Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad ~ sekolahmuonline.comPembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas X. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad.
Rangkuman PAIBP Kelas X Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad


Dengan mempelajari Bab 3 ini, harapannya semoga wawasan keislaman kita semakin bertambah. Kita menjadi bertambah dan mengetahui Wawasan Keislaman tentang:
1. Menghindari Sifat Hidup Berfoya-Foya
2. Menghindari Sifat Riya’ dan Sum’ah
3. Menghindari Sifat Takabbur
4. Menghindari Sifat Hasad

Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 3 ini Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas X SMA/SMK. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Rangkuman PAIBP Kelas X Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad


1. Harta merupakan cobaan bagi pemiliknya, jika harta digunakan dengan baik maka harta bisa bermanfaat baginya, sebaliknya kalau harta dikelola secara salah maka akan mencelakakannya.

2. Islam melarang perilaku berlebih-lebihan atau melampaui batas (israf), boros (tabzir) dalam membelanjakan harta, pamer (riya’), sum’ah, sombong (takabur), dan dengki (hasad).

3. Tabzir (boros) adalah perilaku membelanjakan harta tidak pada jalannya atau mengeluarkan harta tidak haq

4. Seseorang disebut berperilaku israf apabila ia membelanjakan harta melewati batas kepatutan menurut ajaran Islam, dan tidak ada nilai manfaatnya untuk kepentingan dunia maupun akhirat.

5. Riya’ yaitu melakukan dan memperlihatkan amal ibadah dengan niat supaya mendapat pujian atau penghargaan dari orang lain.

6. Sum’ah yaitu memberitahukan atau memperdengarkan amal ibadah yang dilakukan kepada orang lain agar dirinya mendapat pujian atau sanjungan.

7. Takabur adalah sikap seseorang yang menunjukkan sifat sombong atau merasa lebih kuat, lebih hebat dibanding orang lain.

8. Hasad adalah sifat seseorang yang merasa tidak senang terhadap kebahagiaan orang lain karena memperoleh suatu nikmat dan berusaha menghilangkan nikmat tersebut.

9. Syarat diterimanya amal ada tiga:
   (1). Beramal dengan landasan ilmu, 
   (2). Berniat ikhlas karena Allah Swt., 
   (3). Melakukan dengan sabar dan ikhlas.

10. Benteng amal itu ada tiga, yaitu: 
   (1). Merasa bahwa hidayah itu datangnya dari Allah Swt., 
   (2). Berniat meraih ridha Allah Swt. agar dapat mengalahkan hawa nafsu, 
   (3). Berharap pahala dari Allah Swt. dengan menghilangkan riya’ dan sum’ah.

11. Sifat hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, hasad dapat dihindari dengan menerapkan sifat rendah hati (tawadhu’).

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal dan Rangkuman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 SMA/SMK semua Bab silahkan baca dan pelajari pada postingan-postingan di bawah ini (Klik/Tekan/Pencet judul yang diinginkan):

Soal PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka dan Jawabannya:
Rangkuman PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 10 Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad ~ sekolahmuonline.com"

close