Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Pengetahuan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) - Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK)

Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Pengetahuan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) - Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK)Para pembaca Sekolahmuonline di manapun berada, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang belajar Simulasi Digital pada jurusan Multimedia kelas X SMK/MAK, Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) beserta jawaban atau pembahasannya. Pada contoh soal Simulasi Digital kali ini kita akan membahas soal-soal yang berkaitan dengan Komunikasi Daring Asinkron.
Simulasi Digital, Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK/MAK, Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Pengetahuan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) - Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK)

Lewat pembahasan soal-soal tentang Komunikasi Daring Asinkron berikut, maka adik-adik yang sedang belajar Simulasi Digital di kelas X SMK/MAK jurusan Multimedia akan mengetahui apa pengertian komunikasi daring asinkron, menjelaskan bentuk komunikasi daring asinkron, mampu membuat akun email dan menggunakan e-mail, menerapkan tata krama dalam komunikasi asinkron. Selamat membaca dan selamat belajar, semoga bermanfaat.

Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Pengetahuan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) - Melaksanakan Komunikasi DaringAsinkron

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian komunikasi daring asinkron!

Jawaban:
Komunikasi daring asinkron atau komunikasi daring tak serempak adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara tunda.

2. Sebutkan jenis-jenis komunikasi daring asinkron!

Jawaban:
Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website.

3. Apakah kamu memiliki e-mail? Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang e-mail!

Jawaban:
E-mail adalah singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik (disingkat surel).
Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan Internet.

4. Apa Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa?

Jawaban:
Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa diantaranya adalah sebagai berikut:
- e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat
- e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
- Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet

5. Jika dilihat dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar. Jelaskan pengertian dari keduanya beserta contohnya!

Jawaban:
- E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. 
Contoh E-mail Gratis adalah : Yahoo! mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.

- E-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. 
Contoh: Gmail berbayar (G Suite), yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya.

6. Salah satu penyedia layanan email tidak berbayar adalah Gmail produk Google. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Fasilitas apa saja yang dimiliki oleh Gmail?

Jawaban:
Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail, diantaranya: 
- Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah.
- Mempunyai fasilitas pencarian (search) untuk membantu proses pencarian 
- E-mail tertentu dalam penampungan e-mail Anda.
- Mendapatkan akses aplikasi Google lainnya (Google menerapkan satu akun google bisa digunakan untuk mengakses produk-produk Google lainnya)

7. Apakah yang dimaksud dengan CC, BCC, Subject, Spam pada E-mail, dan menu berbintang?

Jawaban:

- Carbon Copy (CC): digunakan ketika Anda ingin orang lain yang bukan tujuan utama pengiriman e-mail untuk ikut membaca isi e-mail

- Blind Carbon Copy (BCC): memiliki fungsi yang sama dengan CC, namun penerima e-mail Anda yang lainnya tidak dapat melihat daftar penerima BCC.

- Subject: judul pesan ketika akan mengirim surat elektronik/file via email

- Spam:  berisi pesan yang tidak diinginkan/pesan yang dinggap berbahaya

- Menu “Berbintang” digunakan untuk memberi status khusus pada pesan agar mudah ditemukan. Fitur ini biasanya digunakan untuk menandai e-mail yang penting. 

8. Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menuliskan informasi atau pesan menggunakan e-mail!

Jawaban:

Beberapa contoh tatakrama (etiket) dalam menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut:
a. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.
b. Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan huruf kapital. Dalam tata krama korespondensi elektronik, penulisan seluruh kalimat menggunakan huruf kapital dapat memberi kesan sedang berteriak/marah.
c. Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.
d. Kejelasan penulisan subjek,gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail Anda.
e. Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail Anda. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut.
f. Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
g. Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.

Tugas khusus:
Jika Anda belum memiliki email "Gmail", agar lebih gamblang dalam memahami pembahasan contoh-contoh soal di atas, bukalah Google kemudian buatlah akun Gmail.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Pembahasan Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Pengetahuan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) - Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Simulasi Digital Kelas X Bab Menerapkan Pengetahuan Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) - Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron (Simulasi Digital Kelas X SMK/MAK)"

Memuat...
close