Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum ISMUBA untuk Sekolah Muhammadiyah

Kurikulum ISMUBA untuk Sekolah Muhammadiyah - ISMUBA yang merupakan akronim dari Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab adalah mata pelajaran ciri khusus yang ada pada sekolah-sekolah Muhammadiyah. Mulai dari Pendidikan Al-Quran, Pendidikan Aqidah Akhlaq, Pendidikan Fiqh, Bahasa Arab dan Kemuhammadiyahan menjadi mata pelajaran ciri khas yang ada pada sekolah-sekolah dari jenjang tingat dasar hingga menengah bahkan tingkat perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Persyarikatan Muhammadiyah. Semuanya terangkum dalam istilah ISMUBA atau AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan).
Kurikulum ISMUBA


Pendidikan Muhammadiyah yang didirikan K.H Ahmad Dahlan pada tahun 1911 dalam bentuk lembaga pendidikan modern merupakan “sintesa” atas realitas adanya sistem pendidikan yang dikotomis. Pada saat itu terdapat pendidikan Islam dengan sistem pondok pesantren tradisional yang hanya mengajarkan pengetahuan agama saja, dan di sisi lain diselenggarakan sistem pendidikan modern ala kolonial yang sekuler. 

Melihat sistem pendidikan yang dikotomis itu, K.H. Ahmad Dahlan secara kreatif berijtihad membangun suatu sistem pendidikan Islam modern yang integratif-holistik, berupa sekolah umum yang mengintegrasikan ilmu-ilmu agama Islam, dan madrasah yang mengintegrasikan ilmu-ilmu umum.

Sistem pendidikan ini memiliki ciri utama, yaitu diajarkan ilmu agama Islam dan bahasa Arab, dan dalam perkembangannya diajarkan pula mata pelajaran kemuhammadiyahan. Ketiga mata pelajaran ini, yaitu Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab lazim disebut Ismuba bagi sekolah dan madrasah Muhammadiyah merupakan ciri khusus dan keunggulan. 

Sejak Awal berdirinya, Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah dirancang dengan sistem pendidikan Islam modern yang integratifholistik, sehingga menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan umum sesuai jenjangnya, dan agama Islam, Kemuhmammadiyahan serta bahasa Arab. Masyarakat menilai dan menaruh harapan besar kepada pendidikan Muhammadiyah justru karena adanya ciri khusus dan keunggulan tersebut.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan muhammadiyah dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta harapan masyarakat, maka pendidikan Ismuba di sekolah Muhammadiyah tersebut, dipandang perlu adanya pengembangan kurikulum Ismuba, yang mencakup konsep dan prinsipprinsip pembelajaran dan penilaian pendidikan Ismuba, standar kompetensi lulusan, standar isi, struktur kurikulum, dan beban belajar.

Akhirnya buku kurikulum ini diharapkan berfungsi untuk menjadi standar mutu pengelolaan pendidikan pada sekolah Muhammadiyah. Disamping itu, buku ini merupakan acuan operasional bagi kepala sekolah dan guru dalam menyusun dan mengelola kurikulum pada tingkat satuan pendidikan secara optimal, sekaligus menjadi acuan operasional bagi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah atau dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota dalam melakukan koordinasi dan supervisi penyusunan dan pengelolaan kurikulum di setiap satuan pendidikan. 

Untuk mendownload Kurikulum ISMUBA Sekolah-sekolah Muhammadiyah di berbagai jenjang dapat diunduh atau didownload pada tautan-tautan berikut ini:

Kurikulum Merdeka Belajar:

Download di sini Silabusnya (KLIK SAJA - Nanti terbuka di tab/jendela baru dalam link Google Drive): SILABUS ISMUBA KURIKULUM MERDEKA

Kurikulum 2013:

Posting Komentar untuk "Kurikulum ISMUBA untuk Sekolah Muhammadiyah"

close