Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Biologi Kelas X Bab Pengaruh Aktivitas Manusia terhadap Perubahan dan Pencemaran Lingkungan

Rangkuman Biologi Kelas X Bab Pengaruh Aktivitas Manusia terhadap Perubahan dan Pencemaran Lingkungan (Biologi Kelas 11 SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda rangkuman mata pelajaran Biologi kelas XI SMA dan MA. Kali ini kami sajikan rangkuman Biologi kelas 10 Bab tentang Pengaruh Aktivitas Manusia terhadap Perubahan dan Pencemaran Lingkungan.
Rangkuman Biologi Kelas X, Rangkuman Biologi Kelas X SMA, Rangkuman Biologi Kelas X MA, Rangkuman Biologi Kelas X SMA dan MA, Rangkuman Biologi Kelas 10 SMA, Rangkuman Biologi Kelas 10 MA, Rangkuman Biologi Kelas 10 SMA dan MA

Semoga dengan rangkuman mapel Biologi ini membantu memudahkan dan menguatkan ingatan serta dapat merefresh kembali materi-materi yang sudah terlewatkan atau bahkan terlupakan. Selamat membaca dan mempelajarinya.

1. Rangkuman Point 1

a. Keseimbangan lingkungan merupakan keadaan ketika terjadi keseimbangan antara jumlah energi yang masuk dan keluar, bahan makanan yang terbentuk dan yang digunakan, serta terjadi keseimbangan antara komponen abiotik dan komponen biotiknya.
Keseimbangan lingkungan akan terganggu jika terjadi gangguan pada salah satu komponen tersebut.

b. Dalam suatu sistem lingkungan terdapat dua daya, yaitu daya lenting dan daya dukung.

c. Daya lenting adalah kemampuan lingkungan untuk kembali kepada keseimbangan lingkungan.

d. Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan dalam memberikan sumber daya alam kepada makhluk hidup yang hidup di dalamnya secara normal.

2. Rangkuman Point 2

a. Perubahan lingkungan dapat mengarah pada keseimbangan lingkungan atau mengarah pada kerusakan lingkungan.

b. Faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan dapat berasal dari alam dan manusia.

3. 
a. Pencemaran lingkungan (polusi) adalah masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup di dalamnya.

b. Polutan adalah zat yang dapat mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup.

c. Polutan dapat berupa zat kimia, debu, suara, radiasi, atau panas yang masuk ke dalam lingkungan. Polutan dapat bersifat sebagai racun, kuman penyakit, mudah larut, dan sebagai radioaktif.

d. Berdasarkan lingkungan yang tercemar, pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu pencemaran air, tanah, udara, dan suara.

e. Pencemaran air adalah masuknya polutan ke dalam air atau berubahnya tatanan air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai pada tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi lagi sesuai peruntukannya (PP RI No. 82 tahun 2001).

f. Sumber utama pencemaran air adalah infection agent, zat-zat pengikat oksigen, sedimen, nutrisi atau unsur hara, pencemar anorganik, zat kimia organik, energi panas, dan zat radio aktif.

g. Dampak pencemaran air adalah adanya penurunan kualitas air, gangguan kesehatan, mengganggu pemandangan, dan mempercepat kerusakan benda.

h. Pengolahan air limbah dapat dilakukan secara alami dan bantuan alat.

i. Pencemaran udara adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke udara oleh kegiatan manusia atau proses alam sehingga terjadi penurunan kualitas udara sampai tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

j. Pencemaran udara ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan, harta benda, ekosistem, dan iklim.

k. Polutan udara adalah CO, CO2, NO, SO, CFC, dan HO.

l. Dampak pencemaran udara dapat dikendalikan dengan alat filter udara, pengendap siklon, pengendap sistem gravitasi, pengendap elektrostatik, dan filter basah.

m. Pencemaran tanah merupakan pencemaran yang disebabkan oleh masuknya polutan yang berupa zat cair atau zat padat ke dalam tanah.

n. Pencemaran suara (kebisingan) adalah bunyi yang tidak diinginkan dari suatu usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan.

o. Sumber pencemaran adalah suara kendaraan bermotor, suara pesawat, mesin pabrik, suara arus lalu lintas, dan lain-lain.

p. Limbah padat adalah segala sesuatu yang tidak terpakai dan berbentuk padat atau setengah padat.

q. Limbah padat dapat berupa campuran berbagai bahan, baik yang tidak berbahaya (sisa makanan) maupun yang berbahaya (limbah bahan berbahaya dan beracun dari industri).

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas X Bab Pengaruh Aktivitas Manusia terhadap Perubahan dan Pencemaran Lingkungan"

close