Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina, Segini Gajinya. Bikin Ngiler!

Sekolahmuonline - Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina, Segini Gajinya. Bikin Ngiler! Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menunjuk Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Ahok bakal menggantikan jabatan Tanri Abeng.
Jabatan Komisaris Utama Pertamina yang dipercayakan kepada BTP atau Ahok adalah posisi strategis karena menjadi perwakilan Kementerian BUMN.
Tugasnya Ahok nanti adalah pengawasan. Ahok diharapkan bisa mengawasi direksi untuk percepatan kinerja Pertamina. Selain pengawasan, Ahok akan diberikan tugas untuk menahan laju impor minyak dan gas, mengawal pembangunan kilang, dan melakukan negosiasi dengan raksasa minyak asal Arab Saudi, Saudi Aramco.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi Komisaris Utama Pertamina akan didampingi oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris Utama.

Pemerintah juga menunjuk Emma Sri Martini yang merupakan Dirut Telkomsel menjadi Direktur Keuangan Pertamina yang baru. 

Berapa Gaji Komisaris Utama Pertamina?

Dikutip dari laporan tahunan Pertamina 2018, honorarium yang diterima oleh komisaris utama besarannya adalah 45% dari gaji direktur utama Pertamina.

Sebagai Komisaris Utama (Komut) Pertamina yang pada 2018 mengelola aset hingga US$64,72 miliar, Ahok akan menerima gaji dan sejumlah tunjangan lainnya.

Selain itu, jabatan komisaris di Pertamina menerima fasilitas di antaranya tunjangan hari raya, tunjangan transportasi, dan asuransi purna jabatan.

Selain itu, komisaris juga menerima fasilitas kesehatan dan fasilitas bantuan hukum.

Lantas berapa kira-kira gaji dan tunjangan yang bakal diterima Ahok?

Dikutip dari laporan tahunan Pertamina 2018, kompensasi manajemen kunci dan dewan komisaris yang dibayarkan oleh perseroan senilai US$47,27 juta hingga 31 Desember 2018. Jika dikonversi dengan asumsi kurs Rp14.000 per dolar, nilai itu sekitar Rp661,82 miliar.

Hingga akhir tahun lalu, jumlah direksi dan komisaris Pertamina jumlahnya sebanyak 19 orang yang terdiri dari 11 direksi dan 8 komisaris.

Jika nilai kompensasi itu dibagi rata, setiap direksi dan komisaris Pertamina menerima sedikitnya Rp34,83 miliar per tahun.

Jadi berapa gaji Ahok per bulan sebagai Komisaris Utama Pertamina? Tinggal Anda bagi sendiri, Rp34,83 miliar dibagi 12 bulan. Berapa milyar? Silahkan hitung sendiri. Selamat menghitung gaji Ahok!

Posting Komentar untuk "Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina, Segini Gajinya. Bikin Ngiler!"

close