Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas X Bab Ekosistem (Biologi Kelas 10 SMA/MA)

Rangkuman Biologi Kelas X Bab Ekosistem (Biologi Kelas 10 SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda rangkuman mata pelajaran Biologi kelas X SMA dan MA. Kali ini kami sajikan rangkuman Biologi kelas 10 Bab tentang  Ekosistem.
Rangkuman Biologi Kelas X, Rangkuman Biologi Kelas X SMA, Rangkuman Biologi Kelas X MA, Rangkuman Biologi Kelas X SMA dan MA, Rangkuman Biologi Kelas 10 SMA, Rangkuman Biologi Kelas 10 MA, Rangkuman Biologi Kelas 10 SMA dan MA

Semoga dengan rangkuman mapel Biologi ini membantu memudahkan dan menguatkan ingatan serta dapat merefresh kembali materi-materi ylang sudah terlewatkan atau bahkan terlupakan. Selamat membaca dan mempelajarinya.

Rangkuman Biologi Bab Ekosistem Buku 1:

1. Interaksi atau hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang membentuk suatu sistem ekologi disebut dengan ekosistem.

2. Rangkuman Point kedua
a. Ekosistem tersusun dari komponen biotik dan komponen abiotik.
b. Komponen biotik adalah bagian ekosistem yang terdiri atas makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, ataupun makhluk hidup pengurai.
c. Komponen biotik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer (pengurai).
Produsen berfungsi sebagai penghasil makanan, konsumen sebagai pemakan, dan dekomposer menjadi pengurainya.

d. Satuan makhluk hidup dalam satu ekosistem adalah individu, pupulasi, komunitas, dan biosfer. Sinar matahari sangat berperan terhadap kelangsungan hidup satuan-satuan ekosistem tersebut.

e. Berdasarkan sumber makanannya, makhluk hidup dari komponen biotik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu makhluk hidup autotrof dan makhluk hidup heterotrof.

3. Keseimbangan ekosistem harus selalu dijaga agar setiap makhluk hidup dapat melakukan aktivitas dengan baik.

4. Daur biogeokimia meliputi daur karbon, daur nitrogen, daur belerang, daur fosfor, dan daur hidrologik.

5. Rangkuman Point kelima

a. Saling ketergantungan antara komponen penyusun ekosistem tersebut terbagi menjadi saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik serta saling ketergantungan antarkomponen biotik. Saling ketergantungan antarkomponen biotik terbagi lagi menjadi saling ketergantungan antara makhluk hidup sejenis (interspesies) dan saling ketergantungan antara makhluk hidup yang berbeda jenis (antarspesies).

b. Saling ketegantungan antara produsen, konsumen, dan dekomposer terjadi dalam suatu ekosistem. Gejala ini terjadi pada peristiwa makan dan dimakan. Dari peristiwa ini, akan terbentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan.

c. Dalam suatu ekosistem, fotosintesis oleh tumbuhan hijau dan
pernapasan oleh makhluk hidup berperan penting dalam
penyediaan makanan bagi makhluk hidup.
d. Rantai makanan dan jaring-jaring makanan merupakan proses
pemindahan makanan dan energi ke dalam tubuh makhluk
hidup.
e. Bentuk interaksi antarmakhluk hidup berupa simbiosis, antibiosis,
predatorisme, dan kompetisi.
f. Bentuk interaksi simbiosis dibedakan menjadi simbiosis
mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

Rangkuman Biologi Bab Ekosistem Buku 2:

1. Ekosistem memiliki dua komponen yang sangat penting, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Kedua komponen tersebut di dalam ekosistem saling berinteraksi dan saling memengaruhi satu sama lain.

2. Ekosistem dapat dibedakan menjadi dua tipe. Dua tipe tersebut, yakni ekosistem darat dan ekosistem perairan. Kedua ekosistem tersebut memiliki ciri-ciri
masing-masing. Ciri-ciri tersebut memberikan karakter yang khas pada setiap tipe ekosistemnya.

3. Individu membentuk populasi. Kumpulan populasi dari spesies yang berbeda dan menempati suatu daerah tertentu disebut komunitas. Komunitas sebagai komponen biotik, bersama komponen abiotik membentuk suatu sistem, yakni ekosistem.

4. Predasi berupa interaksi pemangsa dan mangsa.
Kompetisi terjadi pada dua individu dengan kepentingan yang sama. Komensalisme hanya menguntungkan satu pihak saja. Mutualisme menguntungkan kedua belah pihak.

5. Ekosistem darat dibedakan berdasarkan vegetasi dominan menjadi bioma tundra, bioma taiga, bioma savana, bioma hutan hujan tropis, dan bioma hutan gugur. Ekosistem perairan dibedakan atas ekosistem air tawar dan ekosistem air laut.

6. Suksesi ekologi merupakan pembentukan komunitas menuju satu arah dan terjadi secara teratur.

7. Pada jaring makanan terjadi rantai makanan rantai makanan.

8. Daur biogeokimia dibedakan atas materi atau mineral anorganik yang terlibat menjadi daur air, daur karbon, daur nitrogen, dan daur fosfor.

9. Aktivitas manusia memengaruhi lingkungan.
Pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah merusak lingkungan.

10. Aktivitas manusia sering menghasilkan sisa buangan yang disebut limbah. Daur ulang merupakan salah satu cara menanggulangi limbah yang cukup efektif.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas X Bab Ekosistem (Biologi Kelas 10 SMA/MA)"

Memuat...
close