Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Komunikasi Daring - Pengertian Komunikasi Daring (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK)

Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Komunikasi Daring - Pengertian Komunikasi Daring (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK). Para pembaca Sekolahmuonline di manapun berada, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang belajar Simulasi Digital pada jurusan Multimedia kelas X SMK/MAK, Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) beserta jawaban atau pembahasannya. Pada contoh soal Simulasi Digital kali ini kita akan membahas soal-soal yang berkaitan dengan komunikasi daring.
Simulasi Digital, Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK/MAK

Lewat pembahasan soal-soal tentang komunikasi daring berikut, maka adik-adik yang sedang belajar Simulasi Digital di kelas X SMK/MAK jurusan Multimedia akan mengetahui apa pengertian komunikasi, fungsi komunikasi, jenis-jenis komunikasi berdasarkan penyampaiannya, pengertian komunikasi daring, kelebihan dan kekurangan komunikasi daring, jenis-jenis komunikasi daring, dan komponen-komponen yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring. Selamat membaca dan selamat belajar, semoga bermanfaat.

Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Komunikasi Daring - Pengertian Komunikasi Daring

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli!

Jawaban:
Pengertian komunikasi menurut para ahli diantaranya:
- Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan

- Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain
- komunikasi adalah pentransferan makna di antara anggota kelompok. Lewat pentrasferan makna, informasi dan gagasan dapat dihantarkan

===
Atau komunikasi sesuai perkembangan zaman secara umum bisa didefinisikan sebagai berikut:
Komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara verbal atau lisan (menggunakan suara), tertulis (menggunakan barang cetak atau media digital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkata atau nonverbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat (gesture), serta tekanan atau tinggi nada suara.

2. Apa fungsi dari komunikasi?

Jawaban:

Beberapa fungsi dari komunikasi antara lain sebagai berikut.
- Sebagai informasi: komunikasi membantu proses penyampaian informasi 
yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
- Sebagai kendali: komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
- Sebagai motivasi: komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki  kinerja jika itu di bawah standar.
- Sebagai pengungkapan emosional: bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.

3. Jelaskan jenis-jenis komunikasi!

Jawaban:

Ada 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi:
a. Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
b. Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.

4. Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang komunikasi daring!

Jawaban:

Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

5. Apakah kelebihan dari komunikasi daring bila dibandingkan dengan komunikasi konvensional?

Jawaban:

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut:
- Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang 
mencukupi.
- Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka,  dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.
- Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
- Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
-  Meningkatkanintensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
- Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

6. Disamping memiliki keunggulan, komunikasi daring juga ada sisi kelemahannya. Apa kelemahan dari komunikasi daring?

Jawaban:

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut:
- Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
- Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
- Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
- Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

7. Terdapat 2 jenis komunikasi daring, yaitu sinkron dan asinkron. Jelaskan pengertian komunikasi dari sinkron beserta contohnya!

Jawaban:

Komunikasi daring sinkron atau komunikasi daring serempak adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut: 
- Text chat
Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan Internet).
Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

- Video chat
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti WhatsApp video call, dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak) seperti dalam Google Meet, ZoomGoogle+ Hangouts. (Google+ kini sudah dihapus oleh Google).

Videochatting sering disalahartikan dengan video conference. Videochatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).

8. Apa yang kamu ketahui tentang Komunikasi daring asinkron (tak serempak)?

Jawaban:

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

9. Sebutkan dan jelaskan komponen apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring!

Jawaban:

Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut. 
- Komponen perangkat keras (hardware) 
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet.

Komponen perangkat lunak (software)
Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: skype, google meet, zoom, webconference, dll.
- Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)
Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

10. Komunikasi yang hanya dipahami oleh salah satu pihak apakah dinamakan komunikasi?

Jawaban:

Tidak! Kenapa hayooo???

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Komunikasi Daring - Pengertian Komunikasi Daring (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Komunikasi Daring - Pengertian Komunikasi Daring (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK)"

close