + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close