Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan pengertian nikah! (Soal PAIBP Kelas 12 SMA/MA/SMA/MAK)

Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 12 SMA/MA/SMA/MAK lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Contoh soal kali ini membahas tentang pengertian nikah.
Pengertian nikah


Apa arti nikah dari segi bahasa dan istilah. Apa pengertian nikah menurut Undang-undang Pernikahan RI (UUPRI) Nomor 1 Tahun 1974. Semuanya jawabannya akan Anda temukan pada pembahasan ini.


Jelaskan pengertian nikah!



Jawaban/Pembahasan:

Pengertian Pernikahan


Pengertian Nikah Secara Bahasa


Pengertian nikah bisa dilihat dari sisi bahasa (etimologi) dan istilah (terminologi)

Secara bahasa, arti “nikah” berarti “mengumpulkan, menggabungkan, atau menjodohkan”. 

Pengertian Nikah Secara Istilah


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ”nikah” diartikan sebagai “perjanjian antara laki-laki dan perempuan untuk bersuami istri (dengan resmi) atau “pernikahan”.

Menurut syari’ah, “nikah” berarti akad yang menghalalkan pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya yang menimbulkan hak dan kewajiban masing-masing.

Dalam Undang-undang Pernikahan RI (UUPRI) Nomor 1 Tahun 1974, definisi atau pengertian perkawinan atau pernikahan ialah “ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri, dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang berbahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Baca juga:
Demikian postingan Sekolahmuonline tentang pengertian nikah. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kepada para pembaca semuanya. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, karena "Sharing is caring", berbagi berarti Anda peduli.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian nikah! (Soal PAIBP Kelas 12 SMA/MA/SMA/MAK)"

Memuat...