Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Ciri Khas Al-Quran

Pengertian dan Ciri Khas Al-Quran

Berikut ini adalah soal jawab tentang pengertian Al-Quran dan ciri khas Al-Quran. Apa itu Al-Quran dan apa ciri khasnya? Silahkan dibaca dan dipahami soal jawab berikut ini, semoga bermanfaat.


1. Jelaskan pengertian al-Quran secara bahasa dan istilah!
Jawab:
- Secara bahasa (etimologi) al-Quran bentuk mashdar dari kata qa-ra-a (قرأ) sewazan dengan fu'lan (فعلان). Al-Quran bisa memiliki pengertian quran (قرآن) artinya bacaan dan maqru (مقروء) artinya apa yang tertulis padanya.
- Secara istilah (terminologi) artinya kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan bahasa Arab, dinukil (sampai) kepada kita secara mutawatir, tertulis di dalam mushaf-mushaf, bagi yang membacanya dinilai sebagai ibadah, dimulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Nas.

2. Sebutkan ciri-ciri khas Al-Quran!
Jawab:
Ciri-ciri khas al-Quran adalah sebagai berikut:
A. Al-Quran merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Kalam Allah yang tidak diturunkan kepada nabi Muhammad tidak dinamakan al-Quran (seperti Zabur, Taurat, dan Injil). Apalagi yang bukan kalam Allah, tentu bukan Al-Quran

B. Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab Quraisy (lihat QS. As-Syu'ara, 26: 192-195, QS. Yusuf, 12: 2, QS. Az-Zumar, 39: 28, QS. An-Nahl, 16: 103, dan QS. Ibrahim, 14: 4). Maka tafsir dan terjemah al-Quran tidak dinamakan al-Quran, tidak sah shalat dengan membaca tafsir atau terjemah Al-Quran.

C. Al-Quran dinukilkan (diriwayatkan) kepada generasi sesudahnya secara mutawatir. Mutawatir artinya dituturkan (diriwayatkan) oleh orang banyak kepada orang banyak sampai sekarang. Jadi dengan cara tersebut mustahil para penerimanya bersepakat untuk berdusta. Al-Quran terjamin dan terpelihara kemurniannya (lihat QS. Al-Hijr, 15: 9)

D. Membaca setiap huruf dalam Al-Quran mendapat pahala dari Allah (HR. At-Tirmidzi dan al-Hakim)

E. Al-Quran dimulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas. Tertib urutan surat tersebut disusun sesuai dengan petunjuk Allah melalui malaikat Jibril. Jadi tidak boleh diubah dan diganti tata letak (tertib urutannya)

3. Surat apa yang pertama kali diturunkan dan yang terakhir diturunkan?
Jawab:
- Yang pertama kali diturunkan adalah surat Al-'Alaq (iqra) ayat 1-5
- Yang terakhir kali diturunkan adalah QS. Al-Maidah ayat 3

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Ciri Khas Al-Quran"

Memuat...
close