Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tanda Kekuasaan Allah Dalam Penciptaan Alam Semesta (Al-Quran Hadits kelas XI Semester 1)

Sekolahmuonline - Tanda Kekuasaan Allah Dalam Penciptaan Alam Semesta (Al-Quran Hadits kelas XI Semester 1). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda materi pelajaran Al-Quran dan Al-Hadits kurikulum 2013 untuk kelas XI semester 1 Bab 2. Tanda Kekuasaan Allah Dalam Penciptaan Alam Semesta. Untuk yang belum mempelajari Bab 1 silahkan buka dan pelajari: Materi Bab 1. Menjadi Pribadi Muslim yang Taat, Kompetitif, dan Pekerja Keras (Al-Quran Hadits Kelas XI Semester 1) 

Ayat Al-Quran dan Hadits tentang Tanda-tanda Kekuasaan Allah Dalam Penciptaan Langit dan Bumi serta Isinya

A. Qs. Al-Jatsiyah (45) ayat 12-13


اللَّهُ الَّذِي سَخَّرَ لَكُمُ الْبَحْرَ لِتَجْرِيَ الْفُلْكُ فِيهِ بِأَمْرِهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (١٢)وَسَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا مِنْهُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (١٣)
Artinya :
12. Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan Mudah-mudahan kamu bersyukur.
13. dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.

Isi Kandungan QS. Al-Jatsiyah ayat 12-13:

QS. Al-Jatsiyah ayat 12-13 menjelaskan bahwa Allah telah menaklukkan samudera serta bumi, langit dan isinya sebagai tanda kekuasaanNya bagi orang-orang yang berpikir.

Berdasarkan ayat di atas, di antara sikap atau perilaku yang harus dimiliki pelajar dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
- Rajin membaca al-Quran disertai dengan terjemahnya agar dapat merenungkan maknanya
- Merenungkan tanda-tanda kekuasaan Allah yang ada di lingkungan sekitar, disertai dengan lantunan tasbih dan tahmid kepada Allah
- Mensyukuri nikmat yang dianugerahkan Allah kepada orang tua serta tidak banyak menuntut fasilitas yang mewah kepadanya 

Tajwid QS. Al-Jatsiyah ayat 12-13

Pahami baik-baik hukum bacaan Tajwid QS. Al-Jatsiyah ayat 12-13 berikut ini sehingga akan mempermudah memahami bacaan tajwid yang ada pada ayat-ayat selanjutnya!


No


Lafal

Hukum Bacaan

Alasan
1
اللَّهُ
Lam jalalah dibaca tebal (Tafkhim)
Lam jalalah adalah huruf lam yang ada pada lafal Allah
-          Lam Jalalah dibaca tebal (tafkhim) jika sebelum lafal Allah berharakat fathah atau dhammah
-          Lam jalalah dibaca tipis (tarqiq) jika sebelum lafal Allah berharakat kasroh
2
الَّذِي
Idhar Qamariyah (Alif lam Qamariyah)
Al-nya terbaca jelas
3
الْبَحْرَ
Idhar Qamariyah (Alif lam Qamariyah)
Al-nya terbaca jelas
4
لِتَجْرِيَ
Qalqalah sughra
Ada huruf jim sukun/mati di tengah
5
فِيهِ
Mad Thabi’i
Ada huruf hijaiyyah berharakat kasrah bertemu huruf mad (ya) sukun
6
مِنْ فَضْلِهِ
Ikhfa haqiqi
Ada nun sukun bertemu dhahd
7
وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Idhar syafawi
Ada mim sukun bertemu huruf ta (selain mim dan ba)
8
تَشْكُرُونَ
Mad ‘Aridh Lissukun
Ada mad thobi'i bertemu dengan huruf hidup dalam satu kalimat dan dibaca waqof (berhenti).

9
وَسَخَّرَ لَكُمْ مَا
Idham mimi/idgham mislain
Ada mim sukun bertemu mim
10
السَّمَاوَاتِ
Idham syamsiyyah (Alif lam syamsiyah)
Al-nya tidak terbaca jelas atau lebur
11
جَمِيعًا مِنْهُ
Idgham bighunnah
Ada fathatain bertemu mim
12
مِنْهُ
Idhar halqi
Ada nun sukun bertemu huruf HA
13
إِنَّ
Ghunnah
Ada nun tasydid/syiddah

B. QS. Al-Ankabut (29) ayat 44

خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ بِالْحَقِّ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya:
"Allah menciptakan langit dan bumi dengan hak. Sungguh, pada yang demikian itu pasti terdapat tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi orang-orang yang beriman". (QS. Al-Ankabut ayat 44)

Isi Kandungan QS. Al-Ankabut (29) ayat 44

Allah telah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan agar manusia  beribadah kepadaNya, tidak ada cipataannya yang sia-sia, seluruh ciptaanya pastilah bermanfaat. Kesemuanya ini menjadi tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman.

Tajwid QS. Al-Ankabut (29) ayat 44



No


Lafal

Hukum Bacaan

Alasan
1
وَالأرْضَ
Idhar Qamariyah (Alif lam Qamariyah)
Al-nya terbaca jelas
2
بِالْحَقِّ
Tasydid ashli
Terdapat tanda syiddah pada huruf qaf
2
لآيَةً لِلْمُؤْمِنِينَ
Idgham bilaghunnah
Ada fathatain bertemu huruf lam

Hukum tajwid lainnya bisa dilihat pada QS. Al-Jatsiyah ayat 12-13 di atas

C. QS. Ar-Rum (30) ayat 8

أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوا فِي أَنْفُسِهِمْ ۗ مَا خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُسَمًّى ۗ وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ بِلِقَاءِ رَبِّهِمْ لَكَافِرُونَ

Artinya:
"Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka?, Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya."

Isi Kandungan QS. Ar-Rum (30) ayat 8

QS. Ar-Rum ayat 8 menjelaskan bahwa pada diri manusia dan penciptaan langit dan bumi merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah dengan tujuan agar manuisa beribadah kepadaNya. Kehidupan dunia pada saatnya akan berakhir dan seluruh manusia akan mempertanggungjawabkannya, meskipun banyak yang ingkar penuh kesombongan

D. QS. As-Sajdah (32) ayat 4


ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ ٱسْتَوَىٰ عَلَى ٱلْعَرْشِ مَا لَكُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَلِىٍّ وَلَا شَفِيعٍ أَفَلَا تَتَذَكَّرُونَ

Artinya:
"Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari pada-Nya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?"

Isi Kandungan QS. As-Sajdah (32) ayat 4

QS. As-Sajdah (32) ayat 4 menjelaskan bahwa Allah telah menciptakan langit dan bumi serta segala hal yang ada di antara keduanya dalam 6 hari, kemudian bersemayam di atas 'arsy. Dia-lah Dzat Yang Maha Kuasa yang pantas untuk dimintai pertolongan dan perlindungan

Hadits riwayat Al-Bukhari tentang Penciptaan Alam Semesta

Rasulullah saw :

كَانَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ شَيْءٌ غَيْرُهُ وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ وَكَتَبَ فِي الذِّكْرِ كُلَّ شَيْءٍ وَخَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ

Artinya:
"Dialah Allah yang- pada waktu itu -  tidak ada sesuatupun selain Dia, sedangkan 'arsy-Nya di atas air, lalu Dia menulis di dalam adz-Dzikir segala sesuatu (yang akan terjadi,) lalu Dia menciptakan langit dan bumi". (HR. Bukhari, no : 2953)

Hadits riwayat Al-Bukhari menjelaskan bahwa Allah ada tanpa bermula dari tidak ada, berbeda dengan makhluk yang ada karena tercipta diawali dari ketiadaan. Allah yang bersemayam di atas 'arsy yang telah menciptakan langit dan bumi.

Contoh Soal Materi Tanda Kekuasaan Allah Dalam Penciptaan Alam Semesta





Posting Komentar untuk "Tanda Kekuasaan Allah Dalam Penciptaan Alam Semesta (Al-Quran Hadits kelas XI Semester 1)"

Memuat...
close