Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab Konsumsi dan Investasi

Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab Konsumsi dan Investasi

1. Konsumsi merupakan pembelanjaan sebagian pendapatan, sementara bagian pendapatan yang tidak dibelanjakan disebut dengan tabungan.
Keynes menyatakan bahwa setiap peningkatan pendapatan akan menyebabkan perkembangan konsumsi dan tabungan.

2. Konsumsi adalah bagian pendapatan yang dibelanjakan untuk kebutuhan konsumsi. Tabungan adalah bagian pendapatan yang tidak dikomsumsi. Jadi, besarnya pendapatan akan sama dengan besarnya konsumsi ditambah dengan tabungan (Y = C + S ).

3. Fungsi konsumsi adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan di antara sifat konsumsi rumah tangga dalam perekonomian dan pendapatan nasional (atau pendapatan disposable) perekonomian tersebut.

4. Fungsi tabungan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan di antara tingkat tabungan rumah tangga dalam perekonomian dan pendapatan nasional (atau pendapatan disposable) perekonomian tersebut. Jadi, baik dalam hukum psikologi konsumsi dari Keynes dikemukakan, Setiap pertambahan pendapatan akan menyebabkan pertambahan konsumsi dan pertambahan tabungan (saving).

5. Investasi yang lazim disebut juga dengan istilah penanaman modal atau
pembentukan modal merupakan komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat. Tabungan dari sektor rumah tangga melalui institusi-intitusi keuangan akan mengalir ke sektor perusahaan. Apabila para pengusaha menggunakan uang tersebut untuk membeli barang-barang modal, pengeluaran tersebut dinamakan investasi. Dengan demikian, istilah investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan produksi yang akan menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian.

6. Investasi (penanaman atau pembentukan modal) juga merupakan komponen yang menentukan tingkat pengeluaran secara agregat.
Investasi bertujuan untuk menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa. Besarnya tingkat investasiditentukan oleh berbagai faktor

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab Konsumsi dan Investasi"

Memuat...