Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan pengertian organisasi internasional! Apakah Indonesia terlibat dalam berbagai organisasi internasional?

Jelaskan pengertian organisasi internasional! Apakah Indonesia terlibat dalam berbagai organisasi internasional? Contoh Soal PPKn Kelas XI dan Jawabannya Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA).

Jawaban/Pembahasan:

Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Organisasi Internasional



Pengertian Organisasi Internasional


Organisasi internasional mempunyai berbagai macam corak. Ada yang bercorak politis, sosial, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

Apa sebenarnya organisasi internasional itu? 


Secara umum organisasi internasional dapat diartikan sebagai organisasi yang berkedudukan sebagai subjek hukum internasional dan mempunyai kapasitas untuk membuat perjanjian internasional. Karena merupakan subjek hukum internasional, organisasi internasional mempunyai hak dan kewajiban yang ditetapkan dalam konvensi-konvensi internasional.

Organisasi internasional pada umumnya beranggotakan negara-negara. Akan tetapi, meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan organisasi internasional terdiri dari berbagai badan hukum atau badan usaha, bergantung dari sifat organisasi tersebut. 

Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam organisasi Internasional?


Indonesia terlibat dalam berbagai organisasi internasional. Hal tersebut sebagai perwujudan dari komitmen bangsa Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia. 

Berikut ini diantara peran Indonesia dalam beberapa organisasi Internasional.
1. Peran Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
2. Peran Indonesia dalam ASEAN (Association of South East Asian Nation) Indonesia
3. Peran Serta Indonesia dalam Gerakan Non-Blok

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian organisasi internasional! Apakah Indonesia terlibat dalam berbagai organisasi internasional?"

Memuat...