Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Essay IPS Kelas IX SMP/MTs Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi (IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Contoh Soal Essay IPS Kelas IX SMP/MTs Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi (IPS Kelas 9 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting untuk Anda contoh soal Essay dan pembahasannya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk kelas 9 SMP/MTs dan Jawabannya. Bagi Anda yang duduk di kelas 9 SMP/MTs atau siapa saja yang sedang mencari contoh soal IPS kelas 9 kurikulum 2013, contoh-contoh soal berikut dapat dijadikan referensi.
IPS kelas IX, IPS Kelas 9, IPS Kelas IX SMP dan MTs, Contoh Soal Essay IPS Kelas IX dan Jawabannya, Contoh Soal Essay IPS Kelas IX SMP/MTs Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Contoh soal kali ini membahas Bab II yaitu tentang Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi. Silahkan dipelajari dan dibaca, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar! 

1. Apa yang dimaksud dengan perubahan sosial budaya?

Jawaban:
Perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi di masyarakat.
Atau bisa juga diartikan sebagai perubahan yang mencakup pada unsur-unsur kebudayaan baik yang bersifat materiil maupun yang bersifat nonmaterial (immaterial)

2. Apakah kecepatan perubahan sosial budaya setiap masyarakat itu sama?

Jawaban:
Kecepatan perubahan sosial budaya setiap masyarakat berbeda-beda tergantung dari terbuka atau tidaknya suatu masyarakat. Masyarakat industri akan mengalami perubahan sosial budaya lebih cepat dibandingkan perubahan pada masyarakat agraris. Perubahan dapat terjadi pada hal-hal yang bersifat tradisional menjadi modern

3. Apa yang dimaksud dengan modernisasi? Mencakup apa saja modernisasi tersebut?

Jawaban:
Menurut Koentjaraningrat (1985), modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang. 
Modernisasi mencakup sistem nilai, cara berpikir, berperasaan dan bertindak, serta teknologi yang sesuai dengan kondisi zaman sekarang.

4. Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Jawaban:
Menurut Selo Soemardjan (1962) globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama secara cepat. Globalisasi melanda berbagai bidang baik bidang IPTEK, ekonomi, transportasi, politik ataupun budaya.

5. Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan alat-alat. Jelaskan perubahan apa yang terjadi pada hal-hal tersebut? 

Jawaban:
Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan alat-alat.
- Dalam cara berpikir masyarakat juga mengalami perubahan, misalnya perubahan dari berpikir magis ke rasional (menerima segala sesuatu secara objektif dengan menggunakan pikiran yang rasional). 
- Perilaku dari hidup berpindah-pindah memiliki ketergantungan kepada keberadaan sumber makanan berubah menjadi hidup menetap dan berusaha menanam dan memproduk makanan dan kebutuhan lainnya
- Perubahan dalam penggunaan alat dari tradisional ke alat yang lebih modern.

6. Jelaskan hubungan antara perubahan sosial dan perubahan budaya!

Jawaban:
Kingsley Davis dalam Soerjono Soekanto (2014) mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup hal-hal seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat. Menurutnya perubahan sosial sebagai perubahan pada sistem sosial, struktur, dan fungsi masyarakat.

7. Apa saja yang termasuk perubahan sosial dan perubahan budaya?

Jawaban:
Perubahan sosial misalnya perubahan perilaku remaja, perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, perubahan pada peran perempuan dan laki-laki serta masih banyak perubahan lainnya.
Budaya dapat diartikan sebagai hasil cipta rasa karsa manusia. Hal-hal yang termasuk dalam perubahan budaya diantaranya adalah perubahan pada alat transportasi, alat komunikasi, serta perubahan pada bidang budaya lainnya.

8. Perubahan sosial yang terjadi mempunyai kecepatan atau waktu yang berbeda-beda antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lain. Jelaskan mengapa kecepatan perubahan sosial budaya pada masyarakat tradisional lebih lambat dibandingkan dengan masyarakat modern?

Jawaban:
Pada masyarakat tradisional tentunya kecepatan perubahan sosial budayanya akan lebih lambat dibandingkan dengan masyarakat modern.
Hal tersebut dikarenakan masyarakat modern lebih terbuka dan heterogen dibandingkan dengan masyarakat tradisional.

9. Jelaskan tentang perubahan sosial lambat atau evolusi! Berikan contohnya!

Jawaban:
Perubahan sosial lambat dikenal juga dengan evolusi. Perubahan sosial lambat atau evolusi merupakan perubahan sosial yang memerlukan waktu lama dan diikuti oleh rentetan perubahan kecil yang terjadi secara lambat. 

Perubahan sosial pada masyarakat tradisional dapat dikategorikan mengalami perubahan lambat ini. Dalam masyarakat tradisional perubahan yang terjadi kecil dan cukup lama sehingga mereka seolah tampak tidak mengalami perubahan.

Contoh perubahan sosial lambat atau evolusi adalah perubahan kehidupan masyarakat primitif. 
Lamanya waktu yang diperlukan dalam perubahan mata pencaharian masyarakat dari masa berburu dan meramu, bercocok tanam dan beternak, 
masa pertanian, dan masa perundagian dapat dicontohkan untuk perubahan evolusi

10. Apakah yang dimaksud perubahan sosial budaya cepat atau revolusi?

Jawaban:
Revolusi adalah perubahan sosial yang berlangsung dalam waktu yang cepat dan hal-hal mendasar dalam masyarakat ikut mengalami perubahan.

11. Perubahan besar apa saja yang terjadi sebagai akibat dari revolusi industri?

Jawaban:
Perubahan besar terjadi di 
bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi. 
Revolusi industri dimulai di Britania Raya dan menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika, dan Jepang

12. Revolusi Inggris dianggap sebagai pelopor revolusi di negara lain. Akibat apa yang ditimbulkan dari adanya revolusi industri tersebut?

Jawaban:
Revolusi industri membawa akibat dalam berbagai bidang kehidupan bagi negaranya ataupun bagi negara lain, antara lain sebagai berikut:
a) Proses mekanisasi dalam usaha industri 
b) Perdagangan makin berkembang
c) Transportasi lancar
d) Berkembangnya urbanisasi
e) Terjadinya kesenjangan sosial

13. Apakah yang dimaksud dengan perubahan yang pengaruhnya kecil? Berikan contohnya!

Jawaban:
Perubahan yang pengaruhnya kecil merupakan perubahan yang tidak membawa perubahan pada unsur struktur sosial masyarakat. Perubahan yang pengaruhnya kecil artinya perubahan tersebut hanya dianut oleh sebagian kecil orang yang menyukainya saja sehingga perubahan ini tidak membawa pengaruh berarti bagi sebagian besar masyarakat.
Contoh: perubahan model rambut

14. Apakah yang dimaksud dengan perubahan yang pengaruhnya besar? Berikan contohnya!

Jawaban:
Perubahan yang pengaruhnya besar adalah perubahan yang membawa perubahan dalam sendi-sendi kehidupan dalam suatu masyarakat. 
Contohnya: revolusi industri/ Industrialisasi

15. Seberapa besar pengaruh proses industrialisasi? Di manakah kita dapat menemukan proses industrialisasi?

Jawaban:
Industrialisasi membawa pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan di masyarakat.Industrialisasi merupakan proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem mata pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.
Proses Industrialisasi dapat ditemukan dalam masyarakat kota ataupun masyarakat desa. Pembangunan pabrik-pabrik untuk kepentingan industri sebagai bagian dari proses industrialisasi

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal IPS Kelas IX SMP/MTs Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay IPS Kelas IX SMP/MTs Bab II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi (IPS Kelas 9 SMP/MTs)"

Memuat...
close