Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK/MAK dan Jawaban atau Pembahasannya

Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK/MAK dan Jawaban atau Pembahasannya. Para pembaca Sekolahmuonline di manapun berada, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang belajar Simulasi Digital pada jurusan Multimedia kelas X SMK/MAK, Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) beserta jawaban atau pembahasannya. Pada postingan kali ini kita akan membahas istilah-istilah yang ada dan kemungkinan besar akan ditemui dalam mata pelajaran Simulasi Digital.
Simulasi Digital, Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK/MAK

Harapan kami, dengan pembahasan soal-soal berikut, maka adik-adik yang sedang belajar Simulasi Digital di kelas X SMK/MAK jurusan Multimedia tidak akan merasa asing lagi dengan istilah yang dijumpai. Selamat membaca dan selamat belajar, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian komunikasi daring!

Jawaban:
Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). 

2. Jelaskan pengertian Real-time!

Jawaban:
Real-time adalah kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi.

3. Jelaskan pengertian Email!

Jawaban:
Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

4. Jelaskan pengertian Videophone! Apa fungsi dari Videophone tersebut?

Jawaban:
Videophone adalah telepon dengan layar video dan mampu menangkap video (gambar) sekaligus suara yang ditransmisikan. Fungsi telepon video sebagai alat komunikasi antara satu orang dengan orang yang lainnya secara real-time 

5. Jelaskan pengertian warga digital!

Jawaban:
Warga digital merupakan individu yang memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun komunitas, bekerja, dan berekreasi.

6. Jelaskan pengertian Cyber Law!

Jawaban:
Cyber Law adalah istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi. 
Istilah lain yang juga digunakan adalah hukum Teknologi Informasi (Law of Information Techonology) Hukum Dunia Maya (Virtual World Law) dan Hukum Mayantara.
Istilah-istilah tersebut lahir mengingat kegiatan internet dan pemanfaatan teknologi informasi berbasis virtual.
Sekarang orang lebih mengenal dan lebih familiar dengan istilah UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik)

7. Jelaskan pengertian E-Learning!

Jawaban:
E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

8. Apa yang kamu ketahui tentang Edmodo!

Jawaban:
Edmodo adalah salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks (SLNs) yang beredar di dunia internet.

9. Jelaskan pengertian Learning Management System (LMS)!

Jawaban:
Learning Management System (biasa disingkat LMS) adalah aplikasi perangkat  lunak untuk kegiatan ‘’online’’, program pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. 

10. Jelaskan pengertian presentasi video!

Jawaban:
Presentasi video adalah video untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, yang digunakan untuk memperkenalkan produk yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung atau memotong gambar dan menyataukannya menjadi kesatuan yang utuh.

11. Ketika belajar bahasa Indonesia tentu kamu pernah mendengar atau membaca istilah sinopsis. Jelaskan pengertian sinopsis!

Jawaban:
Sinopsis adalah suatu peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita singkat, ringkas, padat dan jelas, tanpa menghilangkan unsur-unsur pentingnya.
Dengan membaca sinopsis akan mendapatkan gambaran utuh dari sebuah cerita.

12. Jelaskan pengertian treatmen!

Jawaban:
Treatmen adalah langkah menyusun urutan adegan, sehingga adegan tersebut menjadi cerita yang menarik.

13. Ketika saling berkomentar di group WhatsApp kelas, temanmu atau kamu sendiri bisa jadi pernah minta agar file yang dikirim di group di screenshot atau dicapture karena HPmu tidak support untuk membaca suatu file.
Nah sekarang jelaskan pengertian capture atau screenshot tersebut!

Jawaban:
Capture/screenshot/screen capture atau screen dump adalah gambar yang diambil oleh komputer atau smartphone untuk melakukan record terhadap item yang ditampilkan oleh monitor atau visual output device yang lain.

14. Jelaskan pengertian editing!

Jawaban:
Editing atau menyunting adalah suatu proses dalam pekerjaan audio video ataupun redaksi yang sifatnya mempertimbangkan setiap materi publikasi secara substansial serta up grading teknis penyajian materi publikasi setelah melewati penilaian substansi dipandang layak untuk disiarkan.
Staf redaksi yang melakukan editing biasa disebut editor atau redaktur.

15. Jelaskan pengertian rendering!

Jawaban:
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer.
Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output (tampilan akhir pada model dan animasi).

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK/MAK dan Jawaban atau Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK/MAK dan Jawaban atau Pembahasannya"

Memuat...
close