Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 semester 1 (semester ganjil/gasal) lengkap dengan Kunci Jawabannya. Kali ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal pilihan ganda IPS Kelas 8 Bab 2 yang membahas tentang Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Pilihan Ganda IPS Kelas VIII Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN
Sebagimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada contoh soal essay Bab ini, IPS Kelas 8 Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN meliputi beberapa pembahasan. Yang diharapkan setelah mempelajari Bab 2 ini, maka pembaca Sekolahmuonline khususnya adik-adik kelas 8 SMP/MTs dapat:
- Menganalisis pengertian, faktor pendorong, dan penghambat kerja sama antar negara anggota ASEAN dengan benar.
- Membuat poster/essai kegiatan yang dapat meningkatkan kerja sama antarnegara-negara ASEAN dengan semangat
- Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama ASEAN dalam tabel dengan benar.
- Membuat poster/gagasan cerita dalam bentuk tulisan tentang kegiatan yang dapat meningkatkan kerja sama antarnegara-negara ASEAN dengan baik dan menarik. 
- Mengidentifikasi pengaruh kerja sama bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pendidikan terhadap kehidupan di ASEAN dengan benar.
- Menyajikan hasil identifikasi tentang pengaruh kerja sama bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pendidikan terhadap kehidupan di ASEAN dalam bentuk poster.
- Mengidentifikasi upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negaranegara ASEAN dengan benar.
- Menyajikan hasil identifikasi upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN dalam bentuk poster.

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas VIII Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Faktor pendorong kerja sama antarnegara ASEAN yaitu….
a. kesamaan dan perbedaan kondisi geografis
b. kesamaan dan perbedaan sumber daya alam
c. kesamaan dan perbedaan ideologi
d. jawaban a, b, dan c benar 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Faktor pendorong kerja sama antarnegara anggota ASEAN antara lain didasari kesamaan ataupun perbedaan potensi alam, geografis, dan ideologi yang dimiliki oleh suatu negara.

2. Berikut ini salah satu contoh bentuk kerja sama yang didorong karena adanya persamaan sumber daya alam, yaitu….
a. NATO
b. IBRD
c. OPEC
d. MEE

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
OPEC (organization of the petroleum exporting countries) yang dalam bahasa Indonesianya adalah organisasi negara-negara penghasil minyak bumi. Merupakan salah satu bentuk kerja sama antarnegara penghasil minyak bumi.
Tujuan dari dibentuknya OPEC adalah menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga, dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaanperusahaan minyak. 

3. Contoh kerja sama yang didorong karena adanya perbedaan adalah….
a. Jepang membutuhkan minyak dan gas dari Indonesia, sebaliknya Indonesia membutuhkan otomotif dari Jepang
b. Arab Saudi membutuhkan minyak dan gas dari Indonesia, sebaliknya Indonesia membutuhkan pekerja dari Arab Saudi
c. Eropa membutuhkan rempah-rempah dari Indonesia, sebaliknya Indonesia membutuhkan minyak bumi dari Eropa
d. Amerika membutuhkan hasil laut berupa udang dari Indonesia, sebaliknya Indonesia membutuhkan beras dari Amerika

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Salah satu kerja sama antarnegara adalah didasari perbedaan potensi alam yang dimiliki oleh suatu negara. Dalam hal ini negara Jepang walaupun memiliki sumber daya mineral yang kaya, tetapi hanya sedikit memiliki minyak bumi dan gas alam. Disisi yang lain negara Jepang merupakan negara yang memiliki industri otomotif terbesar di dunia. Toyota Motor Corporation merupakan perusahaan mobil terbesar di dunia yang berada di Jepang. Sedangkan Indonesia tidak memiliki perusahaan otomotif yang sebesar Jepang, tetapi Indonesia merupakan negara penghasil gas alam dan minyak bumi. Indonesia menempati nomor urut 22 negara penghasil minyak bumi di dunia, dan nomor 15 negara penghasil gas alam dunia. Perbedaan sumber daya yang dimiliki oleh Jepang dan Indonesia itulah yang menyebabkan dua negara ini melakukan kerja sama

4. Perhatikan Tabel berikut!

TABEL BENTUK KERJA SAMA ASEAN
Tabel di atas yang menunjukan bentuk kerja sama ASEAN bidang politik dan keamanan ditunjukan pada nomor….
a. I
b. II
c. III
d. IV

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
ZOPFAN merupakan bentuk deklarasi yang dibuat ASEAN yang dicetuskan di Kuala Lumpur pada tanggal 27 November 1971. Sararan ZOPFAN ini adalah kerja sama politik ASEAN untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.
TAC singkatan dari treaty amity and cooperation, merupakan perjanijian damai antara negara-negara Asia Tenggara yang melibatkan pihak ketiga apabila terjadi konflik.
SEANWFZ singkatan dari Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone merupakan suatu kesepakatan di antara negara-negara Asia Tenggara tentang kawasan bebas senjata nuklir.
ACCT singkatan dari Asean Convention on Counter Terrorism, merupakan instrument penting kerja sama di wilayah Asia Tenggara dalam pencegahan, penanggulangan, dan pemberantasan terorisme. 

5. Bentuk kerja sama dalam bidang sosial budaya antara lain….
a. traktat bantuan hokum timbal balik di bidang pidana
b. penyelenggaraan pesta dua tahun sekali SEA-Games
c. penandatanganan kesepakatan bersama ASEAN Tourism Agreement
d. penyediaan cadangan pangan untuk negara-negara ASEAN

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
ASEAN Tourism Agreement merupakan kerja sama ASEAN dibidang sosial budaya khususnya pariwisata. Tujuannya adalah untuk memudahkan perjalanan wisata ke dan di dalam ASEAN, serta mengurangi hambatan-hambatan dalam jasa pariwisata untuk memaksimalkan daya tarik wisata kawasan ASEAN yang saling mendukung. Selain itu meningkatkan promosi ASEAN sebagai destinasi wisata tunggal yang memiliki standar sarana dan daya tarik wisata kelas dunia.

6. Salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang pendidikan yaitu….
a. ACCT (ASEAN Convention on Counter Terrorism)
b. ACWC (ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights
of Women and Chidren)
c. SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization).
d. SEANWF (Treaty on Southeast Asian Nuclear Weapon-Free Zone)

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization) Membentuk SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization). Merupakan bentuk kerja sama regional dalam bidang pendidikan yang bertujuan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia untuk mengusung pendidikan yang berkualitas. Selain itu ada AUN (ASEAN University Network). AUN dibentuk untuk mempererat kerja sama, memperkuat solidaritas, dan mempromosikan program studi, penelitian dan pendidikan. Melalui AUN ini mahasiswa bisa berkesempatan unutk mengikuti program pertukaran pelajar.
Masih ada kerja sam di bidang pendidikan yaitu membentukan kurikulum sekolah di negara-negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.

7. Nilai positif dari kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar yang menimbulkan interaksi antarnegara ASEAN antara lain….
a. diskriminasi sosial pengungsi
b. memupuk rasa kemanusiaan
c. bertambahnya warga asing
d. meningkatkan persaingan kerja

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:
Pada tahun 2015, ribuan pengungsi warga Myanmar membanjiri negara-negara tetangga, yitu Malaysia, Thailand, dan Indonesia dengan menggunakan perahu.
Pengungsi ini dikenal sebagai manusia perahu. Mereka adalah korban konflik yang terjadi di Negara Myanmar. ASEAN menghimbau negara-negara anggotanya untuk menerima sementara para manusia perahu itu atas pertimbangan kemanusiaan. Hal ini berpengaruh terhadap dinamika jumlah penduduk suatu negara, baik bagi yang mengungsi atau negara tujuan pengungsian. Selain itu menimbulkan interaksi sosial seperti simpati, empati antarpengungsi dan penduduk setempatdaerah pengungsian ataupun penduduk dalam suatu negara ASEAN. 

8. Southeast Asian Games (SEA Games) adalah ajang perlombaan ASEAN di bidang….
a. kedirgantaraan
b. seni budaya
c. sains
d. olahraga

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Setiap negara anggota ASEAN diminta berperan aktif dan ikut serta dalam upaya kerja sama guna mendukung kesejahteraan negaranya sendiri. Kerja sama antarnegara-negara anggota ASEAN dalam bidang sosial dilakukan agar tercipta kerukunan dan kemajuan bersama. Salah satu bentuk kerja sama sosial budaya di ASEAN dalah penyelenggaraan SEA Games setiap dua tahun sekali.

9. Perhatikan daftar kerja sama antarnegara di kawasan ASEAN berikut ini!
1) membentuk AUN (ASEAN University Network)
2) penawaran beasiswa
3) menyelengarakan festival seni
4) membentuk SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization).
5) diadakannya Konggres Pemuda ASEAN
6) diadakannya pertemuan para Menteri Pertahanan (Defence Ministers Meeting/ADMM)

Berdasarkan daftar di atas yang termasuk kerja sama di bidang pendidikan adalah….
a. 1), 2), dan 4)
b. 1), 2), dan 5)
c. 2), 3), dan 5)
d. 2), 3), dan 6)

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan antara lain adalah membentuk AUN (ASEAN University Network). AUN dibentuk untuk mempererat kerja sama, memperkuat solidaritas, dan mempromosikan program studi, penelitian dan pendidikan. Melalui AUN ini mahasiswa bisa berkesempatan unutk mengikuti program pertukaran pelajar. Selain itu penawaran beasiswa, membentuk SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization).
Masih ada kerja sam di bidang pendidikan yaitu membentukan kurikulum sekolah di negara-negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.

10. Kerja sama ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) adalah kerja sama ASEAN dalam rangka….
a. kerja sama melindungi terorisme dari ancaman negara lain
b. kerja sama dalam pemberantasan terorisme
c. memberikan dasar yang kuat terbentuknya terorisme
d. menjalin kerja sama yang kuat kepada kelompok terorisme

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:
ACCT singkatan dari Asean Convention on Counter Terrorism, merupakan instrument penting kerja sama di wilayah Asia Tenggara dalam pencegahan, penanggulangan, dan pemberantasan terorisme. 

11. Salah satu bentuk kerja sama antarnegara di bidang politik antarnegara ASEAN adalah….
a. membentuk pusat informasi pariwisata
b. melaksanakan festival seni ASEAN
c. menanggulangi penyalahgunaan narkotika
d. membangun pupuk urea di Malaysia

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Menanggulangi penyalahgunaan narkotika termasuk kerja sama dalam bidang poitik. Bentuk-bentuk kerja sama dalam bidang politik yang lain yaitu membentuk Traktat bantuan hukum timbal balik di bidang pidana (Treaty on mutual Legal Assistance in Criminal Matters/MLAT); Konvensi ASEAN tentang Pemberantasan Terorisme (ASEAN Convention on Counter Terrorism/ACCT); Pertemuan Para Menteri Pertahanan (Defence Ministers Meeting/ADMM) yang bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas kawasan melalui dialog serta kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan; Penyelesaian sengketa Laut Cina Selatan; Kerja sama Pemberantasan Kejahatan Lintas Negara yang mencakup pemberantasan terorisme, perdagangan obat terlarang, pencucian uang, penyelundupan dan perdagangan senjata ringan dan perdangan manusia, bajak laut atau perompak, kejahatan internet, dan kejahatan ekonomi inenational

12. Berikut adalah salah satu kerja sama antarnegara ASEAN di bidang industri….
a. proyek industri tambang ASEAN Copper Fabrication Project di Filipina dan Singapura
b. proyek vaksin ASEAN Vaccine Project di Singapura dan Kamboja
c. proyek pupuk ASEAN Aceh Fertilizer Project di Indonesia dan Malaysia
d. proyek soda api Rock Salt Soda Ash Project di Thailand dan Indonesia

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Proyek industri tambang ASEAN Copper Fabrication Project di Filipina dan Singapura termasuk kerja sama di bidang industry ASEAN. Selain itu proyek industri pupuk urea amonia di aceh, pupuk urea di malaisyia, pabrik tembaga di Filipina, indutri vaksin di singapura, pabrik abu soda di Thailand.

13. Kerja sama yang diadakan para menteri pada pertemuan Defence Ministers Meeting (ADMM) membahas bidang….
a. budaya
b. pendidikan
c. sosial
d. politik

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) membahas bidanng politik dan pertahanan di kawasan Asia Tenggara dan meningkatkan transparasi, keterbukaan dan rasa saling percaya di antara negara-negara anggota ASEAN. Selain itu adalah untuk menyebarkan pesan perdamaian di kawasan ASEAN melalui diskusi dan kerja sama pertahanan dan keamanan agar tercipta keamanan dan stabilitas politik di negara-negara ASEAN dan dunia.

14. Adanya MEA memberikan dampak bagi kehidupan negara-negara yang ada di ASEAN. Bagi negara yang belum siap menghadapi adanya MEA, maka salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah meningkatnya angka pengangguran. Upaya yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk mencegah dampak buruk yang ditimbulkan oleh adanya MEA tersebut adalah….
a. menggunakan robot untuk meningkatkan produktivitas industry
b. memudahkan visa kerja untuk tenaga kerja asing
c. menarik tenaga ahli asing untuk bekerja di Indonesia
d. meningkatkan pendidikan dan keterampilan penduduknya

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Keberadaan MEA merupakan salah satu bentuk interaksi antarruang di wilayah ASEAN. Adanya MEA ini menuntut negara-negara di ASEAN untuk memiliki daya saing yang tinggi. MEA dapat membawa dampak baik atupun buruk bagi negara-negara di ASEAN. Salah satunya adalah dapat meningkatkan angka pengangguran. Langkah yang dapat dilakukan oleh Indonesia untuk mencegah peningkatan angka pengangguran akibat MEA adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui peningkatan pendidikan, keterampilan, kesehatan penduduknya, dan lain-lain.hal ini dilakukan agar penduduk Indonesia siap dan mampu unutk berkompetisi dengan tenaga kerja dari negara lain dalam MEA.

15. Berikut ini yang termasuk rencana kerja strategis Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah….
a. menanggulangi isu keamanan non tradisional
b. menuju suatu kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata
c. menangi bencana dan tanggap darurat
d. mencegah konflik atau upaya-upaya membangun kepercayaan 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:
Masyarakat ekonomi ASEAN merupakan suatu bentuk kesepakatan di antara negara-negara anggota ASEAN dalam hal perdagangan.
Rencana kerja strategis Masyarakat Ekonomi ASEAN antara lain: 
1). Menuju single market dan production base atau arus perdangan bebas untuk sector barang, jasa, investasi, pekerja terampil dan modal;
2) menuju penciptaan kawasan regional ekonomi yang berdaya saing tinggi; 
3) menuju suatu kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Semester 1 Bab 2 tentang Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN ~ sekolahmuonline.com"

close