Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebutkan dan jelaskan ketentuan orang yang menyembelih hewan di dalam Islam! (Soal PAIBP Kelas 9 SMP/MTs Bab Akikah dan Qurban)

Sebutkan dan jelaskan ketentuan orang yang menyembelih hewan di dalam Islam! (Soal PAIBP Kelas 9 SMP/MTs Bab Akikah dan Qurban). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX SMP dan MTs beserta jawaban atau pembahasannya. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Ketentuan Orang yang Menyembelih Hewan dalam Islam.
Syarat-syarat penyembelih hewan dalam Islam

Sebutkan dan jelaskan ketentuan orang yang menyembelih hewan di dalam Islam!



Jawaban/Pembahasan:

Ketentuan Penyembelihan dalam Islam


Penyembelihan hewan akan berlangsung apabila terdapat orang yang menyembelih, binatang yang akan disembelih, alat penyembelihan, dan prosesnya. 

Penyembelihan yang disyariatkan dalam ajaran Islam adalah yang masing-masing memenuhi ketentuan-ketentuan yang sudah ditentukan oleh syariat.

Ketentuan Orang yang Menyembelih Hewan


Ketentuan yang harus dipenuhi seorang penyembelih adalah:

a) Penyembelih beragama Islam
Hukum penyembelihan menjadi tidak sah jika dilakukan oleh orang kafir (ingkar kepada Allah Swt.), orang musyrik (menyekutukan Allah Swt.), maupun orang yang murtad (keluar dari agama Islam). 

b) Menyembelih dengan sengaja.
Seorang penyembelih harus dalam keadaan sadar dan sengaja menyembelih. 

c) Penyembelih baligh dan berakal.
Tidak sah sembelihan orang yang belum baligh dan orang yang akalnya tidak waras, misalnya gila.

d) Penyembelih membaca basmalah.
Selain membaca basmalah, penyembelih juga disunnahkan membaca salawat dan takbir tiga kali. 
Perhatikan sabda Rasulullah saw. berikut ini.

Artinya:
“Diriwayatkan dari Anas r.a katanya: Nabi saw. telah mengorbankan dua ekor kibas berwarna putih agak kehitam-hitaman dan bertanduk. Baginda menyembelih keduanya dengan tangan baginda sendiri sambil menyebut nama Allah, bertakbir, dan meletakkan kaki baginda di atas belikat keduanya”. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan contoh soal PAIBP tentang Ketentuan Orang yang Menyembelih Hewan dalam Islam. Semoga bermanfaat dan memudahkan Anda untuk belajar dimanapun dan kapanpun.

Sumber ulasan:
Buku PAIBP Kelas 9 SMP dan MTs

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan ketentuan orang yang menyembelih hewan di dalam Islam! (Soal PAIBP Kelas 9 SMP/MTs Bab Akikah dan Qurban)"

Memuat...