Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barakallah fii Umrik Artinya untuk Perempuan?

Arti Barakallah fii Umrik

Sekolahmuonline.com - Barakallah fii Umrik Artinya untuk Perempuan?. Tulisan ringan ini Sekolahmuonline angkat karena rasa penasaran. Melihat Google Trends Indonesia penelusuran sehari lalu kok "barakallah fii umrik artinya untuk perempuan" meningkat 100%. Ada apa? 

Tidak ingin lebih jauh sebenarnya ada apa, Sekolahmuonline hanya akan mengkaji secara singkat, jelas dan gamblang dari sudut bahasa saja arti dari "barakallah fii umrik".

Kalimat "barakallah fii umrik" Sekolahmuonline yakin Anda sering mendengar atau membaca bahkan mungkin malah menerima langsung ucapan atau tulisan tersebut saat ulang tahun. Entah didengar langsung dari pengucapanya, dapat ucapan lewat chat Whatsapp (baik rekaman suara atau tulisan), ata anda temukan pada kolom komentar di berbagai media sosial.

Arti Barakallah fii Umrik

Barakallah fii Umrik adalah lafal atau ucapan bahasa Arab. Jika ditulis menggunakan bahasa aslinya adalah seperti berikut ini: بارك الله في عمرك (maaf, tidak saya beri syakal atau harakatnya). Kan sudah terbaca lewat tulisan Indonesia "Barakallah fii Umrik"

Jika diuraikan per kata:
Baaroka: berkah
Allah: Allah
Fiy: di dalam
Umrik: umurmu

Jika diterjemahkan bebas ucapan Barakallah fii Umrik artinya menjadi: "Semoga keberkahan Allah ada pada umurmu". Atau bisa " Semoga Allah memberkahi umurmu." Atau bisa juga: "Semoga umurmu diberkahi Allah".

Berkah atau barakah artinya ziyadatul khair (bertambahnya kebaikan). 

Barakallah fii Umrik untuk Laki-laki atau Perempuan? 

Dibahas dari segi bahasa Arab fusha (resmi), jika kalimat Barakallah fii Umrik ditulis lengkap dengan harakatnya, maka akan jelas ucapan tersebut untuk laki-laki atau untuk perempuan. Dan perbedaannya pun hanya terletak pada umrik. 

Untuk laki-laki menggunakan umrika (عُمْرَِ ), sedangkan untuk perempuan menggunakan umriki (عمركِ). Jadi terlihat kan perbedaan hanya pada huruf kaf (ka dan ki). 'Umrika artinya umurmu laki-laki (seorang laki-laki), dan 'umriki artinya umurmu perempuan (seorang perempuan).

Akan tetapi jika Barakallah fii Umrik dalam mengucapkan lafal umrika/umriki diwakafkan (dihentikan) pada huruf kaf menjadi umrik (tidak dihidupkan menjadi umrika atau umriki) maka menjadi bersifat umum. Bisa untuk laki-laki dan juga bisa untuk perempuan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya: Barakallah fii Umrik bisa diucapkan untuk seorang laki-laki dan untuk seorang perempuan. Jika untuk laki-laki maksudnya fii umrika, jika untuk perempuan maksudnya fii umriki.

Posting Komentar untuk "Barakallah fii Umrik Artinya untuk Perempuan?"

close