Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

🎒Rekomendasi Peralatan Pelajar yang Perlu Dimiliki

Rekomendasi Peralatan Pelajar yang Perlu Dimiliki. Setiap Warga Negara Indonesia berhak Mendapatkan Pendidikan yang layak, terjangkau, dan berkualitas.

Peralatan Pelajar yang  penting


Hal tersebut seiring dengan amanah konstitusi yang tertuang dalam UUD NRI Tahun1945 Pasal 31 ayat (1) dan (2). 

Pada Pasal 31 ayat 1 disebutkan “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan", dan ayat 2 disebutkan “ Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”.

Dan juga dalam UU No. 39 Tahun 1999 Tentang HAM Pasal (12) “Setiap orang berhak atas perlindungan bagi pengembangan pribadinya, untuk memperoleh pendidikan, mencerdaskan dirinya, dan meningkatkan kualitas hidupnya agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, bertanggung jawab, berakhlak mulia, bahagia, dan sejahtera sesuai dengan hak asasi manusia.” 

Agar belajar dapat maksimal, maka perlu diperhatikan alat-alat yang mendukung dalam belajar. Nah, berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan oleh pelajar agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar.

1. Buku

Buku menjadi alat wajib yang harus dimiliki oleh setiap pelajar. Buku dalam makna yang luas tentunya. Bisa berupa buku paket, modul, LKS, dan yang lainnya. 

2. Smartphone

Smartphone atau telepon pintar sekarang menjadi alat yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Sudah bukan zamannya lagi penggunaan handphone (telepon genggam) yang sekarang dikenal dengan Smartphone karena saking pintarnya tersebut dilarang dan dijauhkan dari pelajar.

Asal penggunaannya dapat diawasi dengan ketat dan tepat serta pelajar penggunanya dapat dipercaya banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui Smartphone.

Zaman yang serba digital kok Smartphone masih dilarang, sebenarnya sudah tidak pada tempatnya. Buku-buku dan modul materi pelajaran serta bacaan yang menunjang berjumlah ribuan bahkan jutaan bisa diakses oleh pelajar hanya lewat genggaman tangan. Makanya sebenarnya sudah ketinggalan zaman jika Smartphone dilarang digunakan.

Dan jika memang benar-benar dilarang (teasuk di sekolah kalian) tentunya pasti karena ada sesuatu hal yang memang harus diproteksi dan dicegah sejak dini. Diantaranya mungkin karena user atau pengguna belum bisa dipercaya. Khawatir terjadi hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Itu sebenarnya adalah teknis. Karena teknis, maka bisa dipikirkan solusi terbaiknya. Untuk kebaikan bersama dan pada tempat serta waktu yang tepat tentunya.

Nasehat Sekolahmuonline:

Jadilah pelajar yang amanah, bisa dipercaya. Jangan nodai kepercayaan orangtua dan guru dalam penggunaan Smartphone. Sekali orang tidak bisa dipercaya, sulit untuk mempercayainya lagi pada yang kedua kalinya dan seterusnya. Jadi noda kan? Maka waspadalah! Maka waspadalah! Maka waspadalah!

O ya, termasuk Smartphone tentunya alat-alat sejenisnya dan alat lain yang menunjang seperti laptop, komputer, dan lainnya.

3. Pulpen dan buku catatan

Dalam belajar secara manual pulpen dan buku catatan sangat penting. Orang bijak mengatakan "Ilmu itu ibarat binatang buruan, dan mencatat adalah tali pengikatnya". 

Maka alat tulis baik pulpen, pensil, dan sejenisnya serta buku catatan sangat diperlukan. Entah untuk meringkas, mengerjakan tugas, dan yang lainnya

4. Peralatan penunjang dalam menulis, mencatat, dan membaca

Alat-alat baca tulis seperti penghapus (stip), rautan, Tipe-X, stabilo, pembatas buku, dan yang sejenisnya sangat perlu disiapkan untuk membantu kelancaran pelajar dalam belajar. Tentu kalian sudah tahu fungsinya masing-masing.

5. Tas

Tas tentu sangat diperlukan untuk pelajar. Memang ada kantong keresek dan karung goni, tapi tentu dapat membuat down mental pelajar jika mereka dipaksa menggunakan dan membawanya ke sekolah untuk mengusung peralatan belajarnya. Ini bukan zaman kompeni yang karung goninya saja dibuat seragam atau pakaian.

Dan perlu diingat, tas tidak harus yang branded bermerek mahal. Asal cukup dan layak untuk bawa peralatan belajar, itu sudah cukup. Kamu pelajar yang sedang baca tulisan ini jangan jadi budak fashion style. Sesuaikan dengan kantong orang tuamu. Dan tidak usah banyak gaya. Uang masih minta!

6. Kendaraan

Kendaraan beragam jenisnnya. Ada pesawat, kapal, mobil, sepeda motor, sepeda onthel. 

Nah, yang mampu dan tidak berlebih-lebihan silahkan gunakan kendaraan yang tentunya sangat menunjang dalam kegiatan belajar.

Sepeda motor adalah alat transportasi yang umum merata digunakan pelajar ke sekolah. Padahal, jika dicek secara umur rata-rata belum usia 17 tahun dan belum ber-SIM.

Makanya wajar jika beberpa sekolah melarang siswanya membawa kendaraan bermotor ke sekolah. 

Solusinya? Banyak yang menggunakan sepeda. 

Tidak usah malu dan berkecil hati berangkat ke sekolah naik sepeda onthel. Sekarang bersepeda malah jadi gaya hidup. Banyak orang yang berangkat kerja, ngantor, bisnis, dan lainnya menggunakan sepeda onthel. Jadinya, ya gaya hidup sehat tentunya.

Bahkan, banyak sepeda merek terkenal yang harganya bisa melebihi motor-motor sport yang sering terkesan mewah di kalangan pelajar.

Tapi, ya tidak usah berlebihan dalam menggunakan sepeda onthel. Cukup sepeda onthel yang layak dan lancar dikayuh untuk berangkat belajar ke sekolah dan tempat belajar lainnya.

Jika lokasi belajar dekat, tentu cukup jalan kaki. Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada kita, dengan jalan kaki Insyaallah akan menyehatkan.

7. Yang ketujuh dan seterusnya bisa kalian list dan tambahkan. Bisa lewat kolom komentar, kedapan tulisan ini bisa diperbarui atau di-update lagi. Murah meriah bahkan gratis dan sehat, hanya orang goblok yang tidak mau.

Satu hal yang perlu diingat, sesuaikan kantong orang tua dan kantong kalian. Jangan memaksa untuk membelikan barang-barang yang diluar kemampuan apalagi diluar kewajaran. Jangan jadi anak yang gak ada akhlak. Gitu ya! Camkan!

Posting Komentar untuk "🎒Rekomendasi Peralatan Pelajar yang Perlu Dimiliki"

Memuat...